28 Nov 2022 / Tips & Trick

Tips Merawat Sepeda Listrik Agar Awet

Sepeda listrik memiliki komponen yang khusus yang tidak ada pada sepeda biasa yakni baterai dan motor listrik. Oleh karena itu sepeda listrik membutuhkan perawatan lebih ekstra dan lebih rutin dari sepeda biasa. Selain itu cara merawatnya pun sedikit berbeda dari sepeda nonelektrik. Nah, berikut beberapa tips merawat sepeda listrik yang bisa kamu coba di rumah.

1. Cek Rantai Sepeda

Genio Easton X1 14 "

Genio Easton X1 14 “

Pada sepeda komponen rantai adalah komponen yang harus diperhatikan. Karena rantai menghubungkan mesin motor dengan roda belakang, khususnya pada sepeda listrik yang menggunakan mesin motor mid-drive. Agar awet pesepeda bisa memilih pelumas kering atau basah untuk melumasi rantai sepeda, apa bedanya?

Pelumas basah umumnya bertahan lebih lama, bahkan saat bersepeda dalam kondisi buruk sementara pelumas kering tidak memiliki ketahanan seperti pelumas basah, tetapi cenderung meninggalkan hasil lebih bersih.

Pengecekan rantai juga harus rutin dilakukan untuk melihat apakah rantai melar atau tidak, hal ini dilakukan karena rantai sepeda listrik dilewati tegangan dua kali lebih besar dibanding sepeda non-elektrik. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan menggunakan checker rantai sepeda. Checker rantai sepeda adalah alat yang digunakan untuk mengetahui kelayakan kondisi rantai.

2. Tekanan Ban Harus Dijaga

Genio Easton X1 14 "

Genio Easton X1 14 “

Ban pada sepeda listrik perlu diperhatikan karena tekanan ban bisa berdampak pada konsumsi baterai dimana semakin lunak baterai sepeda, semakin berat juga gerak sepeda. Jika tekanan ban kurang optimal maka sepeda juga jadi lebih sulit dikendalikan, khususnya ketika dibawa ke medan yang sulit. Ban yang terisi cukup udara juga berperforma lebih baik saat melakukan pengereman. Pastikan saat memompa ban sepeda listrik, kamu juga harus memperhatikan PSI yang terdapat pada ban ya. Untuk kamu yang lagi cari pompa lantai yang sudah dilengkapi dengan gauge atau alat ukur, kami rekomendasikan pompa Polygon Pompa Lantai STX

3. Cas Baterai Sepeda Listrik Berkala

Jika sepeda listrik tidak dipakai dalam waktu yang lama, maka kamu harus memperhatikan kualitas baterainya ya. Jangan sampai baterai kosong total saat kamu tidak menggunakannya.

Berikut ada tips dari kami seputar cara merawat baterai sepeda listrik. 

Tips pengecasan menurut SerbaSepeda

  1. Sebaiknya jangan melewati batas waktu pengecasan yang sudah ditentukan.
  2. Jangan memaksa penggunaan sepeda listrik sampai baterainya habis total ya SobatSS. 
  3. Jika indikator baterai sudah menunjukkan 1-2 bar pada indikator, maka wajib melakukan pengecasan kembali. 
  4. Dan satu lagi nih, jangan meletakan charger di atas baterai.

Tambahan tips dari kami, jika sepeda listrik tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka sebaiknya bisa dilakukan : 

  1. Pengecasan terlebih dahulu hingga full.
  2. Lepas sikring yang terhubung pada baterai. Atau lepas kabel pada pada rangkaian baterai. 
  3. Dan yang terakhir yaitu, letakkan sepeda di tempat yang aman ya, terutama hindari tempat yang bersiko terkena banjir. 

4. Perhatikan Kebersihan Sepeda Listrik 

jika SobatSS ada keinginan untuk mencuci sepeda listrik, maka tips dari kami adalah, sebisa mungkin jangan langsung menyemprot sepeda listrik dengan air secara langsung ke bagian seperti foot pad dan kontroler, karena bagian foot pad di dalamnya terdapat sebuah aki yang bisa korslet jika tersemprot air. Kamu bisa menggunakan lap basah untuk mengelap bagian  ya. Namun tentu pada bagian ban, kamu tetap bisa membasuhnya dengan air kok! Tetapi dengan intensitas air yang rendah ya!

5. Cek Kualitas Rem 

Pastikan rem tetap pakem ya, jika saat pengereman pada brake lever dirasa cukup jauh atau tidak pakem maka yang bisa dilakukan adalah putar setelan baut yang ada di roda depan searah jarum jam.

Itulah tips merawat sepeda listrik agar makin awet. Bagi kamu yang berminat membeli sepeda listrik, SerbaSepeda menjual beragam sepeda listrik mulai dari sepeda lipat listrik, sepeda gunung listrik, dan sepeda hybrid listrik. Semua tipe sepeda listrik tersedia di toko sepeda SerbaSepeda yang berlokasi di Jabodetabek atau bisa melalui toko sepeda online SerbaSepeda.