11 Dec 2020 / Product Knowledge

Sepeda Lipat Dahon Ion Eugene VS Element Ecosmo, Apa Bedanya?

Banyak penggiat sepeda yang berkata bahwa Dahon Ion Eugene serupa dengan Element Ecosmo namun apakah benar? Serbasepeda kali ini ingin membahas tentang perbandingan sepeda lipat Dahon Ion Eugene VS Element Ecosmo.

Sekilas dari segi bentuk memang terlihat mirip tapi ada beberapa perbedaan yang membuat kedua sepeda ini benar-benar secara umum berbeda yuk kita lihat lebih dalam.

sepeda lipat dahon ion eugene vs element ecosmo

Dari segi produksi memang kedua sepeda ini sama-sama di produksi di pabrik Element di Kendal Jawa Tengah namun untuk Dahon ION proses produksi dan quality control semua di awasi langsung oleh pihak Dahon USA agar memenuhi standar kualitas Dahon secara global tapi bukan berarti Ecosmo tidak berkualitas.

Ecosmo sendiri dibuat dengan kualitas yang sama-sama terjaga walaupun Quality Control dilakukan oleh staff Element Indonesia.

Frame

Dari segi frame memang terlihat sangat mirip namun dari pengukuran kami terdapat satu hal yang paling berbeda yaitu headtube angle (HTA) dimana HTA untuk Dahon Ion Eugene adalah 75 derajat sedangkan untuk Element Ecosmo 71 derajat. Lantas jika HTA-nya berbeda kira-kira bagaimana ya pengaruhnya terhadap sensasi berkendara?

Ini berarti secara handling, Dahon Ion Eugene cenderung lebih lincah dan Element Ecosmo lebih cenderung stabil. Kedua faktor geometri tersebut cukup memberikan sensasi berkendara yang berbeda.

Patent

Dari segi patent memang tidak perlu diragukan lagi dimana Dahon Ion mengadopsi banyak sistem yang dimiliki oleh Dahon mulai dari lipatan frame, handlepost dan geometri. Kalau diperhatikan di frame-nya juga terdapat sticker khusus lho yang menunjukan bahwa Dahon Ion adalah otentik keluarga dari Dahon International.

Dari handlepost kita dapat lihat bahwa lipatan Dahon Ion Eugene memiliki kuncian pada bagian dalam yang merupakan ciri khas Dahon. Sedangkan untuk Element Ecosmo menggunakan sistem lipatan yang dapat dikatakan masih umum.

Fork

Pada bagian fork kalau dilihat dari segi material memang terlihat berbeda dimana Dahon Ion Eugene menggunakan fork berbahan alloy sedangkan Element Ecosmo semua seri menggunakan fork steel.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya menurut kami presepsi bahwa Dahon Ion Eugene merupakan Element Ecosmo yang di rebrand adalah masalah selisih waktu akan berbeda jika Eugene lebih awal diperkenalkan dibanding Ecosmo pasti Ecosmo yang disebut meniru Eugene.

Kalau kita coba bayangkan apa mungkin Dahon yang dipimpin langsung oleh Dr. David T.Hon selaku founder dan CEO mau nama besar Dahon dipakai untuk meniru produk lain yang sebelumnya sudah ada? menurut kami akan lebih masuk akal bahwa Element Ecosmo yang mengadopsi model Dahon terlebih dahulu dengan menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi jadi memang hanya masalah waktu dalam memperkenalkan Dahon Ion Eugene aja nih.

Walaupun sekilas terlihat mirip sensasi berkendara kedua sepeda ini ternyata berbeda. Jadi Dahon Ion Eugene lebih cocok untuk goweser yang menyukai brand Dahon yang terkenal kuat dan tidak termakan waktu baik dari segi kualitas bahan dan harga jual kembali atau harga second yang dapat dibilang tetap bertahan.

Sedangkan Element Ecosmo lebih cocok untuk goweser yang mementingkan performa dari spesifikasi yang lebih tinggi pada range harga yang kurang lebih sama kita bandingkan spesifikasinya dengan harga yang sama seperti Element Ecosmo 10 Speed.

Harga Dahon Ion Eugene : Rp 7.900.000 (Harga per 11 Desember 2020)

Harga Element Ecosmo 10 Speed : Rp 6.050.000 (Harga per 11 Desember 2020)

Bagi yang ingin membeli sepeda lipat Dahon Ion Eugene bisa klik link berikut ini

Bagi yang ingin membeli sepeda lipat Element Ecosmo 10 Speed bisa klik link berikut ini.

Lengkapnya bisa juga menonton video channel youtube Serbasepeda di bawah ini.