icon-bbm

|

Info dan Lokasi Car Free Day di Luar Jabodetabek

Selain di Jabodetabek, ternyata ada beberapa kota di luar Jabodetabek yang tidak mau ketinggalan mengikuti trend Car Free Day ini, kota mana saja sih?

 Surabaya

Acara CFD di Surabaya ternyata sudah dimulai cukup lama, yaitu pada tahun 2000. Car free day di Surabaya digelar setiap hari Minggu, sejak pukul 06.00 – 09.00 WIB, di empat lokasi, yakni di Jalan Raya Darmo (1,57 km), dan Jalan Tunjungan (0,65 km) dengan total pelaksanaan masing-masing 50 kali dalam setahun. Sedangkan di Jalan Kertajaya (0,44 km) hanya 23 kali pelaksanaan, dan Jalan Jemierto (0,57 km) setiap hari Jumat mulai pukul 06.00 – 15.00 WIB

Kegiatan hari bebas kendaraan ini, di harapkan tidak hanya mampu mengurangi emisi karbon, tetapi juga menimbulka interaksi sosial seperti munculnya komunitas bersepeda yang bisa menciptakan budaya bersepeda, serta untuk memberi ruang berbagai komunitas untuk mengekspresikan keahliannya.

Yogyakarta

Di Yogyakarta sendiri, ada dua tempat yang menjadi lokasi CFD. Yang pertama yaitu di area sepanjang Jalan Malioboro yang legendaris pukul 06.00 – 09.00, yang kedua terdapat di Jalan Jendral Sudirman hingga perempatan Gose di Bantul pukul 06.00 – 09.00. Keduanya merupakan pusat kota, yang satu pusat kota dari Kota Madya Jogja, satunya pusat dari Kabupaten Bantul. Tema yang diusung adalah ‘Jogja Kreatif’. Car Free Day di Jogja ataupun Bantul menjadi salah satu sarana bagi masyarakat untuk transaksi jual beli. Ada banyak hal yang dijual disana, mulai dari makanan, pakaian, mainan anak dan berbagai hal lainnya. Ini tentu amat membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Semarang

Car Free Day Semarang ada 2 lokasi yaitu di Jl. Pemuda dan Jl. Pahlawan. Yang paling sering datangi yang berada di Jl Pahlawan. Kenapa? Karena banyak pilihan kegiatan mau apa saja di sana dan lokasinya berdekatan dengan Simpang Lima Semarang. Anda bisa parkir di area Taman Menteri Supeno atau Taman KB Semarang. Dari Taman ini nanti sebelum memasuki area Jl. Pahlawan, akan disambut puluhan penjual makanan, cemilan, asesoris dan lainnya.

Banyak yang bisa dilakukan di area Taman – Jl Pahlawan – Simpang Lima Semarang. Mulai dari belanja-belanja, hunting foto, hunting kuliner, ikutan senam, jalan santai, bagi yang punya anak kecil bisa menyewa mobil-mobilan, berfoto dengan para robot dan berkumpul dengan komunitas-komunitas penyayang hewan.

Bandung

Saat di Bandung, pastikan anda bisa mampir ke Car free day Bandung. Satu tujuan wisata Bandung yang menarik bagi banyak orang, baik itu warga Bandung sendiri hingga para wisatawan yang sedang liburan akhir pekan di Bandung.

Kegiatan ini diadakan setiap hari Minggu pagi, mulai dari jam 06.00 hingga sekitar jam 10.00 WIB. Sepanjang jalan Dago akan ditutup dan bersih dari kendaraan bermotor seperti mobil, angkot, bus, hingga sepeda motor. Jalan Dago akan digunakan khusus bagi warga yang ingin menikmati jalan kaki dan kegiatan lainnya seperti olahraga sepeda, senam pagi hingga skateboard.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi tingkat polusi yang tinggi di kota besar seperti Bandung. Walaupun belum sempurna, tetapi semua keberhasilan memerlukan langkah awal.Kota yang dapat julukan Paris Van Java ini mengadakan CFD di dua lokasi saja, yaitu Jl Dago dan Jl Merdeka. Anda bisa jogging, bersepeda atau sekedar duduk-duduk menikmati CFD.

Malang

Pertama kali CFD diadakan pada tanggal 18 Desember 2011 dan terus berlanjut hingga dijadikan agenda rutin setiap Minggu untuk menghabiskan akhir pekan. Car Free Day diadakan di sepanjang jalan raya Ijen (baca Ijen Boulevard). Kegiatan ini dimulai dari pukul 05.30 sampai 10.00, tetapi jam-jam padatnya berada di antara pukul 06:00-09:00 WIB.

Momen ketika pembukaan Car Free Day Malang sangatlah spektakuler, karena berhasil memecahkan rekor MuRI dengan rekor pemeriksaan kesehatan terbanyak dengan 20.000 orang dan 1.000 tenaga medis pada 18 Desember 2011 lalu, dengan jumlah pasien yang tercatat menembus angka 45.000 orang lho. Tempat ini juga menjadi berkumpulnya berbagai komunitas di Kota Malang, diantaranya ada komunitas sepeda onthel, skateboard, free style BMX, cosplay /superhero, mahasiswa, fotografi, pecinta reptile dan binatang langka, dll. Komunitas-komunitas tersebutsangat suka berkumpul ketika CFD karena areanya luas, indah, nyaman, aman, dan tentunya banyak pengunjung yang dapat menyaksikan aktivitas mereka. Selain itu juga disediakan panggung kecil yang digunakan untuk sarana hiburan dan berbagai pertunjukan yang ada seperti Tari Topeng khas Malangan, bantengan, jaranan, dll.

Tapi tujuan utama selain jalan-jalan, bersepeda, olahraga, cek kesehatan, dan mengunjungi komunitas, banyak warga Malang datang ke pasar minggu untuk berbelanja. Pemkot Malang menetapkan strategi Car Free Day Malang ini sebagai sarana bisnis para pedagang atau UKM lokal untuk mengenalkan dan menjual produknya di satu tempat yang memiliki banyak pengunjung.

Anda bisa memanfaatkan CFD untuk berolahraga loh. Biar seru dan asyik, Anda bisa mengajak keluarga, teman, atau pacar. Dijamin hari libur tambah menyenangkan!

Bagaimana dengan kotamu? share di comment ya!

Sumber :