icon-bbm

|

Cara Memilih Ukuran Frame Sepeda yang Tepat

Pada sepeda, khususnya MTB dan Roadbike, kerap dijumpai adanya ukuran-ukuran pada tiap frame nya atau yang biasa dikenal dengan istilah sizing. Pembedaan ukuran ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara yang optimal bagi tiap rider yang memiliki postur tubuh yang berbeda.

Seattube Length atau panjang seattube biasanya menjadi patokan dalam pengukuran sepeda. Panjang seattube diukur dari tengah BB ke ujung teratas seattube (C-T / Center to Top). Ada Produsen sepeda yang menggunakan istilah Small, Medium, Large, adapula yang menggunakan ukuran nominal seperti 16”, 17.5”, 18”. Pada dasarnya semakin tinggi pengendara, maka akan membutuhkan ukuran frame yang lebih besar.

Namun terkadang ditemukan bahwa sebuah sepeda hanya diproduksi dalam satu ukuran misalkan MTB hanya di produksi size M atau 17 inci. Pengukuran size frame juga biasanya tidak belaku pada sepeda lipat, sebab pada sepeda lipat cenderung disetting pada seatpost dan handlepost dalam menyesuaikan postur penggunanya.

Ada 4 metode yang biasa digunakan untuk menentukan ukuran frame Ideal bagi seorang rider, diantaranya :

1. Rekomendasi Pabrik

Metode ini dinilai yang paling akurat untuk menentukan ukuran frame sepeda yang sebaiknya digunakan. Produsen atau pabrik sepeda pastinya mengerti betul tiap detail geometri sebuah frame yang mereka ciptakan. Biasanya kamu bisa melihat rekomendasi ukuran yang tertera pada frame sepeda maupun website produsen itu sendiri.

Contoh Sizing dari website polygonbikes.com

Kita ambil contoh, misalkan kita memilih polygon Xtrada 27.5 inci dan rider memiliki tinggi 165, maka ukuran yang direkomendasikan adalah M atau Medium.

2. Tabel Ukuran Frame / Kalkulator Online

Di internet banyak sumber tabel dan size calculator yang bisa dijadikan referensi dalam memilih ukuran frame. Untuk beberapa produsen sepeda yang tidak memberikan rekomendasi sizing, metode ini cukup membantu dalam memilih ukuran frame sepeda yang optimal untuk digunakan.

Contoh tabel pengukuran dari bicycling.com

Tabel pengukuran tersebut bersifat umum dan tidak mengikat antara merk sepeda. karena pengukuran tersebut bersifat umum untuk semua merk sepeda, akurasinya pun kurang maksimal.

Kamu juga bisa menggunakan Calculator Online, contohnya dibawah ini adalah kalkulator online dari ebicycles.com

Kita coba klik Mountain Bike

Lalu kita isi gender, tinggi badan dan tinggi kaki, lalu klik calculate

Setelah itu akan muncul hasil rekomendasi ukuran frame sepeda yang sebaiknya digunakan.

Tapi sekali lagi ya, metode ini belum tentu seakurat rekomendasi pabrikan, namun cukup membantu memilih ukuran apabila dari pabrikan tidak memberikan rekomendasi sizing.

3. Metode Standover Height

Metode Standover Height adalah metode tradisional yang banyak dipakai. Pengukurannya cukup sederhana, pengendara cukup berdiri diatas sepeda seperti gambar di bawah ini.

Sumber : Rei.com

Pengendara cukup mengukur jarak antara pangkal paha dengan toptube atau yang biasa disebut clearance. Pada roadbike idealnya terdapat clearance 1 inci, dan pada mtb terdapat clearance 2 inci. Metode ini paling sederhana, mudah diterapkan dan cukup banyak dipakai sampai saat ini.

4. Stack and Reach

Metode stack and reach adalah metode yang digunakan untuk mencari ukuran frame dengan cara membandingkan antara frame yang sedang digunakan dan frame yang akan dibeli. Dengan katalain metode ini digunakan untuk mencari ukuran frame yang sebelumnya sudah cocok kita gunakan.

Berikut contoh ilustrasi ukuran stack and reach. (sumber:specialized.com)


Stack diukur dari tengah BB ke garis semu Horizontal sejajar top tube. Stack berhubungan dengan tinggi sepeda.

Reach diukur dari Headtube ke garis semu vertikal dari Bottom bracket. Reach berhubungan dengan jangkauan kontrol sepeda. Dengan ukuran stack and reach yang sama, pada umumnya sensasi berkendara 2 buah frame akan sama.

Itu dia tadi dasar dari frame sizing atau pemilihan ukuran frame. Setelah itu ada proses lanjutan yang namanya bike fitting, yaitu dengan menghitung kecocokan secara detail tiap ukuran komponen sepeda dengan tubuh pengendara, namun pada umumnya jarang diperlukan kecuali adanya masalah kesehatan atau gangguan khusus.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu sobatSS dalam memilih ukuran frame yang tepat. Ingat Sepeda? Ingat SerbaSepeda.com

Artikel Terkait

Halo, silahkan hubungi kami untuk info lebih lengkap

Chat Sekarang