icon-bbm

|

Info dan Lokasi Car Free Day di Jabodetabek

Car Free Day Adalah salah satu campaign untuk mencegah global warming atau polusi udara yang berlebihan sehingga melampaui batas aman, mungkin di kota-kota metropolitan lainnya sudah berlomba-lomba untuk mengadakan kegiatan Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor tanpa terkecuali di Indonesia. Berikut Serba Sepeda rangkum lokasi Car Free Day di Jabodetabek.

Jakarta

Kota Jakarta sebagai sebuah kota metropolitan yang memiliki lalu lintas jalan raya yang sangat padat ini baru mengawalinya pada tahun 2001, saat itu di Jalan Imam Bonjol. Bak gayung bersambut, setahun kemudian event ini mulai rutin diadakan setiap hari Minggu sepanjang Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman dari jam 6.00 hingga 11.00. Tepatnya dimulai dari simpang Harmoni, mulai dari halte sentral Trans Jakarta, sampai patung Pemuda Membangun di Senayan, sejauh 8.4 kilometer.

Biasanya pusat keramaian ada di bundaran Hotel Indonesia, bundaran monas dan sekitar monas. Untuk lahan parkir bisa menggunakan stadion GBK Senayan, Gedung FX atau Kawasan SCBD. Untuk pengguna kendaraan mobil, bisa parkir di IRTI Monas.

Bogor

Kawasan Jalan Sudirman menjadi jalur hari bebas kendaraan di Bogor. CFD ini berlangsung selama tiga jam mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB pada setiap hari minggunya. Dengan adanya CFD ini, kendaraan yang datang dari arah Jalan Ahmad Yani akan dialihkan ke Jalan RE Martadinata lalu belok kiri (sebelum Polsek Bogor Tengah) menuju Jalan Abesin hingga keluar di Jalan Pengadilan, Pasar Anyar dan Jalan Kapten Muslihat.

Lokasi CFD di Jalan Sudirman memiliki panjang jalan sekitar 1.303 meter, juga punya banyak alternatif tempat parkir, Untuk lahan parkir silakan gunakan Pusdikzi melalui Pintu Masuk seberang Indamaret Air Mancur. Warga juga bisa memanfaatkan berbagai fasilitas olahraga yang ada di Lapangan Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) dan Museum PETA.

kendaraan bermotor dilarang masuk kawasan CFD, begitu juga pedagang tidak diperbolehkan beraktivitas di badan jalan, trotoar dan taman. Pedagang hanya boleh berjualan makanan dan minuman di halaman ruko atau rumah yang sudah diizinkan pemiliknya.

Depok

Saat ini kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day untuk wilayah Kota Depok berada di dua titik penyelenggaraan setiap hari minggunya, yaitu di CFD Grand Depok City  dan Universitas Indonesia yang kegiatannya sudah berjalan pada setiap hari minggunya, pukul 06.00 – 09.00. Untuk Anda yang ingin datang bisa menggunakan commuterline dan turun di stasiun Universitas Indonesia ataupun juga di Stasiun Pondok Cina. Selain di kawasan kampus UI, CFD di depok juga dilaksanakan di Perumahan Grand Depok City, track yang terdapat disini juga lumayan panjang. Bagi Anda yang ingin CFD disana bisa menggunakan commuterline dan turun di stasiun Depok Lama dan Berjalan Sedikit ke arah Perumahan GDC atau bisa disebut juga dengan kota kembang. Namun bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi bisa parkir di ruko Grand Depok City, atau di parkiran Universitas Indonesia.

Tangerang Selatan

Melanjutkan tren positif yang dimulai jakarta tiap minggu ini,  Tangerang selatan juga menggelar event Car Free Day serupa yang diadakan tiap minggu, walaupun masih dibilang kecil dan waktu yang tak selama seperti di Jakarta, CFD Bintaro ini mulai mendapat perhatian warga sekitar walau aksi ini hanya berlangsung selama kurang lebih 3 jam dari jam 06.00 – 09.00 di kawasan Jl. Boulevard Bintaro Jaya. Setidaknya aksi ini juga sebagai kontribusi warga tangsel untuk mengurangi dampak dari pemanasan global.

Karena waktunya yang cukup sedikit hanya sekitar tiga jam, jadi mulai jam 09.00 kendaraan bermotor mulai lalu lalang di jalur utama bintaro ini, tapi bagi para pesepeda atau para pelari tak perlu khawatir, karena jalanan di bintaro ini tersedia jalur yang terpisah yang berada di pinggir jalan sepanjang jalan utama, keren kan.

Dilengkapi juga dengan tali sling pelindung agar para pemotor tidak bisa masuk ke jalur ini tentunya, juga dilengkapi dengan pembatas di setiap mulut jalur sepeda dan pejalan kaki ini. Sayangnya jalur ini kurang lengkap dengan jalur yang dikhususkan para penyandang disabilitas, semoga kedepannya akan ditambah. Jadi, walaupun tidak ada CFD pun para pesepeda, pelari maupun pejalan kaki tetap dapat berolahraga setiap hari di jalur ini.

Bekasi

Di Kota Bekasi Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor dipusatkan di Jalan Ahmad Yani sampai Summarecon, setiap hari Minggu, pukul 06.00 – 10.00. Untuk lahan parkir juga tak perlu khawatir, terkadang  gedung – gedung di sepanjang CFD juga di manfaatkan sebagai lahan parkir, bisa juga di sepanjang jalan masuk dan keluar gedung atau juga di halaman gedung. Jika masih kurang kawasan GOR juga di manfaatkan menjadi lahan parkir.

Saat CFD juga ada beberapa layanan seperti Samsat Car Free Day persis di depan kantor Samsat yang dibuka dari pukul 6.00 sampai 10.00. Samsat Car Free Day akan mempermudah masyarakat Kota Bekasi dan sekitarnya yang sedang menikmati suasana Car Free Day dapat melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor.

Ada beberapa komunitas yang menjadikan CFD sebagai tempat kumpul dan unjuk kreativitas. Tidak ada salahnya mencoba bergabung sebagai alternatif hiburan warga Kota Bekasi.

Di Kota Bekasi ada tiga tempat yang dijadikan sebagai area Car Free Day, yakni Taman Galaxi, Harapan Indah, dan Jalan Ahmad Yani.

Sumber :

https://www.infocarfreeday.net/

https://www.kompasiana.com/kevinalegion

https://myeatandtravelstory.wordpress.com

http://jabar.pojoksatu.id/bogor

https://www.kompasiana.com/gusdiditbekasi/

Artikel Terkait