22 Oct 2021 / Product Knowledge, Tips & Trick

4 Tanda Ban Sepeda Perlu Diganti

Ban sepeda adalah salah satu spare part sepeda yang paling sering diganti. Faktor penentu keawetan ban adalah jenis dan kualitas ban, cara bersepeda, kondisi cuaca saat bersepeda, dan lain-lain. Pengereman dan akselerasi bertenaga penuh adalah gaya bersepeda agresif. Tentu saja gaya berkendara Sobat SS yang agresif akan menambah cepat keausan ban.

Jadi, apakah ban sepedamu sudah waktunya diganti?

Visual

Umumnya keausan ban sepeda dapat dilihat secara visual. Ban sepeda baru umumnya berprofil bulat, terkadang meninggi di tengah untuk memperbaiki rolling resistance. Seiring penggunaan, bagian tengah ban lebih banyak tergerus sehingga ban semakin lama semakin datar seiring penggunaan.

Beberapa tipe ban untuk jalan raya dan commuting menyediakan lubang penanda keausan ban. Saat lubang tersebut sudah tidak terlihat, ban tersebut sudah waktunya diganti.

Indikator keausan ban dari pabrikan Continental. Sumber: Aushiker.com

Tanda keausan ban yang digunakan untuk offroad adalah berkurangnya traksi di lintasan. Tapak ban offroad mengandalkan knob spesifik untuk menjaga traksi. Knob tersebut akan semakin menipis seiring penggunaan. Saat itu terjadi, sepeda semakin sulit dikendalikan di lintasan offroad.

Tapak ban yang sudah mulai aus. Profil ban mendatar, tidak sebulat ban baru, tapak ban pun sudah mulai menipis

Kehilangan Tekanan

Sobat SS sering kehilangan tekanan ban saat disimpan semalaman? Itu tanda lain ban sudah waktunya diganti. Saat lapisan ban menipis, ban dalam mendapat beban berlebih dari perubahan bentuk dan temperatur. Akibatnya ban dalam berkurang kemampuannya untuk menjaga tekanan.

Kerusakan Dinding Ban

Selain tapak ban, kerusakan juga bisa terjadi di bagian lain ban. Kerusakan paling sering di luar tapak ban adalah sobeknya dinding ban (sidewall) akibat gesekan dengan batu atau objek lain. Segera ganti ban Sobat SS yang mengalami hal ini.

Umur & Jarang Digunakan

Sepeda yang tidak pernah digunakan sering juga mengalami putusnya rangka ban (bead) akibat korosi. Ban yang rusak kerangkanya tidak dapat digunakan lagi di sepeda Sobat SS.

Tanda lain dari umur ban adalah getasnya lapisan karet. Karet yang tidak digunakan akan semakin getas dan mudah retak.

Untuk tips penyimpanan sepeda lainnya Sobat SS bisa tonton video “Tips Menyimpan Sepeda dalam Jangka Waktu yang Lama” di channel Youtube Serba Sepeda

Perkiraan Umur Ban

Umur ban luar sepeda dapat diprediksi secara kasar. Ban kategori kompetisi atau premium umumnya dapat digunakan hingga 1.500 kilometer. Ban dengan kelas harga di bawahnya atau ban khusus untuk kegiatan touring dapat digunakan untuk jarak yang lebih jauh. Keunggulan tersebut mengorbankan bobot, traksi, atau kelembutan ban di kelas harga lebih tinggi. Beberapa ban sepeda dapat digunakan hingga 10.000 kilometer.

Jadi, apakah ban sepeda Sobat SS sudah waktunya diganti? Jika sudah waktunya, Sobat SS dapat mengecek ban sepeda pilihan yang tersedia di Serba Sepeda di link produk ban ini.