icon-bbm

|

Harga dan Rekomendasi Sepeda Lipat

Di awal tahun 2020 ini, banyak bermunculan beberapa sepeda yang masuk ke berbagai segment. Semakin banyaknya jenis dan merk sepeda lipat tidak jarang membuat kita sebagai calon pembeli kebingungan tentang merk dan jenis apa yang sebaiknya dipertimbangkan untuk dibeli. Berikut ini kami coba berikan beberapa saran dan bahan pertimbangan berdasarkan rentang / range harga untuk membantu sobatSS dalam mempertimbangkan sepeda apa yang akan dibeli.

Sepeda Lipat harga 1 – 2 juta

Di rentang harga 1- 2 jutaan, biasanya seli masih memiliki rangka Steel / baja namun tidak kalah kuat dengan material seperti alloy, hanya saja memerlukan perhatian dan perawatan khusus, sebab steel rentan terhadap karat. Berikut sepeda 1-2jutaan yang kami rekomendasikan :

1.United Stylo 20 inch dan 16 inch

Di urutan pertama ada United Stylo. United stylo baik untuk ukuran 20 dan 16 inch didesain dengan rangka yang unik melengkung dari bagian depan ke belakang. Memiliki material frame High Tensile Steel, menjadikan sepeda ini pilihan yang ekonomis dan modis.

Untuk stylo 20 inci dilengkapi 5 pilihan kecepatan, sedangkan untuk stylo 16 inci tidak memiliki pilihan kecepatan / single speed. Dari segi harga, united stylo 20 inci dibandrol dengan harga Rp.1.710.000,- dan untuk united stylo 16 inci dibandrol dengan harga Rp.1.530.000,-.

2.Pacific 2980 20 inch dan 2990 16 inch

Di urutan kedua, Dari pacific, menurut kami ada 2 sepeda yang layak mejadi pertimbangan, diantaranya Pacific 2980 RX 2.0 VT dan pacific 2990 HT-V . Pacific 2980 RX 2.0 VT dilengkapi ban ukuran 20 inci dengan 7 pilihan kecepatan dari shimano, sedangkan untuk pacific 2990 dilengkapi ban ukuran 16 inci juga dengan 7 pilihan kecepatan dari shimano.

Frame dari kedua sepeda tersebut terbuat dari high tensile steel, yang juga menawarkan harga yang ekonomis. Pacific 2980 sendiri dibandrol dengan harga sekitar Rp.1.800.000,- dan untuk Pacific 2990 dibandrol dengan harga sekitar Rp.1.400.000,- . Cukup menarik bukan? dengan harga yang terjangkau sudah mendapatkan sepeda dengan 7 pilihan kecepatan.

Sepeda Lipat harga 2 – 3 juta

Di rentang harga 2-3 juta, biasanya kita sudah mendapatkan sepeda lipat berbahan alloy, dengan spesifikasi yang kurang lebih masih memiliki 7 pilihan kecepatan / speed. Berikut ini beberapa sepeda lipat yang bisa dijadikan referensi, diantaranya :

1.Element Ecosmo 7 speed

Sepeda yang satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi para pencinta sepeda lipat. Element Ecosmo sendiri memiliki berbagai rentang harga, yang membedakan spesifikasi parts yang menempel di jenis sepeda tersebut.

Di rentang harga 2jutaan, ecosmo 7 speed ini ditawarkan dengan harga 2,1juta-an. Memiliki frame alloy dan dilengkapi dengan 7 pilihan kecepatan dari shimano, menjadikan element Ecosmo 7 speed ini sangat layak untuk menjadi pertimbangan sobatSS.

2. United Cora 7 speed

United Cora merupakan sepeda lipat “balap” dari united. Dilengkapi ban dengan ukuran 20 x 1 3/8 atau yang biasa dikenal dengan istilah 22 inci, menjadikan united cora memiliki kesan racing sebab menggunakan ban menyerupai road bike. Biasanya sepeda lipat dengan ukuran ban 22 inci memiliki harga yang tinggi, namun united memberikan opsi yang sangat ramah di kantong.

Dibekali dengan frame alloy dan 7 pilihan kecepatan dari shimano, kami rasa united cora sangat layak untuk menjadi pertimbangan sobatSS. Cukup dengan menebus 2,6 jutaan, Cora sudah dapat dibawa pulang nih.

