23 Nov 2020 / Product Knowledge

Sepeda Gunung Ekonomis Dengan SRAM X-4, Thrill Cleave Elite 2020

Kali ini Serbasepeda akan membahas tentang Thrill Cleave Elite 2020 namun tidak hanya satu sepeda tapi kami juga akan bahas juga seri dibawahnya yaitu Thrill Cleave 1.0 dan 2.0. Thrill Cleave Elite 2020 bisa dimasukan dalam kategori sepeda gunung ekonomis dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

sepeda gunung ekonomis thrill cleave elite 2020
Thrill Cleave Elite 2020

FRAME

Dari segi bahan, Frame Cleave Elite menggunakan frame berbahan Alloy 6061. Untuk segi desain, sepeda ini tampak elegan, karena tidak banyak variasi stripping.

Dengan warna frame yang soft ditambah system internal cable routing, selain memberikan kesan nyaman, juga memberikan kesan bersih dari juntaian kabel diluar frame.

FORK

Beralih ke bagian fork, Thrill Cleave Elite menggunakan fork dari Zoom dengan travel 120mm yang sudah dilengkapi dengan fitur lockout, jadi kamu bisa mematikan suspensi nya pada saat tidak di perlukan.

STEERING

Di bagian steering, menggunakan handlebar alloy berpanjang 750mm dan stem juga berbahan alloy berpanjang 60mm.

Untuk handgrip-nya, Cleave Elite menggunakan bahan rubber yang belum dilengkapi dengan lock. Bagi SobatSS yang merasa kurang cocok dengan grip ini kalian bisa menggantinya dengan grip yang tersedia di website kami.

GROUPSET

Secara keseluruhan Cleave Elite menggunakan konfirgurasi 2 x 9 speed
Kita mulai bahas dari shifter, menggunakan shifter dari Sunrace M9 untuk kiri dan kanan.

Sepeda ini menggunakan crank double chainring berbahan alloy dari Thrill component dengan panjang arm 170mm dan jumlah mata gigi 36 – 22T, diatasnya terdapat FD model E type dari Sunrace M9.

Beralih ke rantai, rantai yang digunakan yaitu dari YBN, sedangkan untuk RD yang digunakan yakni dari SRAM X-4.

Sekedar informasi, bagi yang belum tahu produsen groupset SRAM adalah produsen asal Amerika Serikat yang secara kualitas tidak perlu diragukan karena kualitas dari SRAM bisa dikatakan sama dengan Shimano.

Pada bagian sprocket, menggunakan sprocket dari Sunrace dengan jumlah mata gigi 11-34T

PENGEREMAN

Untuk pengereman, Thrill Cleave Elite menggunakan pengereman hidrolik dari Tektro, yang dilengkapi rotor model sixbolt alias 6 baut berukuran 160mm depan dan belakang.

SEATPOST & SADDLE

Menggunakan seatpost berbahan alloy dengan diameter 30.9 dan panjang 350mm, juga disematkan saddle empuk dengan lebar 140mm

WHEELSET & BAN

Thrill Cleave Elite 2020 menggunakan rims alloy double wall dengan jumlah jari-jari sebanyak 32 hole. Untuk ban, Cleave Elite dibekali ban dari Kenda Slant Six dengan ukuran 27.5 x 2.20, dengan kembang yang tidak terlalu kasar, membuat sepeda ini masih nyaman digunakan pada jalan yang rata seperti aspal di jalan raya.

BOBOT

Ini dia bobot dari Thrill Cleave Elite yang kami timbang dengan ukuran frame L dan ban berukuran 27.5 ya.

Berat Thrill Cleave Elite : 15.33 Kg

Bobotnya sangat wajar untuk ukuran sepeda XC dengan spesifikasi yang sudah kami bahas sebelumnya.

HARGA DAN KESIMPULAN

Harga Cleave Elite 2020 : Rp 4.780.000 ( 22 November 2020)

Menurut kami harga dan spesifikasi yang disematkan membuat sepeda gunung ini masuk dalam kategori sepeda gunung ekonomis yang layak dibeli. Berikut ini link pembeliannya.

Namun kalau menurut SobatSS harga ini terlalu tinggi, kami rekomendasikan seri dibawahnya yang memiliki harga lebih terjangkau dengan spesifikasi yang dapat dikatakan cukup yaitu Cleave 1 dan Cleave 2.

Harga Thrill Cleave 1 : Rp 3.900.000 (22 November 2020)

Harga Thrill Cleave 2 : Rp 3.860.000 (22 November 2020)

sepeda gunung ekonomis thrill cleave elite 2020

Berikut akan kami jelaskan spesifikasi singkat dari kedua sepeda ini ya,

  • Untuk keduanya dibekali frame berbahan alloy.
  • Untuk fork yang digunakan kedua sepeda ini yaitu dari Zoom dengan travel 100mm yang sudah dilengkapi dengan fitur lockout
  • Pada bagian groupset, sama sama menggunakan konfigurasi 3 x 8 speed. Untuk shifter Cleave 2 menggunakan Shimano Tourney, sedangkan untuk Cleave 1 menggunakan Shimano Altus, pada bagian crank sama sama menggunakan crank triple chainring dengan jumlah mata gigi 42/32/22T
  • untuk RD juga sama, menggunakan RD dari Shimano Tourney TX, dan pada bagian sprocket sama sama menggunakan Sunrace dengan ukuran 11-32T.
  • Untuk bagian pengereman, Cleave 2 menggunakan pengereman mekanik bermerk Shimano, sedangkan untuk Cleave 1 sudah menggunakan Hidrolik dengan merk Tektro.
  • Dan untuk bobot keduanya adalah sebagai berikut : (ditimbang dengan ukuran yang sama)

Kalau menurut sobatSS bagaimana nih ? kalian jadinya pilih yang mana ? kasih komennya di bawah dong!

Bagi yang ingin menonton review lengkapnya bisa cek videonya di bawah ini

Untuk status ketersediaan stock, langsung cek website kami ya! Karena sekarang sobatSS bisa pantau status ketersediaan stock di toko hanya dengan 1 klik aja!