icon-bbm

|

Mengenal Ragam Travel Fork Sepeda Gunung

Mungkin banyak yang sering mendengar kata Travel pada fork sepeda. Lantas apa yang dimaksud travel? Travel adalah jarak kompresi pada stanchion (kaki) sebuah fork. Travel sangat berguna pada kedudukan fork, untuk memantulkan daya pegas. Travel sendiri biasa disingkat dengan hanya huruf T pada spesifikasi sepeda.

Mengenal Ragam Travel Fork Sepeda Gunung 1 Mengenal Ragam Travel Fork Sepeda Gunung 2

Fork atau garpu sepeda menjadi salah satu komponen penting pada sebuah MTB. Komponen yang menyangga roda depan ini sangat bermanfaat untuk meredam setiap benturan yang terjadi antara ban depan dan permukaan lintasan. Untuk itu pula, semua fork MTB dilengkapi fitur suspensi.

Fork atau garpu pada sepeda MTB memang tampak sama, padahal sebenarnya tidaklah demikian. Bila ditelusuri lebih jauh, fork MTB memiliki ukuran travel yang beragam. Travel adalah jarak maksimum kompresi. Jarak travel sendiri dapat mempengaruhi gaya berkendara seorang rider dan yang lebih penting, adalah tingkat keamanan seorang rider.

Panjang pendeknya travel fork juga akan berpengaruh pada :

  • Tinggi rendahnya handlebar
  • Kenyamanan
  • Kestabilan
  • Kecepatan/speed

Semakin panjang travel fork, maka handlebar akan semakin tinggi, semakin nyaman dan stabil. Namun memaksakan fork travel tinggi demi penampilan terlihat gagah dan melampaui standar yang ada, akan membuat rearshock bekerja terlalu berat. Akibatnya rearshock cepat rusak, bahkan yang fatal bisa sampai berakibat frame patah. Untuk lebih jelasnya ini beberapa ukuran fork dan peruntukannya :

  • 80mm, 100mm, 120mm masih dikategori XC (cross country)
  • 120mm, 130mm, 140mm, 150mm dikategorikan sebagai Trail/AM (All Mountain)ringan
  • 150mm, 160mm, 170mm sebagai All Mountain serius.
  • 170mm keatas masuk kategori Freeride/Downhill

Saat ini, terdapat banyak pilihan dari berbagai merek maupun produsen. Setiap produsen juga memiliki ukuran yang berbeda pada fork yang dibuatnya. Namun, perbedaan tersebut mungkin sangat tipis.

Fork XC
Fork XC memiliki jarak travel yang beragam dan setiap pabrikan bisa memberikan jarak travel yang berbeda. Tapi secara umum, fork jenis ini memiliki jarak travel mulai dari 80 hingga 120 mm.

SR Suntour misalnya, memiliki jarak travel mulai dari 80 hingga 120mm. Fox memiliki travelĀ  100 dan 120mm. Sementara Rockshox menawarkan fork dengan travel yang sama dengan Suntour.

Trail
Fork Trail memiliki travel yang lebih panjang dari XC. Di Suntour, fork trail memiliki travel yang berjarak antara 120 sampai 160mm dan Fox memiliki fork dengan travel 140 hingga 150mm. Rockshox, memiliki fork dengan opsi travel mulai dari 120 hingga 160mm.

All Mountain
Kategori ini mirip dengan trail. SR Suntour misalnya, memiliki travel 140 hingga 160mm dan Fox dengan jarak antara 160-180mm

Enduro
Pada genre ini, fork memiliki travel yang panjang atau mendekati fork DH. Fork besutan SR Suntour misalnya, memiliki jarak travel 160 hingga 180mm dan Rockshox dimulai dari 150 hingga 180mm.

Downhill
Fork ini memiliki travel yang paling panjang di antara genre MTB lainnya. Untuk komponen ini, Suntour memiliki fork dengan travel 180 sampai 200mm, Fox dengan 203mm, dan Rockshox dengan 200mm. Fork ini memiliki bobot yang paling berat diantara yang lainnya.

Sumber ;

  • https://sportku.com
  • http://wahyuhendrawirawan.blogspot.com
  • http://gowesermugati.blogspot.com


Artikel Terkait