04 Dec 2020 / Product Knowledge

Sepeda Lipat Terbaru Paling Ringan, FoldX X-Lite 2020

Serbasepeda kali ini ingin membahas sepeda lipat terbaru paling ringan dari FoldX yakni FoldX X-Lite 2020. Sebelumnya FoldX X-Lite pernah hadir menggunakan ukuran roda 20 inci dengan warna dominan hitam.

sepeda lipat terbaru foldx 2021

Sekedar info, FoldX adalah salah satu brand dari pabrikan sepeda Element yang di produksi untuk mengisi lini produk premium jadi FoldX memang masih satu pabrik dengan Ecosmo dan Dahon Ion. Kalau dilihat sekilas sepeda lipat terbaru FoldX X-Lite 16 Inci ini agak mirip dengan Dahon K3 Plus. Bagaimana menurut kalian? komen di bawah ya!

Frame

FoldX X-Lite 2020 hadir dengan dua pilihan kombinasi warna yaitu kuning abu dan abu biru keduanya memiliki finishing warna doff yang keren. Untuk frame dan fork menggunakan material alloy yang sudah disematkan mounting front block, magnet lipatan dan mounting bottlecage pada maintube.

Dilihat dari proses melipatnya proses fold dan unfold-nya cukup mudah. Juga lipatan frame dan handlepost yang kuat dan tidak goyang.

Dari segi steering sepeda ini dilengkapi handlepost alloy teleskopik yang tingginya bisa diatur naik turunnya dan clamp handlebar quick release. Dilengkapi handlebar alloy dengan panjang 560mm dan grip silicone dengan merek odi yang empuk dan nyaman digenggam.

Groupset

sepeda lipat terbaru foldx 2021

FoldX X-Lite 2020 memiliki Crank alloy single chainring yang sudah menggunakan Hollowtech dengan panjang arm 170mm dan chainring dengan ukuran 54T. Kita beralih ke rantai dimana sepeda ini dilengkapi rantai KMC X11 11 Speed. Untuk RD menggunakan RD Sensah Empire 11 Speed Short Cage. RD short cage memang sangat cocok untuk sepeda lipat karena akan meminimalisir resiko RD terbentur saat berkendara. Sepeda ini dilengkapi sprocket 11 speed dengan ukuran 11-28T dengan merek Sunshine.

Untuk shifting menggunakan Shifter yang matching dengan RD-nya yaitu Sensah Empire 11 Speed. FoldX X-Lite 2020 sudah dilengkapi dengan pedal quick release. Untuk yang belum tahu apa itu pedal quick release akmi bantu jelaskan ya.

Pedal Quick Release adalah pedal yang dapat dilepas tanpa memerlukan tools cukup dengan menekan bagian release, pedal dapat dilepas lalu dipasang di dudukan yang berad di bawah saddle tujuannya adalah untuk mempermudah proses melipat sepeda tanpa terganggu adanya pedal.

Pengereman

sepeda lipat terbaru 2021 foldx

Di sisi pengereman sepeda ini sudah menggunakan rem discbrake hidrolik Tektro. Wah naik kelas ya dimana sebelumnya menggunakan rem V-Brake. Sepeda ini juga menggunakan rotor 6 baut berukuran 160mm depan dan belakang. Kami rasa sudah sangat cukup untuk mendukung performa sepeda lipat perkotaan.

Seatpost dan Saddle

Sepeda ini menggunakan seatpost alloy dengan diameter 33.9 dan panjang 550mm. Juga disematkan saddle dengan motif kulit berwarna hitam yang memberikan kesan classic dan elegan.

Wheelset

Dari segi wheelset terdiri dari Rims alloy luce double wall deep V dengan model yang keren. Juga sudah dilengkapi Hub freehub quick release yang sudah bearing. Untuk ban dipersenjatai ban berukuran 16 X 1 3/8 dengan motif semi slick sangat cocok untuk segala kondisi jalanan. Pada bagian band dalam sudah menggunakan pentil schrader sehingga tidak perlu adaptor ketika memompa.

Ukuran ban ini dapat dikatakan cukup populer dan kekinian. Karena selain diameter yang lebih besar dibanding 16 inci murni ukuran ban ini juga sama dengan yang digunakan Brompton lho.

Berat sepeda lipat FoldX X-Lite 2020 : 10.02 Kg.

Wah sangat ringan ya, berat tersebut sudah termasuk pedal lho. Seperti yang kita ketahui pada umumnya bobot sepeda lipat berkisar pada 10 hingga 12 Kg. Dengan bobot seringan ini kamu tidak akan kesulitan lagi dalam hal memindah-mindahkan sepeda terutama saat commuting

Harga sepeda lipat FoldX X-Lite 2020 : Rp 10.950.000 (Per 4 Desember 2020)

Dengan bobot yang ringan dan lipatan yang ringkas membuat sepeda ini cocok untuk dijadikan teman gowes santau atau bike to work. Terlebih lagi spesifikasi groupset dan pengereman discbrake yang dapat dikatakan lebih dari cukup untuk menopang performa sepeda lipat perkotaan.

Bagi yang ingin membeli bisa ke toko sepeda Serbasepeda terdekat di Jabodetabek atau bisa pesan melalui toko online kami di link berikut ini.

Lengkapnya bisa kalian simak di video review sepeda lipat FoldX X-Lite 2020 di bawah ini.