16 Feb 2022 / Inspiration, Product Knowledge

Sepeda Gravel Sultan Asli Indonesia!

Dunia persepedaan sedang dihebohkan dengan Sepeda Gravel sultan asli Indonesia nih! siapa lagi kalau bukan serial gravel dari Patrol! Untuk yang belum tahu, Patrol adalah merk asli Indonesia yang merupakan seri premium dari pabrikan United. Wah dari asalnya aja udah ketahuan kalau ini sepeda premium ya SobatSS, kita langsung aja bahas yuk.

Untuk saat ini Patrol memiliki 2 produk Gravel Sultan terbaru, yaitu CG700 seri regular, dan S-Spec!

Seperti yang dikatakan saat wawancara melalui youtube kami, oleh Bpk. Yongki selaku Manager Promosi Patrol: “kalau di Patrol, model itu bisa kita baca artinya apa, contoh CG itu artinya Carbon Gravel dan 700 itu mengacu ke diameter bannya 700C atau setara 29”.

produk Gravel Bike terbaru ini bisa dibilang segmen cukup baru, dan cukup membuat kontroversi baik dari sisi para pengguna MTB, Gravel Bike, bahkan Road Bike. Jika biasanya Gravel Bike lazimnya menggunakan fork rigid, pada CG700 menggunakan fork bersuspensi dari pabrikan ternama yaitu Fox. Tidak hanya itu, sepeda ini juga sudah menggunakan dropper seatpost! yang dimana untuk saat ini baru CG700 yang menciptakan Gravel Bike seperti ini di Indonesia.

Patrol CG700

Patrol CG700

Sepeda Gravel yang Tersedia di SerbaSepeda.com

Hadir dengan geometri frame yang tidak biasa, banyak sentuhan spesial untuk membuat gaya berkendara pastinya akan lebih nyaman. Pada bagian Head Tube dibuat sedikit melekuk, karena untuk mengakomodasi arch / lengkungan dari fork Fox AX sehingga ketika mendapatkan beban / bottoming, arch fork tidak akan mentok. Hal tersebut sangat penting karena Frame Gravel CG700 series ini memang didesain spesifik untuk fork bersuspensi. Dibekali dengan travel yang pendek yaitu 45-55mm. Faktor dari kondisi jalan yang tidak rata akan berpengaruh ke handling, maka dengan travel fork yang pendek dapat menyerap beban dari kondisi jalan namun tidak terlalu mengayun atau bobbing.

selain itu, jika umunya Gravel Bike memiliki bentuk yang lurus seperti Road Bike, pada series ini terlihat pada bagian toptube pada Sepeda Gravel ini lebih rendah / slooping.

Patrol CG700 S-spec

Patrol CG700 S-spec

“Nah, karena Patrol genrenya adalah Mountain Bike dan fokusnya di Mountain Bike, sehingga ketika kita mendesain sepeda CG700 ini fokusnya untuk handling seperti MTB , sehingga ketika Gravel Bike ini dipakai offroad pun juga lebih aman.” ucap Bpk. Yongki.

untuk fitur lainnya :

  • bagian frame menggunakan full internal cable routing dan pada bagian crank terdapat mounting model Prism Mount.

  • menggunakan Thru Axle pada bagian pengunci as-nya.

  • bagian fork menggunakan ukuran TA yang sama seperti Road Bike dan Gravel modern yaitu 12 x 100 (depan) dan 12 x 142 (belakang).

  • pada pengereman sudah memakai model Flat Mount.

  • Sepeda Gravel ini sudah terdapat sebuah Dropper Seatpost! dengan ukuran diameter seattube 27,2mm dari Fox Tranfer SL

  • CG700 regular menggunakan groupset dari Shimano GRX, sedangkan untuk CG700 S-spec menggunakan groupset dari Sram Force.

  • bagian Wheelset, Handlebar, dan Stem menggunakan pabrikan dari Easton. pada CG700 S-Spec menggunakan seri EC (Easton Carbon), lalu pada seri reguler menggunakan seri EA (Easton Allumunium)

wah gimana nih SobatSS? Keren kan pendatang baru dari patrol ini? sementara ini harga seri reguler nya dibandrol kisaran 40jutaan dan seri s-spec nya kisaran 70jutaan nih! untuk lebih pastinya kita tunggu aja nih pengumuman resminya dari pihak patrol saat rilis produk ini nanti.

Menurut kalian gimana nih sobatSS, gravel dengan fork ber suspensi dari patrol ini? Berikan komentar kamu ya tentang Patrol CG700 ini!

Ingat sepeda? ya SerbaSepeda.com!