icon-bbm

|

Sudah Benar Tekanan Ban Anda?

Satu hal yang sering tidak dipedulikan oleh pesepeda adalah ukuran tekanan udara pada ban. Kekurangan dan kelebihan angin pada ban berisiko sama, tidak nyaman, mengayuh tidak efektif, memperpendek usia ban, bahkan bisa merusak sepeda.

Ban terlalu keras, membuat membal, cengkeraman ban kurang, pengendalian sepeda terganggu. Akibat lain, guncangan yang ditimbulkan akan menekan headset dan rangka (frame) sepeda, yang memungkinkan timbulnya kerusakan. Ban yang kekurangan angin akan membuat pengendalian menjadi berat, serta ban bisa melitir dan bocor. Dampak lainnya velg (rim) bisa rusak karena beban langsung menumpu pada velg.

Ukuran Tekanan Ban Sepeda

Ukuran tekanan udara pada ban sesungguhnya tertera pada bagian samping (sidewall) setiap ban. Sekadar contoh, ban berukuran 26 X 2.25 inchi, pada sidewall tertulis 35-65 psi (pound per inchi persegi). Ini artinya ban bisa dipompa dari 35-65 psi.

Ada variabel yang harus diperhatikan untuk ukuran tekanan ban. Pertama adalah berat badan. Semakin berat badan pengendara, semakin tinggi kebutuhan tekanan ban. Variabel kedua adalah lintasan. Bila lintasan rata, seperti aspal, trotoar atau jalan dari semen, tekanan bisa ditambah 1-2 psi.

Bagaimana mengukur tekanan angin secara akurat?

Anda mesti memiliki pompa yang sudah dilengkapi dengan alat pengukur tekanan (pressure gauge) agar lebih akurat. Cari tahu PSI yang direkomendasikan untuk ban Anda di bagian sidewall. Jagalah agar tekanan PSI Anda tidak lebih rendah dari angka terendah dan tidak melewati angka tertinggi PSI yang direkomendasikan.


Tapi bagaimana jika tidak memiliki alat pengukur tekanan ban?

Meskipun Anda mungkin tidak bisa mendapatkan pembacaan tekanan ban yang tepat tanpa alat pengukur, masih ada cara yang bisa Anda lakukan.

Untuk sepeda gunung, Anda bisa menaiki sepeda dan lihat ban sepeda Anda. Jika Anda melihat ban menonjol di setiap sisi lebih dari satu atau dua milimeter, Anda perlu menambahkan udara. Jika Anda merasa keras dan tidak membal, Anda perlu menghilangkan udara keluar.


Tekanan ban sangat penting. Jadikanlah pengecekan tekanan ban ini sebagai aktivitas rutin, agar keselamatan dan kenyamanan berkendara dapat terjaga. Meskipun kami sangat menyarankan Anda membeli pengukur ban, mempelajari cara memperkirakan tekanan ban, bisa berguna untuk saat-saat genting. Selalu waspada dengan tekanan ban Anda.

Pastinya Anda bisa mendapatkan pompa dengan alat pengukur tekanan, dan perlengkapan bersepeda lain dengan harga terjangkau hanya di SerbaSepeda!

Sumber :

Artikel Terkait