icon-bbm

|

Macam Macam Shifter Sepeda Gunung

Shifter adalah alat berupa tuas yang digunakan untuk memicu pemindahan gigi pada sepeda MTB atau sepeda lain dengan rasio gigi lebih dari satu. Ada beberapa jenis shifter yang beredar di pasaran. Jenis shifter tersebut yaitu Thumb Shifter, Grip Shifter, Rapidfire Shifter, dan Brakelever Shifter. Penjelasan dan gambar detailnya adalah sebagai berikut :

1. Thumb Shifter

Adalah Shifter jenis pertama kali yang muncul di pasaran. Shifter ini terpasang di bagian atas handlebar seperti yang dapat kita lihat pada sepeda-sepeda tahun 1980-an. Cara kerjanya adalah dengan menekan shifter ini dengan jari jempol ke arah angka indeks yang diinginkan untuk menaikkan posisi gigi, dan sebaliknya menariknya dengan jari telunjuk ke arah indeks yang diinginkan untuk menurunkan posisi gigi.

Thumb Shifter

 

2. Grip Shifter

Grip shifter ini menyatu bersama handgrip, mirip handle gas pada kendaraan bermotor. Cara kerjanya adalah dengan memutar grip ini ke dalam pada indeks yang diinginkan untuk menaikkan posisi gigi, dan sebaliknya memutar kearah luar ke arah indeks yang diinginkan untuk menurunkan posisi gigi.

Grip Shifter

 

3. Rapid fire Shifter

Adalah jenis shifter yang paling populer dimana letaknya berada di bawah handlebar. Lain dengan shifter yang lain, ada dua handle pada jenis shifter ini. Handle untuk menaikkan gigi ada di bagian bawah sebaliknya untuk menurunkan poisisi gigi handle ada dibagian atas. Untuk handle bawah shifter pemindah gigi belakang, dengan sekali tekan pada handlenya maka akan dapat menaikkan gigi hingga 3 gigi sekaligus. Sementara untuk handle bawah shifter pemindah gigi depan, dengan sekali tekan hanya dapat menaikkan 1 gigi saja. Sebaliknya untuk handle atas dengan sekali menekan akan turun 1 gigi saja untuk shifter depan dan belakang.

Rapid fire Shifter

 

4. Brake Lever Shifter

Pada dasarnya ini juga merupakan tipe Rapidfire Shifter, bedanya adalah bahwa handle shifter-nya menyatu dengan handle rem. Cara kerjanya adalah dengan menarik tuas shifter bagian depan untuk menaikkan posisi gigi dan sebaliknya, mendorong tuas shifter bagian bawah untuk menurunkan posisi gigi.

Brake Lever Shifter

Sumber : onakduri.wordpress.com

 

Artikel Terkait