icon-bbm

|

Sprocket Rasa-Rasa?!

Dalam persepedaan belakangan ini, banyak ditemui sprocket “rasa-rasa”, misalkan sprocket 8 speed 11-36T biasa disebut sprocket 8 rasa 10 speed, juga sprocket 10 speed 11-46T biasa disebut sprocket 10 rasa 11 Speed, begitu seterusnya.

Alasan dibalik adanya sprocket-sprocket ukuran ekstra tersebut cukup sederhana, yaitu memungkinkan perluasan rasio gear terutama pada groupset dengan crank single atau biasa disebut 1 by drivetrain. Kita ambil contoh groupset yang dipakai hanya 10 speed dan menggunakan sprocket 11-46T, drivetrain ini memiliki rasio terkecil dan terbesar sama dengan 11 Speed.

Contoh : Sunrace MX 10 Speed 11-46T pada groupset Sram GX 10 Speed

Namun sayang nya, tidak semua RD mampu menghandle sprocket ukuran extra tersebut. Sehingga sering muncul masalah shifting yang terkadang diakali dengan penambahan goatlink atau sambungan pada anting RD, agar posisi RD lebih jauh kebawah.

Contoh Pemakaian Goatlink (yang berwarna merah)

Karena banyaknya modifikasi yang tidak seharusnya, maka pastinya banyak potensi masalah yang bisa saja muncul karena upgrade ukuran sprocket seperti itu.

Berikut kami simpulan beberapa kekurangan dan kelebihan Upgrade Sprocket Extra Size :

Kekurangan :

  • Shifting kurang presisi
  • Umur RD dan sprocket lebih pendek
  • Perlu perawatan dan chek rutin untuk mendeteksi kerusakan dini

Kelebihan :

  • Biaya Upgrade yang terjangkau
  • Rasio yang lebih luas dengan jumlah speed yang tetap sama, Shifting yang lebih sedikit untuk rasio yang luas.

Semuanya kembali lagi ke kebutuhan dan keinginan masing-masing rider. Namun memang yang terbaik adalah yang sesuai dengan spesifikasi resmi dari pabrik, bukan akal-akalan.

Tapi tau ga sih, ada 2 produsen groupset yang sudah mulai memproduksi wide range groupset. Ada Box Components dengan Prime 9 dan Microshift dengan Advent X10. Dari Box components Sesuai namanya Prime 9 adalah groupset 9 Speed, dengan sprocket berukuran tidak biasa, yaitu 11-50T.

Box Prime 9 (Bikerumor.com)

Sedangkan untuk Microshift Advent X10 sendiri terdiri dari 10 speed dengan menggunakan sprocket berukuran 11-48T.

Microshift Advent X10 (Bikerumor.com)

Dan yang ga kalah menarik, dari salah satu produsen groupset terbesar di dunia, yaitu shimano. Ada gosip bahwa sedang merancang Groupset Deore 12 Speed, yaitu Deore M6100. Kita nantikan Update nya ya dari Shimano.

Sumber RevistabikeUp.com

Sumber :
bikerumor.com
revistabikeup.com

Artikel Terkait

Halo, silahkan hubungi kami untuk info lebih lengkap

Chat Sekarang