3.Pacific Veloce

Dari pacific menawarkan Pacific Veloce, dengan pilihan ukuran ban 20 inci dan 16 inci. Pacific Veloce ini juga memiliki design rangka yang unik  terutama pada bagian seat stay. Memiliki frame alloy dan dilengkapi 7 pilihan kecepatan dari shimano, pacific veloce dibandrol dengan harga 2,4 jutaan untuk tipe veloce 1.0 dan 2,9 jutaan untuk veloce 2.0.

 

4.Element FoldX 8

Di awal 2020 ini, element mengeluarkan sepeda kolaborasi antara element dan FoldX, yaitu Element FoldX 8. Walaupun masih menggunakan rangka Steel, namun Element FoldX 8 ini, sudah dilengkapi dengan 8 pilihan kecepatan, juga mendapatkan ektra berupa frontblock, tas front block dan kunci spiral.

Design frame dan kombinasi warna, memberikan kesan yang modern dan rapi. Hanya dengan 2,8 jutaan, sepeda Element X Fold X8 ini bisa dibawa pulang loh sobatSS.

Sepeda Lipat Harga 3 – 4 juta

1.Element Ecosmo Z8

Rekomendasi pertama jatuh ke Element Ecosmo Z8 8speed. Dengan harga 3,5 jutaan sudah mendapatkan frame alloy yang dilengkapi dengan 2 pilihan kecepatan di bagian depan (Crank) dan 8 pilihan kecepatan di bagian belakang(sprocket). Menjadikan sepeda ini memiliki rentang ratio gear yang jauh lebih besar dibanding sepeda-sepeda dengan chainring single.

Selain itu, model frame yang ditawarkan cukup keren dan modern. Hal ini yang membuat ecosmo Z8 dapat menjadi pertimbangan dalam segment sepeda lipat 3-4juta.

2.United Trifold 1B

Dari sisi lain, united menawarkan teknologi lipatan sepeda yang berbeda. United Trifold memiliki sistem 3 lipatan, yang sebelumnya sistem ini dipopulerkan oleh brompton. Sistem 3 lipatan ini menawarkan kubikasi sepeda yang lebih ringkas dalam kondisi terlipat, sehingga lebih praktis saat dibawa-bawa dan sangat mudah dalam penyimpanan.

United Trifold 1 ditawarkan dengan harga 3,6 jutaan, dilengkapi dengan frame alloy namun masih belum memiliki pilihan kecepatan alias single speed.

3.Polygon Urbano 3

Dari segi spesifikasi, polygon memang dapat dikatakan ketinggalan nih sobatSS. Dilengkapi dengan frame alloy dan 7 pilihan kecepatan, polygon urbano 3.0 dibandrol dengan harga 4 juta. Sedangkan pada kelas 3-4 juta biasa customer biasanya sudah mendapat kan 8 bahkan 9 pilihan kecepatan.

Namun Polygon urbano juga memiliki segment nya tersendiri nih sobatSS. Dari para pecinta urbano mengakui, bahwa polygon urbano memiliki lipatan yang lebih kokoh dibanding sepeda lipat kebanyakan. Sehingga dirasa masih cukup layak untuk dibeli. Untuk spek memang masih dapat kita upgrade sendiri ya sobatSS, namun memang perlu mengeluarkan kocek lebih.

Sepeda Lipat Kisaran harga 4 – 5 juta

Di rentang harga 4-5 juga tidak diragukan lagi element memang mencengkram erat segment ini. Dan memang dibanding para kompetitor, kami rasa element cukup unggul dari segi spesifikasi dan inovasi. Berikut beberapa produk yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih sepeda lipat 4-5 juta :

1.Element Nicks dan Element Troy

Kedua “kakak beradik” ini merupakan sepeda chromoly dari element, dengan ciri khas 2 lipatan dan dipersenjatai dengan frame chromoly. Bedanya nicks dilengkapi ban dengan diameter 20inci, sedangkan Troy dilengkapi dengan ban berdiameter 16 inci. Yang menarik adalah kedua model ini menyerupai sepeda lain yang memang memiliki kelas diatasnya, misalkan Nicks yang menyerupai Dahon Boardwalk dan Troy yang menyerupai FnHon Gust.

Untuk element Nicks dilengkapi dengan 2 pilihan kecepatan untuk crank dan 9 pilihan kecepatan untuk sprocket, sedangkan element Troy hanya memiliki 9 pilihan kecepatan pada bagian belakang (sprocket). Dari segi harga nicks dan troy tidak terlampau jauh, nicks sendiri di bandrol dengan harga 4,25juta dan troy sekitar 4,1juta.

