icon-bbm

|

Mengenal Jenis Pedal Sepeda

Pedal merupakan bagian komponen sepeda, yang berfungsi sebagai alas tumpuan kaki saat mengayuh sepeda. Tak hanya sebatas bagian komponen sepeda yang berfungsi sebagai pijakan, pedal ikut mengambil peranan penting sebagai bagian untuk mengayuh sepeda. Semakin banyaknya pabrikan yang berinovasi menciptakan sebuah pedal dengan ragam, bahan, serta model dengan warna-warni yang menarik. Di tengah kebingungan Kita untuk memilih beragam pedal yang beredar di pasaran, oleh karena itu sobat SS perlu mengetahui pedal yang tidak hanya sekedar matching, pedal pun harus sesuai serta nyaman ketika digunakan. Berikut jenis-jenis pedal yang sesuai dengan kegunaannya.

PEDAL FLAT

Pedal flat merupakan jenis pedal yang memiliki beragam bentuk, ada yang tebal dan tipis. Dengan permukaan rata dan biasanya selalu diberikan paku-paku kecil dipermukaannya, yang berfungsi agar sepatu tidak licin saat Anda mengayuh sepeda di medan on road maupun off road Kebanyakan pedal jenis ini digunakan pada jenis lintasan off road, karena lintasan tersebut memiliki banyak permukaan berbatu, tanah lembab dan terkadang berlumpur. Untuk menghindari lepasnya kaki terhadap pedal akibat lintasan yang basah, pedal flat adalah solusinya.

PEDAL CLEAT

Dalam menggunakan pedal cleat harus diawali dengan latihan khusus. Para pesepeda harus sudah terbiasa dalam mengunakannya, karena bisa mengancam keselamatan dalam bersepeda. Dengan bentuk yang tidak terlalu besar dan lebih sederhana bentuknya, pedal cleat cukup mengurangi bobot sepeda. Pedal cleat sendiri dibagi menjadi dua jenis, pedal road bike dan MTB pedal.

PEDAL CLEAT ROAD BIKE

Pedal yang diciptakan berkaitan dengan sepatu sepeda khusus ini, memiliki fungsi membantu kinerja kaki pesepeda lebih maksimal dalam mengayuh sepeda. Terlebih ketika melalui lintasan yang memaksa kita menggunakan teknik pedaling dengan benar. Sepatu khusus untuk pedal ini dilengkapi komponen yang menempel di alas sepatu yang seketika akan mengunci satu sama lain. Dengan keadaan sepatu dan pedal yang saling mengunci akan sangat membantu saat pesepeda mengayuh, tidak akan ada moment mengayuh yang hilang, hingga tenaga pun tak terbuang sia-sia.

PEDAL CLEAT MTB

Pada dasarnya fungsi pedal MTB cleat ini sama dengan jenis pedal road bike cleat, hanya saja bentuk dan ukuran cleat berbeda. Pedal cleat pada sepeda MTB lebih bervariasi, dari bentuk yang kecil sampai ada yang menyerupai pedal cleat. Dalam bersepeda yang mempunyai variasi lintasan tanjakan serta turunan terjal, penggunaan pedal Cleat harus lebih diperhatikan lagi. Alih-alih memaksimalkan namun malah akan membahayakan penggunanya.

PEDAL TOE CLIPS

Pedal  toe clips merupakan jenis pedal yang memiliki tali dengan strap pengunci di sisi bagian luar pedal, tali tersebut mengelilingi seluruh bagian pedal. Saat ini pedal dengan tipe tersebut banyak digunakan oleh sepeda berjenis Fixie. Tali dengan strap pengunci  berfungsi agar posisi kaki tetap berada di atas permukaan pedal, agar tidak licin saat mengayuh sepeda. Pedal toe clips tidak memerlukan sepatu khusus dalam penggunaannya, namun harus tetap dengan latihan khusus terlebih dahulu.

Memilih pedal yang disesuaikan dengan jenis sepeda dan lintasan yang akan dilalui, menjadikan Anda lebih mudah serta tak salah memilih ketika dihadapkan dengan beragam jenis serta warna pedal di pasaran. Terlebih konsumsi pedal sendiri dapat menyesuaikan dengan warna sepeda kesayangan Anda.

Artikel Terkait