12 Nov 2020 / Product Knowledge

Sepeda Lipat Element Nicks 2020 Gaib? Kenapa? Cek Di Sini!

Sepeda lipat di era pandemi saat ini sangat digandrungi tak heran memang karena portabilitas, harga dan fiturnya cukup menggiurkan. Apalagi sepeda lipat produksi Element yang satu ini yakni Element Nicks 2020 yang saat ini menjadi sepeda “gaib” di pasaran, tahukah kalian mengapa sepeda lipat Element Nicks 2020 bisa gaib? sebelum saya kasih jawabannya kita ulas terlebih dahulu mengenai kelebihan dari sepeda lipat yang satu ini.

Element Nicks 2020 adalah sepeda lipat dari Element Nicks 2019 kemarin, sepeda ini sempat “hilang” dari peredaran dan sekarang kembali.

Frame Element Nicks 2020 terlihat sama persis seperti seri sebelumnya yang masih mengusung model menyerupai Dahon Boardwalk selain itu masih menggunakan bahan yang sama yaitu chromoly. Terlihat dari sambungan las yang tipis khas welding frame chromoly pada umumnya. Kalau pada seri sebelumnya terlihat emboss tulisan Element pada maintube sekarang Nicks tidak lagi menggunakan emboss melainkan hanya decal warna kuning bertuliskan Element.

sepeda lipat element nicks 2020

Dilihat dari segi warna Nicks tampaknya lebih berani dalam bermain warna dimana sepeda ini tersedia dalam 2 pilihan warna yakni krem hijau dan kuning hitam. Mengingat seri sebelumnya menggunakan warna-warna yang cenderung gelap.

Untuk bagian headtube semua sepeda lipat dari Element sepertinya sudah mendapatkan bonus front block jadi tinggal tambah tas cargo depan yang cocok untuk front block ini.

Untuk melipat sepeda ini pun terbilang mudah dengan lipatan-lipatan yang kokoh dan tidak goyang. Pada bagian Fork, Nicks menggunakan fork rigid tanpa suspensi, dengan material yang sama dengan framenya yaitu chromoly.

Untuk bagian kokpit bentuk dan bahan masi sama seperti seri sebelumnya memiliki handlebar berbahan alloy dengan panjang 550mm juga dilengkapi dengan handlepost teleskopik yang juga berbahan alloy.

sepeda lipat element nicks 2020 grip

Grip menggunakan bahan kulit berwarna hitam yang pas sekali dengan warna frame secara keseluruhan. Sebagai info saja walaupun grip berbahan kulit memiliki tampilan elegan namun memiliki kelemahan yakni lebih licin apabila dalam kondisi basah misalkan hujan maupun terkena keringat, cara mensiasatinya adalah dengan menggunakan glove atau sarung tangan sepeda.

Kalau seri sebelumnya menggunakan sistem pengereman cakram mekanik, untuk seri terbaru Nicks mendapatkan upgrade dimana saat ini Nicks menggunakan sistem pengereman hidrolik bermerek X-Spark dengan rotor sixbolt model floating 2 piece berdiameter 160mm depan dan belakang. Pastinya penggunaan rem hidrolik lebih mantap untuk ngerem ya SobatSS.

sepeda lipat element nicks 2020

Beralih ke groupset, Nicks seri terbaru menggunakan sistem transmisi Sensah, dimana sebelumnya menggunakan merk L-Twoo. Kalau dilihat secara kualitas, kedua merk ini memiliki kualitas yang setara. Dibekali transmisi 2X 10 speed dengan 10 tumpuk sprocket cassette di roda belakang dan bermata gigi 11-32T dan dua deret chainring dengan jumlah mata gigi 39-52T serta di atasnya terdapat FD Dual dengan model braze on. Pada bagian crank berbahan alloy dari ION yang sudah mengadopsi sistem BB Hollowtech 2 beralih ke rantai, sepeda ini menggunakan rantai dari merk YBN 10 Speed dan dari segi RD menggunakan Sensah MX 10 medium cage, tidak lupa shifter juga dari Sensah dengan seri MX 10 untuk shifter kanan dan MX 2 untuk shifter kiri. Kombinasi ini menghasilkan rasio gear yang cukup ideal untuk sepeda lipat perkotaan.

Seatpost yang digunakan berbahan alloy dengan seatclamp quick release dengan panjang seatpost 580mm dan diameter seatpost 33.9 mm. Saddle yang disematkan cukup empuk dengan lebar 140mm dengan kesan vintage berbahan kulit yang sama seperti handle gripnya.

Pada wheelset, hub depan dan belakang Nicks seri terbaru menggunakan hub bearing dari ION dengan jumlah lubang jari-jari sebanyak 24 hole. Keduanya menggunakan hub tipe quick release untuk sistem pengunci as-nya. Bagian rims tampak tinggi atau deep v dengan bahan alloy warna hitam dari ION tipe eclipse. Ban luar yang dipakai adalah Deli dengan ukuran 20 X 1,50 inci. Pada kembang alias Knob ban tampak rendah dan lebar sehingga nyaman dan lincah di medan On Road dan pada bagian ban dalam menggunakan ban dalam dengan pentil schrader sehingga tidak memerlukan adaptor untuk memompa.

Berat sepeda lipat Element Nicks 2020 yakni 13,80 Kg lebih ringan jika dibandingkan versi Element Nicks 2019.

Beberapa kelebihan Element Nicks 2020 yakni :

  • Sudah dilengkapi dengan front block
  • Magnet lipatan kuat
  • Terdapat kick stand alloy
  • Memiliki mounting untuk bottle cage yang terletak pada cage bagian main tube

Harga sepeda lipat Element Nicks 2020 : Rp 5.350.000

Lantas kenapa Element Nicks 2020 bisa “gaib” atau langka ya?… Karena sampai saat ini supply dari pabrik untuk seri Nicks terbaru masih sangat terbatas jadi untuk ketersediaan stok bisa dibilang cukup langka.

Menimbang spesifikasi dan harga maka Element Nicks 2020 sangat recomended bagi SobatSS yang sedang mencari sepeda lipat berkualitas.

Namun untuk memastikan stok kalian bisa menanyakan langsung ke CS kami di nomor yang tersedia di situs Serbasepeda.

Review lengkapnya bisa kalian tonton di bawah ini ya SobatSS. Ingat sepeda ingat Serbasepeda.