icon-bbm

|

Tips Aman Touring Bersepeda Jarak Jauh

Bagi Anda yang senang bersepeda dan ingin ikut touring ke luar kota bersama teman-teman atau komunitas sepeda, pasti semangat ingin mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal. Tidak hanya urusan sepeda saja yang harus Anda perhatikan, ternyata ada hal-hal lain pula yang harus Anda persiapkan agar touring berjalan lancar. Hal-hal apa saja kah itu? Simak tips touring sepeda jarak jauh yang sudah kami rekomendasikan berikut ini!

Persiapan Touring dengan Perbanyak Latihan

Sebelum memulai perjalanan jauh, ada baiknya banyak melakukan latihan ketahanan. Misalnya mengayuh sepeda 20-40 km/hari untuk membiasakan diri dengan perjalanan bersepeda jarak jauh. Tapi jangan terlalu dipaksa, sesuaikan saja dengan jarak perjalanan touring.

Persiapkan Fisik

Bersepeda jarak jauh seringkali membuat daya tahan tubuh menurun. Lakukan latihan fisik seperti latihan pernafasan, jogging, latihan beban dan kelenturan otot. Sendi-sendi pada lutut yang rawan cedera juga wajib Anda latih agar ketika touring nanti tidak menimbulkan masalah.

Siapkan Sepeda

Lakukan servis jika sepeda dalam kondisi yang kurang prima. Cek semua bagian dan ganti sparepart yang kurang layak dipakai. Jika Anda tidak dapat memperbaiki sendiri, bawalah ke bengkel sepeda tepercaya. Serbasepeda memberikan garansi seumur hidup untuk sepeda yang di beli di SerbaSepeda.com, Jangan lupa infokan kepada teknisi bahwa Anda akan melakukan touring sehingga sepeda dapat dikerjakan dengan maksimal. Tes kembali performa sepeda agar Anda bisa mengetahui sejauh mana sepeda dapat dikendarai dengan nyaman.

Cek Kelengkapan Aksesoris

Saat melakukan persiapan touring, selain menyiapkan sepeda Anda juga harus menyiapkan aksesorinya. Misalnya menyiapkan bel, GPS, tempat botol minum, serta lampu penanda di bagian belakang sepeda. Hal ini amat berguna saat dalam perjalanan jauh. Selain itu, pastikan mengenakan jersey sepeda, helm, kacamata dan sarung tangan agar perjalanan aman dan nyaman.

Latihan Mengganti Rantai Sepeda

Sebelum mulai mengayuh sepeda, jangan lupa pula belajar mengganti rantai sepeda sendiri jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama touring. Bawalah rantai sepeda cadangan, ban dalam cadangan, dan juga pompa untuk berjaga-jaga karena bisa jadi di tempat touring tidak ada bengkel sepeda untuk melakukan servis.

Bersosialisasi dengan Sesama Pencinta Sepeda

Penting untuk saling mengenal dengan sesama peserta touring agar Anda bisa lebih mengenali rute, medan yang dilalui, serta siapa saja yang akan ikut touring bersama. Jika sudah bersosialisasi dan saling mengenal, selain menambah teman Anda juga akan semakin semangat menjalani touring nanti.

Itulah tips touring sepeda jarak jauh, sudah siap melakukan touring? Jika masih ada persiapan touring yang belum dipersiapkan, Anda bisa mencari berbagai pelengkap dan aksesoris sepeda di Serbasepeda. Selamat touring!

Dikutip :

teknorus.com

blog.bukalapak.com

Artikel Terkait