icon-bbm

|

Jenis Jenis Shifter Sepeda Gunung

Shifter sepeda adalah bagian penting dari sistem transmisi yang berupa tuas untuk memicu pemindahan gigi pada sepeda, dengan rasio gigi lebih dari satu. Biasanya shifter  sepeda terdapat pada bagian kokpit sepeda. Jenis shifter dibagi menjadi 3, yaitu jenis umum shifter, jenis shifter berdasarkan cara mengoprasikannya, dan jenis shifter berdasarkan kesatuan dengan tuas rem. Apa saja sih bedanya?

Jenis umum shiter

  1. Friction shifter

Friction shifter adalah shifter yang menggunakan sistem manual atau feeling. Pemakaiannya lebih sulit karena pengguna harus mengandalkan feeling dalam melakukan shifting sebab shifter tidak memiliki posisi yang tetap dalam menentukan posisi gear. Friction shifter digunakan pada sepeda model lama dengan harga yang cukup murah.

  1. Index shifter

Berbeda dengan friction shifter, index shifter terdapat indikator pada sistem transmisinya dan berhenti secara presisi (ditandai dengan “click”) di tiap posisi gear, sehingga membuat penggunaan pada shifter ini lebih mudah. Digunakan pada sepeda model saat ini dengan harga yang bervariasi. Shifter jenis index paling umum digunakan saat ini.

Jenis shifter sepeda berdasarkan cara mengoprasikannya

Ada beberapa jenis shifter berdasarkan cara mengoprasikannya, yaitu Revo Shifter, Thumb Shifter, Rapidfire Plus Shifter, dan Dual Control Shifter. Penamaan shifter ini diberikan oleh Shimano.

  1. Revo Shifter

Revo shifter atau disebut juga grip shifter ini menyatu bersama handgrip, mirip handle gas pada kendaraan bermotor. Cara kerjanya yaitu dengan memutar grip ini ke dalam pada indeks yang diinginkan untuk menaikkan posisi gigi, dan sebaliknya memutar kearah luar ke arah indeks yang diinginkan untuk menurunkan posisi gigi. Biasanya grip ini digunakan pada tipe sepeda low-end merk Shimano, hingga high-end merk Sram.

  1. Thumb Shifter

Thumbshifter ini terpasang di bagian atas handlebar. Sesuai dengan namanya, cara kerjanya adalah menekan shifter ini dengan jari jempol ke arah angka indeks yang diinginkan untuk menaikkan posisi gigi, dan sebaliknya menariknya dengan jari telunjuk ke arah indeks yang diinginkan untuk menurunkan posisi gigi. Thumb shifter umumnya digunakan di sepeda lipat low end.

  1. Rapid Fire Plus Shifter

Rapid fire plus Adalah jenis shifter yang letaknya berada di bawah handlebar. Berbeda dengan shifter yang lain, ada dua handle pada jenis shifter ini. Pengoprasiannya menggunakan jari jempol untuk tuas bawah, dan telunjuk untuk tuas atas. Dengan sekali tekan pada handlenya maka akan dapat menurunkan gigi hingga 3 gigi sekaligus. Khusus untuk level Shimano Altus ke atas, sudah menggunakan teknologi two-way release, yaitu tuas dapat ditarik maupun didorong. Biasa shifter ini lebih mahal dan digunakan pada jenis sepeda middle-up. Sesuai dengan harga, tentu jenis shifter ini lebih kuat dan tahan lama dalam pemakaiannya.

 

  1. Dual Control Shifter

Sesuai dengan namanya, shifter ini memiliki dual control. Tuas sebagai penggerak shifter tergabung dengan handle rem. Agak sulit untuk penggunaannya dan butuh penyesuaian khusus. Ditujukan untuk mempermudah control posisi gear pada sepeda yang dianggap hampir perlu selalu menggengam handle rem.

Namun saat ini dual control shifter sudah lumayan jarang ditemui. Penggunaan nya dengan menekan handle rem ke bawah untuk menaikan gigi, sedangkan dengan tombol release untuk menurunkan gigi. Shifter ini juga dikenal dengan istilah shifter “tabok”.

Jenis shifter sepeda berdasarkan kesatuan dengan tuas rem

Jenis shifter juga dibagi berdasarkan kesatuan dengan tuas rem atau biasa disebut brake lever, yaitu:

  1. Shifter include handle brake (Combo Shifter)

Bentuk shifter ini tergabung dengan handle rem dan umumnya digunakan pada sepeda low-end. Harganya lebih murah namun bobotnya lebih berat. Juga terkadang menjadi kesulitan tersendiri jika ingin upgrade atau terjadi kerusakan salah satu komponen (baik rem maupu shifter).

  1. Shifter Lever (terpisah)

Bentuk shifter ini tidak menyatu dengan handle rem dan paling umum digunakan pada semua jenis sepeda menengah keatas. Shifter model seperti ini memudahkan penggunanya jika perlu upgrade atau mengganti komponen (baik rem maupun groupset).

 

Halo, silahkan hubungi kami untuk info lebih lengkap

Chat Sekarang