icon-bbm

|

Mengenal Bagian – Bagian Frame Sepeda dan Ukuran Parts yang digunakan

Frame Sepeda merupakan gabungan antara tubing-tubing yang dibentuk sedemikian rupa agar dapat dipasang parts dengan spesifikasi tertentu dan untuk menghasilkan fungsi atau pola berkendara tertentu. Namun mungkin bagi para pemula di dunia persepedaan pasti cukup asing dengan istilah – istilah yang ada pada sepeda. Untuk awal-awal kami coba memberikan pengetahuan bagian-bagian pada frame sepeda terutama mengenai ukuran – ukuran dan compabilitynya ya sobatSS.

Bagian frame sepeda secara umum.

HEADTUBE
Headtube merupakan tabung vetrikal yang berfungsi sebagai pusat kendali sepeda. karena pada headtube akan disematkan bearing steer atau yang dikenal dengan istilah headset, yang kemudian akan dipasang fork (garpu depan) dan steering/kokpit (stang dan stem).

Komponen utama yang berkaitan dengan headtube adalah fork dan headset. Antara head tube, headset dan fork steertube dipastikan harus sesuai ya sobatSS. Berikut kami berikan ukuran-ukuran head tube di frame sepeda pada umumnya.

Dan masih banyak lagi ukuran-ukuran lainnya ya sobatSS. Terkadang satu brand memiliki ukuran headset yang tidak sama atau tidak umum dijumpai.

TOPTUBE
Seperti namanya, top tube merupakan tabung bagian atas pada frame yang menghubungkan head tube dengan seat tube. Tidak ada parts yang terpasang pada toptube, biasanya hanya cable routing. Pada sepeda MTB trail modern, semakin panjang toptube diartikan sebagai control dan handling yang stabil.

DOWNTUBE

Down tube merupakan tabung bagian bawah yang menghubungkan antara headtube dan bottom bracket shell. Downtube biasanya tidak ada parts yang terpasang secara langsung, kecuali bottle cage dan routing cable.

SEAT TUBE

Seat tube adalah tabung tempat masuknya tiang duduk atau seatpost. Ada beberapa parts yang terhubung langsung ke seat tube, seperti seatclamp, seatpost, FD (Clamp Mount). Untuk seatpost, diameter dalam seat tube harus sama dengan diameter dalam seatpost. Ukuran pada umumnya adalah :

  • 25.4 mm
  • 27.2 mm
  • 30.9 mm
  • 31.6 mm
  • 33.9 mm

Dan masih ada beberapa ukuran lainnya.

Sedangkan untuk seatclamp dan diameter FD clamp, diukur dari lingkar luar seat tube, ukuran pada umumnya adalah :

  • 28.6 mm untuk seatpost 25.4 mm
  • 31.8 mm untuk seatpost 27.2 mm
  • 34.9 mm untuk seatpost 30.9 mm
  • 35.6 mm untuk seatpost 31.6 mm
  • 40.9/41mm untuk seatpost 33.9 atau 34.9 mm

Semua ukuran ini juga hanya ukuran secara umum ya sobatSS, masih banyak ukuran lainnya.

BOTTOM BRACKET SHELL

Bottom bracket sheel adalah pusat tekanan dan poros putar transmisi sepeda. sesuai namanya tabung ini berfungsi sebagai “rumah” bagi bottom bracket. Berikut contoh beberapa jenis BB shell dan kaitan nya dengan jenis crank dan BB yang digunakan :

SEATSTAY

Seatstay adalah tabung bagian belakang atas yang menghubungkan antara seatpost dan rear end. Secara umum biasanya tidak ada parts khusus yang menempel di seatstay kecuali rem V Brake dan U Brake. Biasanya yang menempel di seatstay adalah rack atau boncengan belakang.

CHAINSTAY

Seuai namanya, tabung yang satu ini menghubungkan antara BB shell dengan rear end. Karena dekat dengan rantai makanya populer dengan istilah chainstay. Chainstay sendiri biasanya tidak terkait dengan parts lainnya, hanya saja beberapa spesifikasi chainstay memungkinkan rider menggunakan ban yang lebih lebar.

REAR-END / DROPOUT

Rear-end atau dropout adalah tempat menempelnya AS roda belakang. Untuk sepeda multispeed, rear-end biasanya dilengkapi RD hanger atau anting RD.

Ada beberapa jenis ukuran rear-end terkait dengan ukuran hub belakang yang digunakan, diantaranya :


Nah itu dia pembahasan singkat mengenai bagian-bagian pada frame sepeda dan keterkaitannya dengan ukuran parts pendukung. Semoga bermanfaat ya sobatSS.

Artikel Terkait

Halo, silahkan hubungi kami untuk info lebih lengkap

Chat Sekarang