13 Oct 2022 / Tips & Trick

Tips Bersepeda Aman Saat Musim Hujan

Beberapa bulan ini Indonesia selalu diguyur hujan dari pagi, sore bahkan hingga malam hari. Tidak sedikit pesepeda sering terjebak hujan saat asik-asik gowes santai di jalan nih! Namun jangan khawatir, kali ini SerbaSepeda akan berbagi tips bersepeda aman saat musim hujan.

1. Siapkan Perlengkapan yang Memadai

Karena kita tidak bisa memprediksi kapan waktu yang tepat hujan akan turun, maka hal yang bisa kita lakukan adalah siapkan perlengkapan yang memadai sebelum kita berangkat gowes. Pertama, pastikan sepeda kamu dalam kondisi prima. Kedua, kamu bisa membawa jas hujan yang bisa kamu letakan di dalam tas. Ketiga, gunakan Cycling Cap sebelum memakai helm. Cycling Cap berfungsi untuk melindungi kulit kepala kamu dari tetesan air hujan secara langsung. Selain Cycling Cap dan Helm, kamu juga perlu menggunakan kacamata supaya mata tidak terganggu saat hujan turun. Ketiga, jangan lupa selalu membawa bekal air minum serta toolset yang memadai.

Dengan perlengkapan yang lengkap dan memadai tentu gowes di waktu hujan akan tetap menyenangkan. Dan, tentunya kamu tetap akan merasa aman.

2. Atur Tekanan Angin Ban

Sebelum bersepeda akan lebih baik jika kalian memastikan tekanan angin ban agar tidak terlalu keras. Karena apabila tekanan angin ban terlalu keras, hal tersebut akan mengakibatkan ban mudah tergelincir karena ban kehilangan cengkeramannya.

3. Atur Kecepatan dalam Bersepeda

Saat melewati jalanan yang basah, situasi tersebut bukanlah ajang untuk balapan kecepatan. Karena sangat beresiko jika kita melajukan sepeda dengan kecepatan tinggi saat kondisi jalan basah sehabis terkena hujan. Apalagi saat SobatSS melewati turunan, sebisa mungkin kurangi kecepatan ya. Sebaiknya posisi duduk juga dalam keadaan rileks namun tetap siaga.

butuh speedometer ? dapatkan speedometer digital di sini 

3. Memasang Lampu Sepeda

Jalan yang licin serta jarak pandang yang terbatas tentu akan menjadi hal yang harus diperhatikan. Pemasangan lampu sepeda sangat penting karena bukan hanya kita, namun juga untuk pengendara lain supaya kamu tetap bisa terlihat dan orang akan lebih waspada terhadap keberadaan kita. Tidak hanya terang, kamu juga harus memilih lampu sepeda yang waterproof ya.

4. Berkendara Berkelompok

Saat kamu bersepeda bersama temanmu, sebaiknya kamu menjaga jarak supaya kamu tidak terciprat dari arah depan. Pemasangan spatbor juga bisa menjadi pilihan nih, selain mencegah tubuh bagian belakang terciprat genangan air yang kamu lewati, teman di belakangmu juga tidak akan terciprat air dari roda belakang.