25 Mar 2021 / Product Knowledge

Rekomendasi Sepeda Balap Untuk Awal Tahun 2021

Sepeda balap atau road bike saat ini popularitasnya makin hype atau trending setelah sebelumnya terus menanjak dari akhir tahun 2020 hingga awal pertengahan tahun 2021 setelah sebelumnya didominasi oleh trend sepeda lipat.

Kali ini kami tidak cuma merekomendasikan 1 sepeda, tapi kami mau merekomendasikan beberapa sepeda balap sesuai dengan spesifikasi dan budget yang kamu butuhkan!

Kali ini kami akan bahas hanya beberapa perwakilan brand saja ya SobatSS, untuk rekomendasi road bike kelas pemula hingga kelas professional dari spesifikasi dan harga.

Kita mulai bahas road bike dari yang terjangkau hingga yang mahal setara dengan kelas professional ya SobatSS.

Berikut ini rekomendasi sepeda balap awal 2021.

Police Toronto

rekomendasi sepeda balap

Daftar rekomendasi sepeda balap ini kami awali dengan Police Toronto yang dibekali dengan frame dan fork berbahan steel yang kuat dan tahan banting dengan desain frame colorful menjadikan sepeda ini terlihat stylist ya! Dan bisa dibilang, Police Toronto adalah road bike yang kekinian banget! Dengan warna yang cerah pastinya kamu jadi sorotan kalau lagi gowes bareng sama komunitas nih.

rekomendasi sepeda balap

Untuk grupset, Police Toronto menggunakan konfigurasi  2 x 8 speed dari Sensah Reflex, dengan 8 tumpuk sprocket berjumlah mata gigi 13-28T dan dikombinasikan dengan 2 buah chainring berjumlah mata gigi 45-52T.

Untuk kelas pemula yang baru mau nyicipin serunya sepeda balap, road bike yang satu ini bisa jadi pilihan nih! Cukup bermodal 2jutaan aja, kamu sudah mendapatkan road bike keren dengan spesifikasi kelas pemula!

Element FRC 52

rekomendasi sepeda balap

Di kelas middle up ada sepeda balap Element FRC 52 yang dibekali dengan frame berbahan alloy yang ringan dan tahan karat, dan disematkan fork rigid berbahan steel yang kuat dan tahan banting.

Kalau kita lihat framenya secara keseluruhan, Element FRC hadir dengan desain yang maskulin, cocok untuk pengguna yang mulai serius hijrah dari sepeda lain ke road bike nih.

Hal ini terlihat dari segi grupset, sepeda ini sudah dibekali dengan konfigurasi 2 x 9 speed dari Ignite dan Shimano Sora, ini terlihat dari shifter dan FD yang menggunakan brand dari Ignite, dan RD dari Shimano Sora.

Terdapat 9 tumpuk sprocket berjumlah mata gigi 11-28T, yang dikombinasikan dengan crank bergaya hollowtech dengan 2 buah chainring berjumlah mata gigi 34-50T.

Dengan konfigurasi tersebut akan menghasilkan rasio gir yang powerful untuk diajak ngebut, dan nyaman saat di ajak nanjak, apalagi dengan tambahan teknologi hollowtech II pada crank nya, membuat sepeda ini memang layak untuk dijadikan calon teman gowes baru nih!

Road bike kelas menengah ini, dibandrol dengan harga Rp 5.900.000, kalau menurut kalian gimana ? kasih komennya dibawah yuk!

Polygon Strattos S2

Polygon Strattos S2 adalah seri dengan harga termurah dari semua seri Strattos.

rekomendasi sepeda balap

Sepeda balap ini dibekali dengan frame berbahan alloy dan fork rigid yang sudah menggunakan bahan carbon, menjadikan Strattos S2 nyaman saat dikendarai.

Dibandrol dengan harga Rp 7.200.000 kamu sudah mendapatkan spesifikasi sebagai berikut :

Dibekali grupset dari Shimano Claris dengan konfigurasi 2 x 8 speed.

Terdapat 8 tumpuk sprocket dari Shimano berjumlah mata gigi 11-30T, dan 2 tumpuk chainring pada crank bergaya hollowtech dengan jumlah mata gigi 34-50T

Dengan grupset dari Shimano Claris dan crank yang sudah Hollowtech II, gak heran Polygon Strattos S2 ada di kategori kelas middle up nih.. cocok banget buat kamu yang mau langsung terjun ke dunia road bike dengan spesifikasi yang cukup mumpuni!

Untuk ketiga sepeda tadi, penjelasan lebih detail sudah pernah kami bahas di video sebelumnya, untuk kamu yang tertarik, bisa nonton di channel youtube serbasepeda.