2.Element Pikes Single Speed

Element tidak mau kalah dalam membesut sepeda lipat “brompton look”. Dengan material chromoly, membuat Element Pikes lebih indentik ke Brompton dibanding United Trifold. Memiliki rangka Chromoly dengan 3 lipatan, menjadikan element pikes opsi dalam memilih sepeda lipat yang ringkas dan juga nyaman. Dari segi harga element pikes single speed dibandrol dengan harga sekitar 4,5 juta.

3.Element Ecosmo 9 Speed

Di kisaran harga 4-5 juta, ecosmo memiliki banyak pilihan opsi dan warna, mulai dari warna biasa, bunglon, dan berbagai edisi khusus. Dengan banyak pilihan warna, menjadikan ecosmo lebih personal sesuai dengan keinginan pengguna. Dari segi harga berkisar antara 4,5-4,7 jutaan. Spesifikasi pun tidak terlampau jauh berbeda, dengan crank single speed dan 9 pilihan kecepatan pada bagian belakang (sprocket).

Sepeda lipat 6 juta keatas

Di segmen ini pilihan sepeda lipat sangat beragam dari segi harga, merk dan spesifikasi. Namun kami coba rekomendasikan beberapa produk untuk pertimbangan ya sobatSS, diantaranya :

1.3Sixty M3S

3Sixty merupakan sepeda 3 lipatan yang populer di china, sampai ada anggapan bahwa 3sixty adalah merk china. Pada kenyataan nya brand 3sixty bermarkas di korea selatan. 3sixty sendiri memproduksi sepeda lipat dengan material chromoly 4130. Sehingga kualitas chromoly dapat benar-benar diandalkan.

Dilengkapi dengan 3 pilihan kecepatan pada internal gear hub dengan merk strumey archer, sepeda 3sixty M3S ini dibandrol dengan harga berkisar antara 8-8,2juta.  Dari segi harga memang lebih mahal dari kebanyakan sepeda lipat lokal ya SobatSS, tapi tunggu dulu, coba kita lihat lebih dalam ya.

Hub depan dan belakang yang digunakan memiliki panjang/spacing yang identik dengan brompton, yaitu hub depan 74mm dan hub belakang 112mm, sehingga sangat mirip dengan brompton saat terlipat. Untuk seri S ini, handlebar dan handlepost yang digunakan juga berbentuk identik dengan brompton seri S. sehingga dapat dikatakan 3sixty merupakan brompton KW Super nih.

2.Dahon ION Denver

Belum lama ini, dunia per-seli-an dihebohkan dengan muncul nya kolaborasi antara dahon dan element indonesia. Salah satu produk unggulannya ialah dahon ion denver. Dari segi model, memang dahon ion denver ini sangat esklusif, dilengkapi dengan frame yang memiliki teknologi smartweld, dan handlepost yang futuristik khas dahon.

Handlepost Denver dapat mengatur derajat kemiringan handlebar, dengan sistem tuas pengunci. Sehingga bisa lebih memcustom posisi berkendara. Handlepost juga dilengkapi dengan pengunci lipatan internal, khas dahon. Dari segi ini sudah yakin ya bahwa memang ini produk dahon yang lahir di indonesia.

Dari segi harga, Dahon ION Denver sendiri dibandrol dengan harga sekitar 9 jutaan. Dilengkapi dengan 10 pilihan kecepatan shimano deore dan hub belakang yang jangkrik, menjadikan dahon ion denver sepeda yang cukup menarik untuk dilirik oleh para pecinta sepeda lipat khusus nya dahon.

3.FoldX X9 20 Speed

Masih dari pabrikan element, element memproduksi lini produk yang di klaim memiliki bobot yang relatif lebih ringan, yaitu FoldX. FoldX X9 sendiri dilengkapi dengan 2 pilihan kecepatan pada crank yang juga memiliki teknologi hollowtech II, juga 10 pilihan kecepatan pada bagian sprocket.

Selain itu terdapat FoldX X9 ini dilengkapi dengan pedal quick release, sehingga memudahkan dalam melepas pedal, terutama saat proses melipat sepeda. dengan segudang fitur tersebut. Element FoldX X9 dibandrol dengan harga sekitar 7,5 juta.

Nah itu dia rekomenasi dari kami berdasarkan rentang harga sepeda. artikel ini hanya berupa rekomendasi / saran dan bukan arahan untuk membeli. Semua pertimbangan dan keputusan kembali lagi ke tangan sobatSS sebagai yang kelak akan mengendarai sepeda tersebut. Untuk melihat daftar harga dan spesifikasi sepeda lipat lengkap dapat kunjungi product sepeda lipat kami. Sekian, sekitaranya dapat bermanfaat.

Artikel Terkait