28 Dec 2020 / Product Knowledge

Sepeda Gunung Camp Slix 12 Dan 11, Kualitas Hebat Harga Bersahabat

Sepeda gunung Camp mungkin masih terdengar asing bagi sebagian goweser namun merek Camp sebenarnya merupakan merek yang lebih premium dari pabrikan Element, jadi masih satu keluarga nih sama Element.

Oh iya bocoran sedikit nih SobatSS, mengenai brand Camp ini. Pada tahun 2021 nanti, pihak Element akan memperbanyak product line up dari brand Camp , dan pastinya lini MTB nya akan semakin memanas! wah keren banget nih pastinya.

Sepeda yang akan kami bahas kali ini adalah Camp Slix 12 dan 11 speed nih, sesuai nama nya 12 dan 11 speed mewakili jumlah speed pada sepeda tersebut.

Camp Slix 12 (Kiri) dan Camp Slix 11 (Kanan)

FRAME

Kalau dilihat sekilas, kedua frame sepeda ini terlihat standar saja seperti frame sepeda pada umumnya tetapi ini bukan frame biasa karena frame Slix ini sudah mengadopsi sistem boost yang lupa apa itu boost, kami jelaskan kembali ya.

Singkatnya, boost adalah penggunaan hub dan freehub yang lebih panjang 6-10mm, supaya kedua roda menjadi lebih stabil dan kaku terutama pada medan offroad.

Dari segi tampilan frame, Camp Slix hadir dengan desain yang simple, tidak terlalu banyak stripping, juga terdapat tulisan Camp di samping downtube sehingga membuat tampilan secara keseluruhan terlihat elegant.

Dari segi bahan, Camp Slix menggunakan frame berbahan alloy dengan teknologi double butted.

Apa itu double butted ? double butted artinya dinding di bagian dalam sepanjang downtube ini lebih tebal di kedua ujungnya, namun lebih tipis di bagian dalam karena dua ujung persambungan inilah yang paling sering terkena beban, bisa dibuktikan dengan cara diketuk dimana akan terdengar lebih nyaring dibanding frame konvensional.

Dilihat secara keseluruhan, kalau biasanya welding antar tube pada frame alloy terlihat tebal-tebal, pada frame ini tidak terlihat sama sekali! ini karena frame Camp Slix sudah menggunakan teknologi Smooth Welding Design.

Pada bagian headtube, Camp Slix sudah tapered alias membesar kebawah untuk memberi kekuatan dan kekokohan serta kestabilan lebih terutama pada saat melewati medan offroad.

Untuk jalur kabelnya pun sudah menggunakan teknologi modern yaitu Internal Cable Routing sehingga tampilan secara keseluruhan terlihat rapi tanpa juntaian kabel di luar frame.

FORK

Karena frame Camp Slix 11 dan 12 speed ini boost, maka fork nya juga boost yaitu dengan merk ION dan sudah dilengkapi dengan sistem angin dengan ketinggian travel 120mm yang sudah dilengkapi dengan fitur lockout.

STEERING

Kita ke bagian steering, untuk Slix 11 dan 12 speed memiliki merk dan ukuran yang sama yaitu menggunakan handlebar oversized model flatbar dari Luce berpanjang 730mm dan stem yang cukup pendek dengan panjang 50mm. untuk handlebar dan stem keduanya berbahan alloy.

Pada bagian handgrip sudah dilengkapi dengan fitur lockout, sehingga genggaman tidak slip, berputar, ataupun bergeser.

GROUPSET

Camp Slix 11 memiliki jumlah speed 1×11 dari Shimano Deore M5100 dan Camp Slix 12 memiliki jumlah speed 1 x 12 speed dari Shimano Deore M6100.

Sebagai tambahan informasi Shimano Deore M5100 diperuntukan khusus untuk 11 speed dan untuk Shimano Deore M6100 diperuntukkan khusus 12 speed.

