31 Oct 2022 / Product Knowledge

3 Keunggulan Fitur Internal Cable Routing!

Saat ini banyak dijumpai, sepeda yang sudah menggunakan fitur internal cable routing atau jalur kabel yang masuk ke dalam frame sepeda. Sepeda dengan jalur kabel yang tersembunyi atau internal, membuat sepeda dengan kabel eksternal terlihat lebih berantakan dan terkesan lebih jadul. Nah kira-kira apa saja sih keunggulan dari fitur tersebut? berikut kami jabarkan 3 keunggulan fitur internal cable routing.

Kenapa Internal Cable ?

Membuat jalur kabel internal, membutuhkan tambahan biaya produksi yang lebih banyak, sehingga harga sepeda atau rangka dengan internal cable routing sedikit lebih mahal. Sedikit tambahan informasi jika biasanya jalur internal ini kita jumpai pada frame sepeda, saat ini terdapat 2 jenis jalur internal cable yaitu kabel yang masuk melalui frame, dan headset.

jalur internal cable headtube & frame

Jalur Internal Cable Headset & Frame

Kira-kira apa saja sih kelebihan dari fitur internal cable routing ini ? berikut kami jabarkan 3 kelebihan utama fitur ini.

1. Estetika

Setuju atau tidak, sepeda dengan fitur tersebut memang terlihat lebih rapi, bersih, simpel, modern dan elegan ya. Fitur ini banyak ditemui di sepeda modern kelas menengah hingga atas.

Tidak ada kabel yang bergelantungan di luar frame, sehingga bentuk frame terlihat lebih tegas.

2. Aerodinamis

Alasan lain untuk kelebihan sepeda dengan rangka kabel internal adalah faktor aerodinamis. Umumnya pada Road Bike high end khususnya Road Bike jenis Aero, pada frame tidak memiliki bos atau cable guide yang menonjol di frame. Hambatan angin yang lebih kecil karena gaya gesek dengan udara lebih sedikit, yang bisa membuat sepeda melaju lebih cepat.

Road Bike United dengan Fitur Headset Internal Cable 

3. Kabel lebih aman

Kabel yang tidak menggantung dan tertata rapi akan mengurangi potensi kabel tersangkut ke pohon, ranting atau benda lain di sekitar area bersepeda kita. Fitur ini juga bisa mengurangi potensi kabel tergores, terpuluk dan kerusakan lainnya.

Road Bike Polygon dengan Fitur Headset Internal Cable
itu dia tadi 3 kelebihan utama dari fitur internal cable routing. Jika kamu punya tambahan informasi atau pertanyaan, silakan komen di kolom komentar.