26 Jul 2019 / Inspiration

Track Favorit Goweser di Jabodetabek

Bersepeda memang salah satu olahraga yang menyenangkan, apalagi jika kita tegabung dengan komunitas sepeda itu sendiri. Biasanya, mereka yang telah tergabung komunitas sering mengadakan acara gowes bersama. Tentunya di tempat-tempat yang memang asik untuk bersepeda. Nah, kali ini Serbasepeda akan menghimpun tempat-tempat favorit untuk gowes di Jabodetabek, berikut treknya :

1. Bundaran HI (Hotel Indonesia)

Kawasan ini kerap dijadikan tempat bagi warga Jakarta serta di Indonesia untuk meluangkan waktunya dengan bersepeda, kawasan ini selalu dipakai disaat hari libur. Maklum saja, sejak diberlakukannya 1 hari tanpa kendaraan atau biasa kita sebut car free day. Otomatis masyarakat Indonesia tidak ingin membuang waktunya untuk bersepeda. Selain di hari Minggu, Jum’at malam hingga Minggu pun kerap dijadikan ajang wisata bersepeda.

2. Ecopark, Ancol

Di tempat ini, pengunjung juga dapat membawa sepeda sendiri atau menyewanya di Ecopark. Halte depeda di Pantai Karnaval adalah salah satu tempat yang menyediakan sepeda. Untuk hari libur atau Weekend, maka jangan berniat menyewa setelah pukul 08.00 WIB, sebab 700 sepeda habis disewa.

Bagi mereka yang punya banyak uang dan ingin mencoba sepeda kualitas baik, dapat menyewa sepeda di area Ecopark. Selain dapat menyewa sepeda, Ancol juga memberikan layanan tempat penyimpanan barang dan kamar mandi untuk membilas badan setelah berolahraga sepeda. Bagi kamu yang menyukai track panjang dapat mencoba jalur sepeda di area Taman Impian Jaya Ancol. Rutenya dapat dimulai dari Pantai Karnaval menuju Dermaga Marina dengan jarak mencapai 9.8 kilometer.

3. Kota Tua

Selain dapat mengenal Heritage Indonesia khususnya Jakarta secara aslinya, destinasi ini kerap dijadikan tempat untuk bersepeda dapat sekaligus menghabiskan waktu luang. Terlebih lagi, Mentri Pariwisata, Arief yahya telah memberikan fasilitas WIFI gratis yang tanpa batasnya.

4. Jalur Pipa Gas (JPG)

Ingin bersepeda di jalur menantang? Kamu juga dapat mencoba jalur offroad yang terkenal, antara lain adalah Jalur Pipa Gas yang berada dibelakang Kepolisian Sektor Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Jalur sepeda sepanjang 6,5 Km tersebut selalu ramai dikunjungi dari berbagai kalangan. Sebenarnya track sepeda disini membutuhkan keahlian yang memumpuni dalam bersepeda, jalur yang dilalui hampir 70% berupa jalan setapak dan naik turun. Meski demikian, bagi sebagian pesepeda yang masih relatif baru, dapat melewati jalur wisata pipa gas.

treksepeda1

Sedikit saran, bagi kamu pesepeda yang belum mahir, jangan memaksakan diri masuk ke jalur maut mirip Roller Coaster, karena dapat berakibat fatal.

5. Jalur Pipa Gas (JPG) Bekasi

treksepeda5

Track JPG Bekasi merupakan trek yang sangat menantang. Sekitar 90% dari kontur trek ini merupakan tanah yang dipenuhi oleh rumput di kiri dan kanan. Trek ini cocok bagi parabikerpemula. Tanjakan dan turunan silih berganti menghiasi trek ini. Di trek ini pula anda disuguhkan pemandangan yang menarik, udara yang sejuk dan penduduk yang ramah. Track ini berjarak sekitar 50 km pergi-pulang dengan start dari kawasan Grand Wisata Bekasi dan berkahir di Kota Wisata Cibubur, Bogor, kemudian kembali ke Grand Wisata Bekasi. Jika anda melewati trek ini pada jam 06.30 samapi 08.00 wib, anda akan menemui para biker yang hilir mudik, mengitari kawasan danau Cibeurum, Asem, dan Sengon.

6. Universitas Indonesia Depok

Kawasan Universitas Indonesia Depok memang cocok untuk bersepeda, karena kawasan ini cukup luas. Selain itu kawasan tersebut terkenal dengan kesejukannya. Di UI Depok dapat bersepeda santai mengelilingi kawasan UI dengan menjelajahi Fakultas demi Fakultas dengan suasana pepohonan yang rindang. Jika kurang menantang, kamu juga dapat melakukan offroad di kawasan hutan UI.

7. Banjir Kanal Timur (BKT)

Secara umum jalur Banjir kanal timur (BKT) ini terbagi menjadi 2 jalur, yaitu jalur pertama yang terletak persis disebelah Jl. Kolonel Sugiono, Jl. Jendral RS Soekantono, Pondok Kopi dan jalur yang kedua letaknya di seberang jalur pertama (terpisah oleh kali BKT) yang sering dipakai orang-orang untuk bersepeda dan olahraga adalah jalur pertama. Dan untuk tracknya sendiri dibatasi oleh Movable Concrete Barrier (MBC), sehingga tidak mudah ditembus oleh kendaraan bermotor.

