icon-bbm

|

Jenis Roadbike Berdasarkan Kebutuhan

Roadbike sebenarnya merupakan sepeda yang memang dirancang untuk dipakai melaju di atas aspal mulus. Sepeda ini seringkali digunakan untuk keperluan perlombaan sepeda cepat, dan untuk bersepeda dengan trek panjang sampai puluhan kilometer. Berikut tiga jenis roadbike yang perlu sobat ketahui agar cocok dengan kebutuhan.

1. Tipe competitive road yang sangat cocok digunakan untuk balapan

3 Jenis Roadbike Berdasarkan Pada Kebutuhan Pengendaranya!

Tipe competitive road adalah tipe yang memang dirancang khusus untuk keperluan balapan. Hal ini karena bentuknya yang sangat aerodinamis, sangat efektif dalam membelah angin. Selain itu, sepeda ini juga memiliki bobot yang ringan. Tentu sangat memudahkan saat hendak memacu kecepatan sampai pada kecepatan maksimal.

Desain frame terbilang unik dan tentu saja melalui riset berbasis teknologi. Karena memang di desain untuk perlombaan, kecepatan adalah hal yang utama disini. Untuk mendapat kecepatan yang tinggi, maka bentuk dari sepeda harus aerodinamis. Lalu desain dari rangkanya dibuat tipis, velg yang digunakan juga lebar, semuanya dibuat agar mengurangi hambatan angin. Bahkan pada kondisi yang tertentu, dipasang wheel dop pada sepeda ini di bagian ban belakang.

Karena bentuknya yang disesuaikan dengan posisi tubuh saat membelah angin pada kecepatan yang tinggi, saat mengendarai sepeda ini posisi tubuh sobat akan menjadi steady. Posisi tubuh saat menggunakan sepeda ini memang kurang nyaman untuk pengendara pemula.

3 Jenis Roadbike Berdasarkan Pada Kebutuhan Pengendaranya!

Secara umum kategori ini berbicara tentang kecepatan, sepeda yang didesain untuk memaksimalkan kecepatan. Pada level paling tinggi, sepeda dalam kategori ini biasanya didedikasikan untuk race atau kompetisi.

Pada kategori Race/Performance, geometri rangka sepeda didesain lebih agresif. Desain frame terbilang unik dan tentu saja melalui riset berbasis teknologi. Frame didesain untuk membentuk posisi berkendara lebih menunduk, sehingga akan memaksa rider mengurangi melawan angin. Konsekuensi posisi riding seperti itu menyebabkan kenyamanan berkurang, dan tidak nyaman untuk pengendara pemula. Secara fisik, desain frame ditandai dengan headtube length yang lebih pendek dan top-tube angle yang lebih rendah (lebih horisontal). Pada tipe hi-end, sepeda ini ditandai dengan berat yang ringan dan mahal! Beberapa road bikes terbaik biasanya memiliki berat dibawah 6,8 kg.

2. Tipe endurance road yang sangat cocok untuk keperluan bersepeda jarak jauh

3 Jenis Roadbike Berdasarkan Pada Kebutuhan Pengendaranya!

Endurance roadbike didesain bagi pengendara yang lebih menyukai tipikal berkendara relax, durasi bersepeda yang lama hingga berjam-jam di atas sadel, bahkan menghabiskan ratusan KM melahap aspal. Geometri didesain supaya posisi pengendara lebih tegak untuk mengupayakan kenyamanan. Secara fisik, desain frame biasanya ditandai dengan derajat top-tube angle yang lebih tinggi dan head-tube length lebih panjang.

Jenis sepeda ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat meminimalisir goncangan saat melintasi jalanan dengan permukaan yang tidak rata. Pada bagian ban terlihat lebih ramping dan berbeda dengan ban yang digunakan pada tipe competitive road.

3 Jenis Roadbike Berdasarkan Pada Kebutuhan Pengendaranya!

Pada tipe endurance road ini, ban dibuat lebih ramping dan tipis agar memaksimalkan ketahanan serta kenyamanan pengguna saat melakukan long touring atau bersepeda dengan jarak tempuh yang jauh. Tipe endurance road ini juga sering digunakan untuk keperluan balapan, tapi balapan dengan trek jarak jauh. Walau pada kecepatan tinggi sekalipun berkat desain frame yang inovatif, pengendara akan tetap merasa rileks.

3. Tipe universal, sepeda multifungsi yang dapat digunakan untuk bersepeda di kota ataupun untuk keperluan berpetualang (off-road)

3 Jenis Roadbike Berdasarkan Pada Kebutuhan Pengendaranya!

Tipe yang ketiga ini adalah tipe yang banyak disukai orang. Semua kalangan dapat memakai sepeda ini. Dengan desain yang mengedepankan aspek multifungsi menjadikannya sebagai sepeda yang dapat digunakan untuk bersantai, berpetualang, atau sekadar sebagai alat transportasi perkotaan.

Ciri khas dari road bike tipe ini adalah pada model setangnya yang telah diperbaharui dari bentuk drop handle menjadi flat handle. Contoh roadbike yang termasuk dalam tipe universal antara lain cyclocross bike atau sering juga disebut dengan sebutan gravel road.

Pada sepeda jenis cyclocross bike, menggunakan ban tebal dan bergerigi untuk memudahkan pengoperasian di jalan yang tidak rata atau berbatu. Selain pada bagian ban, ciri umum dari tipe universal ini adalah pada bentuk frame dan posisi setang yang dibuat tinggi.

Setelah menyimak ulasan di atas, apakah sobat sudah menentukan roadbike tipe mana yang akan sobat beli?

Sumber :

Artikel Terkait