30 Aug 2020 / Inspiration

Wheelset Seret, Ini Penyebabnya

Carbon Road Wheelset
Sumber : Aliexpress

Roda Sepeda atau yang biasa dikenal dengan istilah wheelset, adalah komponen utama bergeraknya sepeda. Wheelset pada sepeda Terdiri dari hub atau poros putar, rims, jari-jari dan ban. Semakin ringan putaran sebuah wheelset, akan semakin sedikit tenaga yang dibutuhkan untuk sebuah sepeda dapat melaju. Laju perputaran roda biasanya dipengaruhi oleh tingkat kualitas bearing pada hub. Semakin  tinggi kualitas bearing yang tedapat pada hub, maka semakin lancar dan ringan putaran sebuah roda. Karena roda merupakan komponen bergerak, tentunya berpotensi timbul masalah dan memerlukan perawatan atau perbaikan berkala. Tidak jarang ditemui perputaran roda yang tidak lancar atau seret, hal ini tentunya akan mengurangi peforma dan kualitas berkendara. Berikut adalah beberapa penyebab roda atau wheelset seret, atau tidak berputar dengan lancar.

  • Bearing Hub Bermasalah
Bearing kering berkarat dan pecah
sumber : woolly pigs
Pemberian Grease pada hub bearing
Sumber : mtbr.com

                Bearing merupakan komponen berputar utama pada sebuah hub. Baik ball bearing dan sealed bearing menggunakan bola-bola kecil yang dapat berputar bebas sehingga meminimalisir hambatan putar. Masalah yang biasa menyebabkan wheelset menjadi seret adalah kondisi bearing yang tidak prima. Dalam gejala ringan, biasanya seret diakibatkan oleh kondisi bearing yang kering dan kurang pelumasan/grease. Sedangkan untuk kondisi berat adalah adanya kerusakan pada struktur bearing itu sendiri, misalkan bola-bola bearing pecah, aus dan tidak rata. Oleh sebab itu pastikan lubrikasi bearing pada hub dilakukan secara rutin dan berkala, misalkan 6 bulan sekali atau tergantung intensitas pemakaian.

  • Settingan As Roda yang Terlalu Keras
Sistem pengunci as pada hub
Sumber : Parktool
Pengaturan Cone yang dilanjutkan dengan penguncian locknut
Sumber : Youtube MadeGood Bikes

Sesuai ilustrasi gambar diatas, pada umumnya hub sealed bearing dan ball bearing menggunakan sistem pengunci as pada hub. Sistem pengunci ini memastikan as tetap berada pada hub di posisi yang sama. Tidak jarang ditemui wheelset yang bergerak tidak lancar diakibatkan oleh cone yang terlalu kencang menekan bearing, sehingga putara bearing menjadi keras dan tidak lancar. Apabila dibiarkan terus menerus, bearing akan lebih cepat terkikis, bahkan dapat merusak rumah bearing pada sebuah Hub.

  • Masalah pada Rem
Kampas Rem bersentuhan dengan rotor atau rims
sumber : bikeradar & reddit

Walaupun bukan merupakan bagian langsung dari sebuah wheelset, komponen rem sangat erat kaitannya dengan wheelset. Karena memang fungsi rem atau brake adalah untuk menghentikan laju roda. Settingan rem yang kurang tepat akan menimbulkan gesekan terus menerus antara kampas rem dengan permukaan pengereman (disc Rotor atau Rims). Selain mengakibatkan roda menjadi berat dalam berputar, jika dibiarkan terus menerus, akan cepat menghabiskan kampas rem dan merusak permukaan pengereman baik rotor maupun rims.

Itu dia 3 faktor utama perputaran wheel seret pada sepeda. intinya perawatan dan pemeriksaan berkala memang perlu dilakukan untuk menjaga peforma sepedamu. Semoga membantu.

Ingat sepeda? ya SerbaSepeda.com!