icon-bbm

|

Membakar Lemak Perut Dengan Bersepeda

Kini bukan hanya olahraga lari yang sedang tren di kalangan masyarakat Indonesia, tapi olahraga bersepeda juga sudah menjadi pilihan gaya hidup bagi sebagian orang. Salah satu contohnya Anda bisa melihat saat ini banyak orang lebih memilih mengendarai sepeda untuk menuju tempat aktivitasnya seperti kantor di pagi hari atau berolahraga sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin pada hari Minggu. Bersepeda bisa menjadi olahraga pengganti lari yang menyehatkan dan baik untuk membakar lemak perut. Bila Anda memiliki masalah berat badan yang berpusat pada perut yang buncit, olahraga sepeda bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan.

Ada sebagian orang yang yang beranggapan jika cara untuk membakar lemak perut memerlukan latihan fisik yang intens seperti latihan sit-up. Padahal nyatanya, walaupun sit-up berguna untuk membangun otot di perut, namun sit-up masih kurang  untuk upaya membakar lemak perut.

Membakar lemak perut dengan bersepeda tidak akan terasa sulit karena olahraga bersepeda adalah aktivitas yang menyenangkan. Meskipun saat melakukan olahraga bersepeda, otot perut tidak begitu bekerja sekeras otot kaki, tapi kayuhan yang dihasilkan ketika bersepeda bisa membakar lemak. Olahraga sepeda yang dilakukan secara intensif dengan kecepatan yang sama bisa juga memperbaiki sistem kerja jantung Anda agar tetap stabil dan memperlancar sistem peredaran darah.

Dengan bersepeda dalam waktu hanya 30 menit, Anda sudah bisa membakar kurang lebih 300 kalori. Sebagai bentuk latihan aerobik, bersepeda melibatkan gerakan yang berulang terhadap otot-otot besar di bagian bawah tubuh. Saat bersepeda, Anda menggunakan otot terbesar dan terkuat yang Anda punya yaitu otot-otot glueteal. Dengan melatih otot-otot besar bukan hanya bisa meningkatkan respirasi dan detak jantung, tapi juga bisa membuat paru-paru bekerja lebih keras guna mengumpulkan oksigen lebih banyak. Selain itu, hati juga akan melepaskan lebih banyak glikogen dan asam lemak bebas sebagai bahan bakar untuk otot-otot. Hal inilah yang membuat proses pembakaran lemak pada perut menjadi lebih cepat.

Meskipun demikian, langkah yang paling efektif untuk membakar perut adalah dengan menggabungkan olahraga bersepeda dengan diet yang sehat. Sebaiknya sebelum dan sesudah bersepeda, jangan lupa minum air putih yang cukup supaya tubuh tidak kekurangan cairan. Anda juga perlu memastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein rendah lemak agar membantu meningkatkan massa otot.

Bila olahraga sepeda yang Anda lakukan berlangsung lebih dari satu jam, sebaiknya Anda membawa minuman olahraga yang bisa mengisi elektrolit seperti natrium, kalsium, kalium, bikarbonat, magnesium, klorida, hidrogen fosfat, karbonat hidrogen, dan karbohidrat yang hilang selama latihan bersepeda.
Sumber ;
kumparan.com
www.idntimes.com

Artikel Terkait