icon-bbm

|

MTB 26 inci Sudah Berlalu?

Saat ini sudah bukan hal yang asing, bahwa ukuran ban sering kali menjadi bahan pembicaraan yang menarik untuk dibahas. Ukuran ban 27.5 dan 29 inci sangat populer di kalangan sepeda MTB, mulai dari pesepeda ahli yang benar-benar mengerti perbedaan fungsi ukuran ban, sampai ke pesepeda yang ikut trend ukuran ban terbaru.

Pada mulanya, kurang lebih sebelum tahun 2014, ukuran 26 masih sangat menjadi primadona di dunia MTB. Mulai dari XC sampai Downhill, semua sepeda rata-rata menggunakan ban berukuran 26 inch. Mulai tahun 2015, ukuran ban baru mulai dikenal, yaitu 650b atau 27.5 inci. sedangkan untuk 29inch memang sudah ada sebelumnya, tapi tidak terlalu populer.

Ukuran 27.5 hadir diklaim sebagai ukuran ban terbaik, dengan kelincahan ban 26 inci dan momentum power ban 29 inci. Awalnya market kurang memberikan respon yang positif terhadap ukuran ban 27.5 karena selain kurang familiar, juga parts yang masih sulit didapat. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyak merk sepeda memproduksi parts spesifik untuk 27.5 inci, menjadikan 27.5 inci sebagai standard baku yang dipakai dalam sepeda MTB secara keseluruhan.

Sedangkan untuk 29 inci, memang sejak dulu di klaim memiliki momentum, traksi dan redaman yang lebih baik. Sejak dahulu kendala satu-satu nya adalah geometri yang cenderung besar dan limbung saat dikendarai. Dengan optimalisasi geometri, menjadikan sepeda 29 inci ikut populer dalam persepedaan MTB. Lalu bagaimana dengan 26 inci? Apakah 26 inci ketinggalan jaman dan sudah kurang relevan digunakan? Berikut beberapa hal yang membuat 26 inci tetap digemari ditengah trend ukuran ban modern.

  • Harga yang relatif lebih murah

Tidak dipungkiri, dari segi harga semua parts sepeda 26 inci memang lebih murah dibanding 27.5 dan 29 inci, selain karena memang merk yang memproduksi 26 inci merupakan merek menengah kebawah. Juga barang-barang yang berkaitan 26 inci sangat banyak yang di sale karena dianggap ketinggalan jaman. Dengan harga yang minimal kita bisa mendapatkan peforma parts yang maksimal, contoh untuk wheelset roval carbon 26 inci pernah diobral sampai dengan harga 4 juta saja, sedangkan untuk 27.5 dan 29 bisa diatas 17 juta.

  • Parts masih mudah didapat

Selain murah, parts pun tidak terlalu sulit didapat, terutama parts second berkualitas, di marketplace online, banyak sekali goweser yang menjual parts 26inch berkualitas (parts high-end) dengan harga yang murah.

  • Perbedaan Peforma yang tidak terlalu signifikan

Secara spesifik, sudah banyak ahli di dunia sepeda yang melakukan penelitian mengenai perbedaan peforma secara keseluruhan antara ukuran 26, 27.5 dan 29 inci. Mulai dari peforma uphill, single track dan downhill. Pembahasan peforma sudah sangat banyak dibahas di berbagai artikel dan video youtube.

Berikut contoh tabel perbandingan antara ketiga ukuran ban tersebut :

Sumber : bikeroar.com

Dari tabel tersebut kira dapat lihat, bahwa dari beberapa aspek memang 26 inci masih memiliki beberapa keunggulan.

  • Bobot 26 masih menjadi yang teringan

Tidak dipungkiri, dari segi bobot 26 inci memang juaranya, terutama dari segi wheelset. Bobot yang ringan cukup menjadi kompensasi atas perbedaan ukuran ban. Bahkan bukan hal yang aneh jika sepeda 26 inci yang lebih ringan dapat melesat lebih cepat dan memiliki handling yang jauh lebih lincah.

Nah bagaimana menurut sobatSS? Yang masih pakai sepeda 26 inci apa masih mau bertahan? Apa sudah bosan dan ingin mendapatkan sensasi berkendara yang berbeda?  Semua kembali ke kebutuhan masing-masing pengendara, dimulai dari pola berkendara, budget dan jenis sepeda yang disukai.

Artikel Terkait