Pacific Varilux 5.0

rekomendasi sepeda balap

Pacific Varilux 5.0 adalah seri keluaran terbaru dari Pacific Bike nih! Hadir dengan spesifikasi tinggi setara dengan kelas professional karena produk ini keluaran terbaru, kita akan bahas lebih lengkap spesifikasinya mulai dari frame ya SobatSS!

FRAME & FORK

Di bagian frame,Pacific Varilux 5.0 dibekali frame berbahan carbon yang ringan dan anti karat.

Tidak hanya framenya aja yang carbon, tapi fork nya juga berbahan carbon! Frame dan fork yang berbahan carbon, selain lebih ringan bobotnya, handling juga akan terasa lebih ringan.

STEERING

rekomendasi sepeda balap

Berbicara soal handling, sepeda ini dibekali handlebar modal dropbar berbahan alloy, dengan panjang 440mm dan stem 100mm. Untuk handlebar dan stem keduanya dari merk Syte.

SEATPOST & SADDLE

Beralih ke bagian seatpost dan saddle, disematkan seatpost berbahan carbon dengan panjang 345 dan saddle empuk bermerk Decaf, dengan lebar 140mm.

Yang paling ditunggu-tunggu nih, kita masuk ke bagian grupset.

GROUPSET

Pacific Varilux 5.0 meggunakan FD dan RD dari Shimano 105, dengan konfigurasi 2 x 11 speed.

Berbeda dengan FD dan RD nya, Brifter yang digunakan yaitu dari Deca. Yang mana Brand Deca sendiri berasal dari China, walaupun tidak menggunakan shimano, tapi jangan khawatir! Perpindahan dari brifter ini cukup smooth dan tanpa hambatan

Kalau dilihat di sini, kita tidak menemukan dua buah tuas seperti kebanyakan brifter ya!

Kita turun ke bagian crank, menggunakan crank hollowtech II, dengan 2 buah chainring berjumlah mata gigi 34-50T yang dikombinasikan dengan sprocket dari sunshine dengan jumlah mata gigi 11-28T.

Kombinasi ini akan menghasilkan rasio gir yang powerful untuk di ajak ngebut dan masih  nyaman saat diajak nanjak.

PENGEREMAN

Sepeda ini dikhususkan untuk ngebut di jalan raya maka dari segi pengereman juga pasti sangat diperhatikan ya. Pacific Varilux 5.0 dibekali pengereman U-brake bermerk Radius. Pengeremannya juga cukup pakem, dan tidak perlu di ragukan lagi kualitasnya. ( divisualkan pengereman pakem)

WHEELSET

Ukuran ban kecil dan halus memang ciri khas sepeda road bike ya, seperti Pacific Varilux 5.0.. menggunakan ban slick dengan ukuran 700 x 25 c bermerk Continental Ultra Sport, dan pada bagian rims nya, menggunakan rims alloy double wall bermerk Syte Chronos.

Menggunakan hub quick release dengan jumlah jari-jari sebanyak 20H.

Ohiya pada bagian ban dalamnya juga sudah menggunakan pentil presta ya SobatSS.

BOBOT

Pasti penasaran dengan bobot sepeda yang satu ini kan..

Sepeda balap Pacific Varilux memiliki berat : 9,85 Kg

Dan bobot yang kami timbang juga sudah termasuk pedal bawaan pabrik ya SobatSS.

HARGA

Akhirnya kita sampai di harga nih, siapa nih dari antara SobatSS yang selalu menunggu part ini ? boleh dong absen dulu di kolom komentar..

Langsung aja ya, ntuk harga dari sepeda carbon keren ini, dibandrol dengan harga Rp 14.960.000 

Harga yang ditawarkan cukup masuk akal dengan spesifikasi kelas professional yang sudah dibekali ya, tidak heran sepeda ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.

KESIMPULAN

Itulah daftar rekomendasi sepeda balap awal 2021 terbaik menurut serbasepeda.com.

Jadi kesimpulannya, seperti yang sudah di bahas di awal, sepertinya untuk sekarang ini, trend bersepeda balap sepertinya akan mulai hype lagi dikalangan goweser ya dan dengan adanya pembahasan ini, kami harap SobatSS bisa memantabkan pilihan, untuk yang mau nambah jenis sepeda baru nya. mau mulai dari kelas pemula atau mau langsung terjun ke kelas professional itu semua kembali ke pilihan SobatSS ya!

Jika informasi di artikel ini bermanfaat bagi SobatSS, dan menginginkan part rekomendasi sepeda selanjutnya, bisa nih kasih komennya di bawah! Siapa tau kita ketemu lagi di pembahasan rekomendasi berikutnya!

Lengkapnya kamu bisa cek video rekomendasi sepeda balap awal 2021 di bawah ini.