icon-bbm

|

Hi-Ten vs Chromoly

Seiring meningkatnya permintaan akan sepeda lipat, ada beberapa pabrikan sepeda yang kesulitan untuk memperoleh material bahan baku frame sepeda, contoh kasusnya adalah Chromoly. Ada beberapa pabrikan sepeda yang mensubstitusi material chromoly pada frame-nya dengan Hi-Ten Steel.

Banyak anggapan bahwa substitusi tersebut adalah “downgrade” karena harga Hi-Ten Steel memang lebih murah dibanding Chromoly. Kami juga sependapat, bahwa Hi-Ten Steel memiliki grade dibawah chromoly, baik dari segi harga, kekuatan maupun ketahanan.

Lantas apa bedanya antara Hi-Ten Steel dan Chromoly? Coba kita bahas secara sederhana ya agar mudah dipahami.

Hi-Ten Steel

United Stylo Hi-Ten Steel

Hi-Ten Steel adalah kepanjangan dari High Tensile Steel, dari nama nya saja jelas berbeda dari steel atau baja biasa. Hi-ten Steel dalam metalurgi biasa dikenal dengan kode AISI 1015. Dimana baja diolah dengan berbagai bahan dan ditreatment sedemikian rupa, sehingga menghasilkan Tensile Strength atau kekuatan sampai dengan 385 MPa (Megapascal). Pada kondisi normal (sebelum trend sepeda meroket) material hi-tensile steel biasanya hanya digunakan pada sepeda-sepeda low-end(menengah kebawah) dan entry level(kelas pemula).

Chromoly

United Black Horse Chromoly

Chromoly merupakan campuran antara logam dasar steel dengan Chromium dan Molibdenum. Dalam metalurgi, chromoly biasa dikenal dengan kode AISI 4130 (angka yang sering kita jumpai di tubing-tubing sepeda chromoly). Pencampuran antara steel dan bahan campuran ini bertujuan untuk menghasilkan logam yang lebih kuat dan memiliki ketahanan karat yang lebih baik.

Dari segi tensile strength, Chromoly memiliki kekuatan sampai dengan 670 MPa (Megapascal), dengan kekuatan yang lebih tinggi, memungkinkan produsen untuk membuat tubing yang lebih tipis, sehingga menghasilkan bobot frame sepeda yang lebih ringan secara keseluruhan.

Perbandingan

 Hi-Ten SteelChromoly
HargaLebih MurahLebih Mahal
Tensile Strength385 MPa670 MPa
Ketahanan KaratKurang TahanLebih Tahan
Bobot secara umumLebih BeratLebih Ringan

Dari berbagai indikator perbandingan, terlihat bahwa memang Chromoly lebih unggul dibandingkan dengan Hi-ten Steel. Namun hal ini dapat dikatakan wajar, mengingat harga chromoly yang relatif lebih tinggi dibanding hi-ten steel.

Baik Hi-ten steel maupun chromoly merupakan Logam yang berbahan dasar Steel/Baja yang diolah dan di treatment sedemikian rupa sehingga menghasilkan output yang sesuai kebutuhan produsen terutama jika berbicara dari segi harga. Kedua logam ini sangat populer di dunia persepedaan, karena selain harganya yang lebih murah, kekuatan dan kelenturan yang lebih baik dan memungkinkan adanya perbaikan dan modifikasi dengan sistem Las.

Sekian penjelasan singkat dari kami, semoga artikel ini berguna untuk sobatSS yang masih bertanya-tanya tentang perbedaan kedua material ini. Ingat Sepeda? Ya, SerbaSepeda.com

Halo, silahkan hubungi kami untuk info lebih lengkap

Chat Sekarang