icon-bbm

|

MTB Hardtail Dengan Fork Travel Tinggi

Hardtail Downhill
sumber : Downhill 24

Sepeda Gunung atau yang biasa disebut MTB (Mountain Bike), merupakan sepeda yang secara umum diperuntukan untuk jalanan offroad di pegunungan, seperti bukit dan jalanan tanah pedesaan. Awalnya sepeda MTB secara umum memiliki desain yang sederhana, tanpa adanya suspensi depan dan belakang. 

Sepeda Downhill 1990
sumber : pinterest

Namun seiring berjalannya waktu, faktor kenyamanan dan control/pengendalian menjadi salah satu pertimbangan dalam pengembangan MTB. Hal ini yang membuat sistem suspensi menjadi opsi yang diterapkan dalam MTB. Saat ini, hampir setiap segment dalam MTB mulai dari Cross Country sampai dengan Downhill sudah menggunakan sistem Full Suspension atau yang biasa dikenal dengan istilah fullsus.

Hardtail Identik dengan Cross Country
sumber : The Pro’s Closet

Sepeda MTB hardtail identik dengan aliran/disiplin Cross Country, dimana memang lebih mengutamakan kecepatan dan effisiensi pedaling, sedangkan sepeda full suspension lebih menitik beratkan pada kontrol dan kenyamanan. Dibalik keunggulan teknologi full suspension pada MTB, ada hal-hal yang perlu ikut diperhatikan dalam hal peratawan, seperti kondisi rear shock atau shock belakang, kondisi bearing linkage, kondisi bushing dan baut pada linkage dan suspensi. Oleh sebab itu beberapa tahun belakangan mulai populer istilah “hardcore hardtail” pada MTB.

Hardcore Hardtail MTB adalah sepeda MTB yang didesain dengan geometri khusus dan hanya mengandalkan suspensi depan, namun tetap memiliki kapabilitas sepeda trail, enduro bahkan downhill. Berikut ini kami berikan beberapa contoh sepeda MTB Hardtail yang cukup populer dipasaran, diantaranya :

1. Thrill Wreak T140

Thrill Wreak T140
Sumber : Thrill Bicycle

Thrill Bicycle memang dapat dikatakan sebagai pionir brand dalam negri yang mengembangkan sepeda MTB hardtail dengan travel tinggi, terbukti dari pengembangan Wreak yang awalnya di segment dirtjump, belakangan merambah ke Hardtail Trail MTB yang saat ini cukup banyak diburu oleh para pecinta MTB tanah air.

2. Dartmoor Hornet

Dartmoor Hornet
Sumber : Dartmoor Bikes

Untuk para penggemar sepeda Hardtail Travel tinggi tentu tidak asing dengan merk Dartmoor. Pabrikan asal Polandia ini memang cukup populer di tanah air sebagai trend setter sepeda mtb travel tinggi. Terlebih lagi seri Hornet 2019 ke atas sudah mampu menggunakan fork dual crown dan memiliki kapabilitas selayaknya sepeda Downhill.

3. Polygon Entiat

Polygon Entiat
Sumber : Polygon Bikes

Walaupun tidak dapat dikatakan sepeda hardtail dengan travel tinggi, karena hanya disematkan fork dengan travel 120mm,namun sejatinya Polygon Entiat merupakan sepeda dengan kapabilitas yang cukup mumpuni untuk melibas medan trail bahkan enduro. Entiat dipersenjati ban Fat dengan ukuran 27.5×3.00, selain memberikan traksi, ukuran ban ini juga memberikan efek peredam getaran.

4. Patrol C09 series 2021

Patrol C092

Walaupun belum beredar di pasaran, Patrol Bikes meluncurkan seri C09 ( Patrol C091 , Patrol C092 , Patrol C093), dimana sepeda ini dipersenjatai dengan fork travel 130mm, yang memang direkomendasikan untuk Fun Trail Riding. Selain itu di tiap tingkatannya, sepeda ini sudah menggunakan material carbon dan dropper seatpost. Oh iya, Patrol Mountain Bike bisa kamu dapatkan di SerbaSepeda loh.

5. Chromag Series

Chromag Stylus
Sumber : Bike Radar

Untuk para pecinta MTB, pasti tau dengan brand satu ini. Awalnya Chromag dikenal dengan produksi parts CNC nya yang presisi dan berkualitas tinggi, seperti Handlebar, Stem, Pedal, Saddle dan lainnya. Namun tidak ketinggalan Chromag juga membuat frame-frame MTB hardtail berbahan dasar Chromoly yang memiliki panjang travel antara 130mm-180mm.

Nah itu dia beberapa contoh sepeda hardtail dengan travel tinggi, kami rasa mungkin di tahun 2021 akan makin banyak sepeda MTB Hardtail yang didesain dengan kapasitas lebih untuk menghadapi medan yang lebih menantang.

Halo, silahkan hubungi kami untuk info lebih lengkap

Chat Sekarang