Untuk shifter kedua sepeda menggunakan shifter dari Shimano Deore kemudian turun kebagian crank, kedua sepeda menggunakan Crank dengan BB Hollowtech dari Shimano Deore, dengan panjang arm 170mm dan jumlah mata gigi 32T.

Beralih ke rantai, menggunakan rantai dari KMC X11 untuk Slix 11, dan KMC X12 untuk Slix 12. Untuk RD, keduanya menggunakan RD dari Shimano Deore.

Sprocket yang digunakan yaitu dari Sunshine dengan jumlah mata gigi yang sama yaitu 11-50T. Walaupun terlihat memiliki jumlah mata gigi yang sama, tetapi memiliki rasio gear yang berbeda pastinya.

PENGEREMAN

Dari segi pengereman, kedua sepeda menggunakan pengereman hidrolik merk Shimano, dengan diameter rotor 160mm..

SEATPOST & SADDLE

Kedua sepeda menggunakan seatpost dan saddle yang sama, yaitu menggunakan seatpost alloy bermerk Luce dengan diameter 31.6mm dan panjang 360mm.

Saddle yang disematkan juga dari Luce berukuran 150mm

WHEELSET & BAN

Dari segi wheelset, menggunakan rims alloy double wall dari Luce, dan jumlah jari-jari 32 Hole.

Pada bagian hub freehub kedua sepeda ini menggunakan hub freehub boost Thru Axle atau yang sering disebut TA… artinya selain lebih panjang hub freehub nya, komponen as roda juga lebih tebal dari sistem QR atau Quick Release.. sehingga lebih kuat dan tahan banting.

Untuk ban, kedua sepeda ini dipersenjatai ban dari WTB Trail Boss dengan ukuran 27.5 x 2.25, dengan kembang yang kasar, membuat sepeda ini terlihat sangat gagah ya.

Dan pada bagian ban dalam menggunakan pentil Schrader, sehingga SobatSS tidak memerlukan adaptor untuk memompa

BOBOT

Berat sepeda gunung Camp Fenix 11 : 13.83 Kg

Berat sepeda gunung Camp Fenix 12 : 13.67 Kg

Berikut ini bobot untuk Camp Fenix 11 dan 12 yang kami timbang dengan ukuran frame M dan ban berukuran 27.5mm ya…

Bobotnya tergolong ringan untuk ukuran sepeda MTB XC dengan bahan alloy ya..

HARGA DAN KESIMPULAN

Untuk harganya, Camp Slix 11 dan 12 dibandrol dengan harga kurang lebih sebagai berikut

Harga sepeda gunung Camp Slix 11 : Rp 7.999.900

Harga sepeda gunung Camp Slix 12 : Rp 9.250.000

Berikut ini link bagi kalian yang ingin membeli sepeda gunung Camp Slix 11 dan Camp Slix 12.

Sepeda ini sangat cocok untuk SobatSS yang memiliki hobby melewati berbagai medan seperti tanjakan atau turunan dengan keeping gear yang banyak pastinya bisa menjadi pusat perhatian pada saat gowes bareng nih.

Jika dilihat perbandingan harganya, terdapat selisih sebanyak 1.250.000. Menurut kami, selisih ini masih terbilang wajar, jika kita upgrade dari 11 speed ke 12 speed nih SobatSS.

maka dari itu pilih sepeda yang sesuai dengan kebutuhan medan yang sering kamu hadapi ya.  

Lengkapnya kamu bisa simak video review sepeda gunung Camp Slix 11 dan Slix 12 dari channel youtube SerbaSepeda di bawah ini

SerbaSepeda menyediakan berbagai MTB hardtail berkualitas dan bergaransi dengan jaminan servis seumur hidup dan gratis ongkir di area Jabodetabek. Bagi yang berminat bisa mengunjungi lokasi toko sepeda kami di Jabodetabek atau lewat SerbaSepeda.com.