icon-bbm

|

MTB atau Road Bike?

Bersepeda adalah cara berolah raga yang sangat menyenangkan, banyak hal positif yang didapat dengan bersepeda, mulai dari tubuh yang menjadi sehat, menikmati pemAndangan, sampai wisata kuliner. Nah! karena asiknya dan sudah banyak pula yangg tergila-gila dengan bersepeda, membuat kita jadi ingin mencoba dan membeli sepeda tersebut.

Namun perlu diperhatikan lagi, jangan sampai Anda salah memilih sepeda, alih-alih ingin mendapatkan kesenangan, justru malah enggan mengunakan sepeda. Hal tersebut kerap terjadi oleh sebagian orang, terutama bagi pemula. Oleh karena itu, kami akan membahas hal-hal yang mungkin harus Anda pertimbangkan sebelum memilih dan membeli tipe sepeda.

Ada 2 jenis sepeda yang biasa ramai digunakan, dan sering terlihat berlalu-lalang di jalan, yaitu MTB (sepeda gunung), dan road bike. Jenis sepeda tersebut memang memiliki keunggulan tersendiri, hanya saja kita harus lebih sedikit memahami apa perbedaan dari jenis sepeda tersebut. Berikut adalah perbedaan nya jika dilihat berdasarkan kegunaannya.

MTB

  • Bagi Anda yang memang hobi berpetualang, melibas bebatuan, atau mungkin melalui perbukitan untuk memacu adrenalin, sepeda MTB sangat cocok untuk Anda pilih, komponen fork depan akan sangat membantu untuk meredam getaran dan rute jalan berlubang sampai berbatu. Ada beberapa tipe sepeda MTB yang juga disupport oleh suspensi belakang, sungguh sangat memanjakan penggunanya. Sementara di bagian cassette sprocket (gir belakang) didesain dengan ukuran yang besar dengan jumlah mata gir yang banyak, yang sangat memudahkan kita untuk menaklukanĀ  jalur menanjak.
  • Posisi badan lebih tegak dan lebih rileks saat dikendarai, agar memudahkan Anda dalam berkendara dan melahap medan off road. Namun karena posisi tubuh yang tegak, hal tersebut akan mengurangi sifat aerodinamis bila kita ingin menambah kecepatan saat melalui medan on road/ aspal, disebabkan oleh angin dari depan yang akan menghambat, tentunya mengurangi laju dari sepeda tersebut.
  • Jika dilihat dari ban luarnya, tentu jelas sekali diperuntukan untuk segala medan, malah mungkin beberapa tipe bannya sangat di tujukan untuk medan yang terjal. Ketebalan dan ketinggian knob (kembang ban) dari ban luar juga memberikan kenyamanan lebih untuk melewati tanah dan bebatuan. Namun karena fitur ban luar tersebut, akan memberikan hambatan jika kita menggunakannya dimedan aspal, ditambah dengan ukuran ban yang besar dan tekanan udara ban yang tidak terlalu tinggi, akan sangat mengurangi laju sepeda saat dikendarai.

Road Bike

  • Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk bersepeda, atau hanya ingin bersepeda di tengah kota dengan medan aspal, ada baiknya Anda memilih jenis sepeda ini. Dengan sepeda road bike, Anda hanya perlu 1-2 jam untuk sekadar mencari keringat dan mengolah tubuh. Jika Anda lebih ingin meningkatkan kekuatan kayuhan dan kecepatan, guna mendapatkan rekor kecepatan tertinggi dalam bersepeda, dan menjadikan hal tersebut adalah kepuasan tersendiri bagi Anda, road bike adalah pilihan yang tepat.
  • Jenis sepeda road bike juga beragam, mulai dari road bike dengan drop bar (stang yang melengkung ke bawah), road bike flat bar (stang lurus), fixie, sampai sepeda lipat. Beberapa varian dari sepeda road bike tersebut memang sangat didesain untuk melaju di medan aspal, karena dengan roda yang slick (tanpa kembang ban), dan tekanan angin roda yang tinggi, ditambah dengan ukuran ban yang tidak terlalu lebar, pasti akan membuat sepeda menjadi laju saat dikendarai. Karena kontak dengan aspal lebih sedikit, otomatis hambatan yang dihasilkan selama berjalan pun akan lebih sedikit. Dengan ukuran roda yang kecil, otomatis akan sangat menguji keseimbangan Anda dalam bersepeda, apalagi saat menemukan jalan yang berkerikil atau ketika aspal sedang basah, pasti akan membuat roda Anda licin.
  • Perlu diperhatikan, untuk jenis road bike tipe drop bar, posisi badan memang akan cenderung lebih membungkuk. Hal tersebut ditujukan untuk mengurangi hambatan dari angin depan, dan akan memaksimalkan kecepatan sepeda. Namun memang tidak sedikit yang mengeluhkan bersepeda dengan posisi seperti ini, mulai dari pegal pada lengan, sampai nyeri pada bagian tubuh. Memang butuh adaptasi lebih untuk menggunakan road bike dengan tipe yang memang diperuntukan untuk berkompetisi tersebut.

Artikel Terkait