icon-bbm

|

Yuk Perhatikan Posisi Saat Bersepeda!

Anda mempunyai hobi bersepeda? Biasanya bagian tubuh seperti punggung, pinggang, dan kaki paling sering terasa pegal dan capek ketika dan atau setelah bersepeda. Rasa capek atau pegal merupakan hal yang wajar apalagi jika Anda suka dan terbiasa bersepeda di track atau jarak tempuh yang panjang seperti 20 hingga 40 km.

Namun jika pegal dan capek tersebut masih Anda rasakan ketika melaju di track yang pendek, berarti ada kesalahan yang harus Anda perhatikan. Munculnya rasa pegal saat bersepeda kerap berhubungan dengan posisi bersepeda yang tidak pas. Agar senantisa nyaman saat bersepeda, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Usahakan memposisikan kepala mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk dari lengkungan punggung. Arahkan pandangan selalu ke lintasan di depan, dan usahakan juga tulang leher berada dalam keadaan rileks.

2. Sebaiknya tumpuan lengan diletakkan di handle bar agar beban pada bahu dan punggung berkurang. Posisikan telapak tangan pada genggaman handle dan rem sekaligus, serta usahakan rileks namun tetap siaga saat bersepeda.

3. Usahakan posisi punggung menyesuaikan kecepatan rute yang dilalui. Maksudnya posisikan punggung membungkuk untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi atau saat tanjakan. Sedangkan saat rute menurun, punggung lebih baik dalam posisi tegak.

4. Posisikan bahu mengikuti alur dibentuk oleh tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, sebaiknya usahakan bahu dalam kondisi rileks namun mantap.

5. Perhatikan ketingian sadel dan kayuhan sepeda. Ketika Anda merasakan sedikit tegang pada bagian otot pinggul saat mengayuh sepeda, sebaiknya periksa apakah pengaturan sadel sepeda terlalu tinggi atau tidak. Apabila sadel dalam posisi terlalu rendah bisa berakibat nyeri pada bagian tumit. Sebaiknya gunakan pangkal jari-jari kaki atau bagian depan telapak kaki saat mengayuh sepeda. Hal ini bisa menambah kecepatan dan mencegah tegang otot kaki saat gowes. Selain itu, tenaga yang dikeluarkan akan lebih efisien dan dapat mencegah varises.

 

Sumber:

www.pesiar.org

carapedia.com

Artikel Terkait