03 Jan 2022 / Product Knowledge

Sepeda BMX Bisa Apa?

Sepeda BMX Bisa Apa? BMX adalah sepeda kecil yang sering menjadi sepeda pertama anak-anak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dimulai awal tahun 1970-an saat anak-anak Amerika Serikat meniru pembalap motocross idolanya. Popularitas BMX meningkat saat sebuah film “On Any Sunday” beredar di tahun 1972. Film yang mengulas soal motocross ini menyajikan satu segmen tentang sepeda BMX.
Di kemudian hari, kegiatan sepeda BMX menjamur ke seluruh dunia . Di Australia sebuah film “BMX Bandits” yang dibintangi Kylie Minogue juga populer di tanah air. Walau terlambat, skena BMX lokal juga mendapat sorotan dalam sinetron Go BMX. Sinetron tersebut membuat atlet BMX Okke Oktavianus dapat beradu akting dengan aktor seperti Indra Birowo. Tak pelak, peran BMX di budaya pop tersebut mengangkat popularitas sepeda ini.

Apa saja yang Sepeda BMX bisa lakukan?

Selain penyebarannya di dunia, evolusi permainan yang menggunakan BMX pun semakin beragam. Saat ini disiplin sepeda BMX terbagi dalam 4 disiplin. Masing-masing membutuhkan sepeda yang berbeda.
  • Balap
  • Dirt jump
  • Vert
  • Park/Street
  • Flatland

Secara penilaian, disiplin sepeda BMX dibagi dua yaitu balap dan freestyle. Dalam disiplin balap pemenang adalah pembalap pertama yang mencapai garis finish. Sementara untuk disiplin lain, penilaian juara diberikan kepada peserta dengan akumulasi nilai yang diberikan juri. Nilai tersebut berdasar dari variasi, tingkat kesulitan, penguasaan lintasan, dan orisinalitas trik yang mereka lakukan.

Disiplin BMX Dirt menggunakan gundukan tanah sebagai alat bagi peserta untuk melakukan trik

Di nomor freestyle, disiplin dirt menggunakan rintangan berupa gundukan tanah. Vert menggunakan sepasang ramp atau jalur mirip setengah pipa yang meluncurkan peserta sehingga dapat melakukan trik. Objek yang ada di jalanan dan taman kota ditiru untuk digunakan peserta nomor Park/Street. Objek mirip meja dan bangku, blok taman, dinding, dan lain-lain dibuat sebagai lintasan nomor Park/Street. Disiplin terakhir tidak memerlukan objek sama sekali, lomba dilakukan di sebidang tanah datar, tanpa objek apapun.

BMX Menuju Prestasi

Di tingkat dunia, balap BMX telah dilombakan di Olimpiade. BMX pertama kali dilombakan di Olimpiade Beijing 2008. Juara Olimpiade Tokyo 2020 diraih pembalap Belanda dengan tinggi 1,89 meter, Niek Kimmann dan pembalap putri Inggris Beth Shriever. Union Cycliste International, badan internasional yang menaungi olahraga sepeda menetapkan Kejuaraan Dunia setiap tahunnya untuk event puncak nomor balap BMX. Untuk nomor freestyle event puncaknya adalah UCI Urban Cycling World Championships, digabung dengan nomor trials dan cross country eliminator. 

Berlawanan dengan bayangan umum BMX sebagai mainan anak, atlet BMX adalah atlet terbaik untuk beberapa segmen. Mereka harus bisa melakukan sprint seperti pembalap track, memutar pedal dengan putaran cepat, sambil melakukan pump, bunny hop, dan jump. Hal itu dilakukan secara start massal dengan 8 peserta maksimal setiap kali start. Demikian pula untuk nomor lain, ketinggian half pipe untuk nomor vert umumnya sekitar 3 meter. Rekor ketinggian loncatan BMX Vert dipegang Kevin Robinson dengan ketinggian 8 meter dengan half pipe khusus. Begitu pula dengan disiplin lain, tidak terhitung ratusan trik yang dapat dilakukan rider BMX.

Vince Byron, atlet BMX terkemuka dari disiplin Vert

BMX Tidak Cuma Untuk Anak-anak

Dari segi postur pun atlet BMX tidak main-main. Banyak dari mereka berpostur tinggi besar, seperti juara Olimpiade 2020 Niek Keimmann yang sudah disebut di atas. Begitu pula atlet freestyle seperti Matthias Dandois atlet Flatland terbaik dengan tinggi badan 1,85 meter. Mat Hoffman (Vert, 1,82 meter) dan Jamie Bestwick (Dirt, 1,85 meter) juga membuktikan atlet terbaik BMX umumnya berpostur tinggi besar.

Tabel ukuran rangka BMX. Rider berpostur tinggi dapat menggunakan BMX dengan top tube yang panjang

Jadi terbukti ya Sobat SS, BMX bukan sekedar sepeda mainan anak. Banyak hal luar biasa yang Sobat bisa lakukan di atas sepeda BMX ini. Intip koleksi sepeda BMX Serba Sepeda di sini