22 Feb 2021 / Product Knowledge

Sepeda Touring United Rockford Simple Dan Tangguh

Sepeda touring saat ini memang kalah pamor dengan sepeda lipat dan sepeda gunung namun sepeda yang masih satu keluarga dengan road bike atau sepeda balap ini cocok untuk SobatSS yang suka bersepeda dengan jarak yang jauh, jadi tidak heran sepeda jenis ini dijuluki dengan istilah sepeda touring!

Perbedaan mendasar dari sepeda balap dan sepeda touring yakni:

  • Sepeda touring dirancang dengan mengutamakan kenyamanan, kekuatan dan stabilitas untuk jarak jauh.
  • Sepeda balap dirancang untuk dapat dikendarai dengan cepat dan ringan.

Kali ini kami akan membahas sepeda touring United Rockford, apa saja kelebihan dari sepeda touring ini? berikut ini penjelasannya.

United Rockford

FRAME

Sepeda touring dirancang supaya pengendara bisa nyaman saat bersepeda dengan jarak yang jauh dengan cara merancang geometeri frame supaya pengendara bisa duduk lebih tegak, sehingga lebih nyaman dan rileks untuk bersepeda dalam waktu yang lama.

Hal ini terlihat pada headtube length yang lebih panjang dibanding sepeda balap. Oke sekarang kita beralih kebagian bahan, warna dan desain frame nya.

Frame United Rockford berbahan Alloy yang ringan dan tahan karat, jadi gaperlu was-was saat lagi touring pakai sepeda lalu tiba-tiba hujan.

United Rockford hadir dengan 4 pilihan warna, yaitu warna hijau army seperti ini, warna cream, warna coklat, dan warna hitam.

Jika dilihat lebih dekat bagian desainnya, terlihat simple dengan tulisan United yang terbaca jelas di bagian samping downtube, dan tulisan Rockford di bagian ujung toptube.

Kalau kalian, lebih suka warna yang mana ? kasih komennya di bawah ya

FORK

Beralih ke bagian fork, Rockford dibekali dengan fork rigid tanpa suspensi, dengan bahan yang sama seperti frame nya yaitu Alloy.

KOKPIT

sepeda touring united rockford

Kita ke bagian steering, United Rockford dibekali dropbar berbahan alloy berpanjang 460mm, dan stem juga berbahan alloy berpanjang 65mm.

Kalau dilihat dari bentuk stangnya, Rockford memiliki bentuk dropbar yang lebih condong keluar ya seperti stang pada sepeda gravel.

Stang dengan model seperti ini disebut dengan flared bar atau flare out, artinya stang yang posisi dropnya lebih melebar keluar.. jika dikutip dari blog serbasepeda.com Stang model flare out seperti ini berguna untuk membantu meningkatkan keseimbangan, tumpuan dan control pada jalan tidak rata dan banyak menanjak.

SEATPOST & SADDLE

Pada bagian seatpost dan saddle menggunakan seatpost alloy dengan panjang 300mm dan diameter seatpost 27.2mm.

Tidak lupa, juga disematkan saddle empuk dari Velo dengan lebar 170mm. saddle lebar dan empuk akan memberikan kenyamanan, karena kita akan duduk dalam waktu yang lama.

GROUPSET

United Rockford dibekali dengan konfigurasi 2 x 9 speed dari Shimano Sora, ini bisa kita lihat dari brifter, FD, dan RD yang terpasang pada sepeda ini.

Kita mulai dari depan, Rockford dibekali brifter dari Shimano Sora, kenapa disebut brifter? …brifter memiliki kepanjangan yaitu brake dan shifter, artinya pengereman dan perpindahan gigi berada pada satu tuas yang sama.

Turun ke bagian FD, FD yang digunakan yaitu Sora model side swing dengan jumlah mata gigi 34 dan 50T.

Beralih ke bagian belakang, terdapat RD dari Shimano Sora. RD ini menggerakan rantai, menelusuri sprocket dari Niseko dengan jumlah mata gigi 11-34T.

Pembagian rasio gir ini menghasilkan pergerakan yang cukup powerfull untuk diajak ngebut dan masih nyaman saat dibawa nanjak.

PENGEREMAN

Rockford dibekali dengan pengereman cakram mekanik dengan diameter rotor 160mm depan dan belakang.

WHEELSET

Pada bagian wheelsetnya menggunakan hub berbahan alloy, dengan jumlah jari-jari sebanyak 32H yang dirangkai pada rims double wall tidak bermerk.

Untuk ban luar yang digunakan yaitu dari Kenda Klaw XT dengan ukuran 29 x 1.95, dengan knob ban yang lumayan besar, sehingga cocok untuk melewati medan yang bervariasi antara jalan aspal halus, atau jalan rusak berkrikil.

Dan pada bagian ban dalamnya sudah dilengkapi dengan pentil presta.

BOBOT

Bobot untuk sepeda ini adalah sebagai berikut, dan bobot yang kami timbang ini juga sudah termasuk pedalnya ya SobatSS.

Berat United Rockford : 14,27 Kg

EXTRA

Sepeda touring ini sudah dilengkapi extra berupa bagasi belakang, hal ini akan memudahkan kamu saat harus membawa barang barang bawaan yang lumayan banyak saat touring.

Maximal barang yang bisa dibawa di bagasi belakang sepeda ini, maksimal sekitar 25 Kg ya!

KESIMPULAN & HARGA

Jadi kesimpulannya, Untuk kamu yang suka bersepeda jarak jauh, atau ingin masuk ke komunitas bike packing, sepeda yang satu ini bisa dijadikan pilihannya nih.

Harga United Rockford : Rp 6.299.900

Berikut ini link pembelian United Rockford.

Apalagi untuk sekarang ini trend sepeda balap beserta keluarganya sepertinya akan hype lagi!

Kami harap, dengan pembahasan produk ini, SobatSS sekalian bisa menimbang mau pilih sepeda balap atau sepeda touring ya.. apapun jenis nya, sesuaikan dengan medan dan jarak sesuai kebutuhan mu!

Dan jangan ragu untuk ajak kami diskusi ya kalau kamu bingung mau pilih jenis sepeda apa.. kami akan senang tiasa membantu!

Video review United Rockford bisa kalian tonton di bawah ini