04 Apr 2022 / Product Knowledge

United Clovis Edisi Pariwisata, LIMITED EDITION!

Ada yang spesial pada pembahasan produk kali ini nih! kita akan bahas clovis series terbaru yaitu edisi pariwisata! Mengusung tema daerah asli Indonesia yang dikemas dengan desain yang menarik, dan lebih spesialnya lagi, sepeda ini limited editon loh! Infonya hanya ada 49 unit per seri yang tersebar di Indonesia loh! dijamin deh kamu bakal paling keren di tongkrongan goweser kalau pakai seri clovis edisi pariwisata ini nih!

kita akan bahas 2 seri Clovis yaitu clovis 5.1 dan 6.1, yang mana masing-masing seri memiliki 2 tema daerah berbeda ya! kita langsung aja.

untuk Clovis 5.1 ada Likupang dan Mandalika

desain Clovis 5.1 edisi Likupang ini mengusung elemen tari Kabasaran khas Minahasa serta keelokan pantai Pulisan yang berada di Sulawesi Utara. Perpaduan warna gradasi biru yang mewakili laut dan coklat yang mewaikili pasir, menjadikannya sangat indah dan unik untuk desain sebuah sepeda ya!

lalu ada Clovis 5.1 edisi Mandalika, seperti yang kita tahu saat ini mandalika dijadikan tempat untuk sirkuit moto GP. Tidak heran, mandalika memang menjadi surganya wisata karena keindahan lautnya.

Nah pada clovis 5.1 edisi Mandalika ini juga memiliki keindahannya tersendiri nih! terlihat secara keseluruhan, desain frame ini mengusung senja di pantai ya SobatSS! terdapat juga stripping dibagian toptube yang tersinspirasi dari kain songket motif Kristal, menjadikannya sangat kental akan budaya Indonesia ya. Tidak lupa, terdapat juga gambar pulau mandalika di bagian atas top tubenya, yang menjadikannya tambah kece!

Sama kerennya, Clovis 6.1 juga hadir dengan edisi pariwisata yaitu edisi Danau Toba dan Labuan Bajo!

Sesuai namanya, Clovis 6.1 edisi Danau Toba hadir dengan warna biru yang cerah mewakili kawah indah yang terletak di Sumatra Utara. Juga diberikan sentuhan warna merah dengan corak kain ulos di bagian toptube, menjadikan paduan warna sepeda ini sangat indah ya!

Edisi yang terakhir dari Clovis 6.1 ada Labuan Bajo. Edisi ini terinspirasi dari komodo yang menjadi ikon ternama. serta kecantikan pantai Pink dan keindahan terumbu karang taman nasional Komodo. Paduan antara biru laut, navy, dan pink ini terkemas sangat indah namun tetap maskulin.

Kita sudah bahas detail desain dari frame clovis 5.1 dan 6.1 edisi pariwisata nih! sekarang.. kita bahas spesifikasi dari sepeda ini ya!

Sepeda Gunung Range Harga 3-5 juta! klik di sini

FRAME

Clovis 5.1 dan 6.1 edisi pariwisata dibekali dengan frame berbahan alloy,  yang sudah dipoles dengan teknik smooth welding pada bagian headtube + seattube. Sepeda ini juga sudah mengadopsi teknologi internal cable routing ya SobatSS, sehingga tampilan semakin rapi.

FORK

  • Pada bagian fork, untuk clovis 5.1 baik likupang / mandalika menggunakan fork angin dari Venom, dengan ketinggian travel T120, fork ini juga sudah menggunakan Boost TA untuk sistem pengunciannya ya SobatSS!
  • Untuk Clovis 6.1 baik danau toba / Labuan bajo, menggunakan fork Suntour XCR T120mm yang sudah remote! Mengunci fork akan lebih mudah dengan bantuan remote seperti ini! Ohiya untuk sistem pengunciannya juga sudah Boost TA ya!

STEERING

Pada bagian steering, clovis 5.1 dan 6.1 menggunakan handlebar dan stem yang sama yaitu 730mm untuk handlebar, dan 65mm untuk stemnya. Handlebar dan stemnya dari merk Nautilus ya.

SEATPOST & SADDLE

Sejajar dengan steering, sepeda-sepeda ini dibekali dengan seatpost dan saddle dari merk nautilus. Untuk seatpost berukuran 350mm dan diameter 30,9 mm. pada saddle yang digunakan cukup empuk dengan lebar 145mm.

GROUPSET

Masuk ke bagian gorupset, baik clovis 5.1 dan 6.1 edisi pariwisata menggunakan transmisi single chainring nih!

  • namun sekarang kita bahas dulu untuk Clovis 5.1 ya,

Menggunakan crank hollowtech dari United Components dengan jumlah mata gigi pada chainring yaitu 34T, untuk rantai yaitu dari YBN, dan pada bagian sprocket dibekali dengan 11 tumpuk sprocket cassette berjumlah mata gigi 11-50T. RD shadow+ hingga shifter yang digunakan yaitu dari Shimano Deore M5100.

  • Sekarang untuk Clovis 6.1 nya nih..

Sama seperti clovis 5.1, menggunakan crank hollowtech dari United Components dengan jumlah mata gigi pada chainring yaitu 34T, untuk rantai juga sama yaitu dari YBN, jika clovis 5.1 dibekali 11 tumpuk sprocket, pada Clovis 6.1 dibekali dengan 12 tumpuk sprocket berjumlah mata gigi 11-50T. walaupun kelihatannya memiliki jumlah mata gigi yang sama, namun ada perbedaan pada kepadatan jumlah mata gigi setiap kepingnya ya SobatSS.

RD shadow+ hingga shifter yang digunakan yaitu dari Shimano Deore M6100.

PENGEREMAN

Beralih ke pengereman, semua edisi clovis ini menggunakan pengereman Hidrolik dari Shimano MT200.

WHEELSET

Untuk wheelset, Clovis 5.1 dan 6.1 dibekali dengan ban berukuran 27.5 x 2.25 dari Maxxis Ardent. Untuk hub yang digunakan yaitu dari nautilus dengan jumlah jari-jari sebanyak 32H, ohiya untuk hub depan atau belakang sudah menggunakan boost TA ya!

BOBOT

Untuk Bobot, clovis 5.1 dan 6.1 edisi pariwisata dibekali dengan bobot kurang lebih 13 kiloan nih SobatSS!

HARGA & KESIMPULAN

Tidak terasa sekarang kita sudah ada dipenghujung pembahasan ya! kita langsung aja.. untuk harga, Clovis 5.1 edisi Likupang dan Mandalika dibanderol dengan harga 7.250.000!

Lalu untuk Clovis 6.1 edisi Danau Toba dan Labuan Bajo dibanderol dengan harga 8.500.000

Kesimpulannya, Clovis seri pariwisata kali ini cocok banget buat kamu yang cinta akan budaya Indonesia, dan pastinya mau berbeda dari yang lain!

Sepeda ini tidak banyak stock nya alias LIMITED EDITION loh! jadi gimana? Mau pilih Likupang, Mandalika, Danau Toba, atau Labuan Bajo nih SobatSS? komen di bawah ya!