8. Monumen Nasional (MONAS)

Bersepeda di Monas memang paling pas. Selain biaya parkirnya murah, kamu juga tidak dipungut biaya (kecuali jika kamu ingin masuk ke dalam Tugu Monasnya. Terdapat juga jasa penyewaan sepeda dengan harga yang cukup ramah dikantong yakni hanya berkisar Rp 20.000 sampai 50.000,- perjam. Tentunya banyak sekali yang dapat kamu lakukan di Tugu Monas. Selain untuk berpiknik, berswafoto, bermain layang-layang dan masuk ke dalam Tugu Monas. Bersepeda sambil menikmati keramaina kota Jakarta, juga dapat kamu lakukan. Kamu dapat bersepeda dengan tenang dan nyaman tanpa terganggu dengan kendaraan lainnya. Agar lebih hemat, kamu dapat membawa sepeda sendiri.

9. Taman Marga Satwa Ragunan

Bersepeda sambil ditemani dengan beraneka ragam Flora dan Fauna di Taman Marga Satwa ragunan ini pun tidak membosankan. Ragunan menyediakan penyewaan sepeda mulai dari Rp 15.000 sampai dengan Rp 50.000,- perjam. Jika sudah lelah berkeliling, kamu juga dapat berhenti sejenak sambil menikmati atraksi hewan yang ada di sana, seperti atraksi gajah atau memberi makan harimau. Jika sudah puas mengendarai sepeda di lahan seluas 147 Hektar ini, kamu juga dapat menunggangi kuda, unta atau gajah dengan bersekitasan harga Rp 15.000 sampai dengan Rp 20.000,-

10. Taman Mini Indonesia Indah

Tempat bersepeda ini pun cocok untuk bersepeda santai bersama keluarga atau kawan-kawan remaja disediakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Untuk sepeda terdapat beragam macam sepeda disini. Contohnya ada sepeda tandem, sepeda biasa, sepeda kereta untuk 2 orang penumpang dan ada juga sepeda untuk 4 orang penumpang.

11. Track Cihuni

Tempat bersepeda selanjutnya yaitu track Cihuni. Sebelumnya ada 3 track bersepeda, yaitu Hill Park 1, 2 dan 3. Saat ini hanya tinggal dua yang masih dapat kamu nikmati yaitu Hill Park 1 dan 3, Hill Park 2 hampir seluruhnya sudah digusur oleh pesatnya pembangunan perumahan. Dari dua track yang tersisa mungkin hanya Hill Park 1 yang masih dinikmati.

treksepeda2

Di track tempat bersepeda sepanjang kurang lebih 4 kilometer ini, para bikers dapat menempati tanjakan dan turunan yang saling menyambung tanpa ada jalur landai. Juga ada jalur Roller Coaster yang meskipun tidak setinggi di Jalur Pipa Gas (JPG) tapi cukup menguji adrenalin terutama untuk newbie. Track di Cihuni Hill Park 1 telah dimodifikasi dan dikembangkan sehingga lebih menantang.

Untuk sarana tempat makanan dan minum tersedia juga beberapa warung ditempat masuk dan keluar track dengan menu khas lokal nasi uduk, teh jahe hangat dan tidak ketinggalan juga menu sop iga. Fasilitas parkir sepeda juga luas.

12. Jalur Kota Bunga Cipanas-Sentul

treksepeda3

Trek sepeda gunung dari kota Bunga Cipanas hingga Sentul dengan total 48 km. Jalur tersebut adalah jalan lama yang dibangun sejak jaman Belanda. Medan jalan di dominasi jalur aspal tetapi tidak mulus, tersulit pada jalan terakhir memiliki medan tanjakan. Pemandangan jalur ini tetap menarik dinikmati.

13. Gelora Bung Karno (GBK)

Pusat olahraga Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan memenag tidak pernah sepi, apalagi jika di hari Minggu. Setiap hari minggu pagi arena GBK ini selalu dipadati oleh para pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda. Kamu dapat bersepeda keliling kompleks GBK yang luasnya sekitas 67 Hektar. Setelah berolahraga, kamu juga dapat berefreshing di Mall dekat GBK.

14. Jalur Pinggir Tol (JPT)

treksepeda4

Track ini melewati Cimanggis dan memasuki Cikeas. Kamu akan menemukan sebuah situ atau danau yang cukup luas yang indah.

Selanjutnya, perjalanan single track akan dihadang turunan curam berupa undakan-undakan tanah yang berakhir dengan jembatan bambu kecil yang reot. Di sini, gairah untuk menikmati turunan harus diimbangi sikap hati-hati sekaligus keseimbangan tubuh. Bukan apa-apa, jembatan tersebut memiliki kemiringan yang tidak rata dan beberapa bambu di bawahnya sudah hilang karena rapuh.

Selepas jembatan tersebut, maka kamu akan disuguhi pemandangan sebuah bukit langsung menghadang. Di bukit, banyak penduduk yang menanam tubuh sereh dan ada juga ladang padi gogorancah. Memasukin pedalaman Gunung Putri, kamu harus melewasi single track bukit tanah yang unik.

Di sisi kanan, ada tebih tanah setinggi 6 hingga 10 meter, dengan derajat kemiringan 90 detajat. Di sini nyali adalah segalanya, mengingat single track tersebut menurun dengan tingkat kemiringan 20 derajat. Selanjutnya, kamu akan keluar lagi menuju pinggir tol dan melewati kolong tol menuju Cibinong. Meski track ini panjangnya kurang lebih 45km pergi-pulang, namun cukup menguras tenaga dan menawarkan pemandangan khas masyarakat pinggiran Jakarta. Sebuah rute yang pantas untuk dicoba!

Itulah 15 tempat bersepeda paling asyik di Jabodetabek, semoga bermanfaat untuk kalian. Tetap keep safety, kedisiplinan dan konsentrasi pada trek yang curam dan jalanan yang licin. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan P3K untuk antisipasi, dan selamat bersepeda!

Sumber :