07 Jul 2021 / Tips & Trick

5 Olahraga yang Sangat Cocok Untuk Para Lansia

Serbasepeda.com – Olahraga untuk lansia merupakan sebuah aktivitas yang diperlukan oleh manusia untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bertenaga. Terlebih lagi, dengan bertambah usia manusia maka kondisi fisik akan semakin menurun, seperti para lansia (lanjut usia) yang sebenarnya diwajibkan untuk berolahraga.

Hal itu terjadi karena seiring dengan usia yang bertambah, banyak perubahan juga yang terjadi di tubuh manusia. Semakin menua, akan terjadi penurunan fungsi pada organ-organ tubuh manusia, salah satunya adalah otot. Gejala itu biasa disebut sarcopenia yang memang umumnya dialami oleh para lansia, meskipun sarcopenia ini bisa dialami saja sebelum menyentuh usia lansia sekalipun. Dikutip dari health detik, sekitar 14% sarcopenia biasanya di alami pada rentang umur 65 – 70 tahun dan lebih dari 50% nya dialami umur 70 tahun ke atas.

Mencegah Sarcopenia Dengan Olahraga Rutin

Cara yang paling efektif untuk penderita sarcopenia adalah dengan menggerakkan tubuh seperti berolahraga. Dengan begitu, otot yang mulai melemah akan terus dilatih untuk bergerak sehingga dapat kekuatan otot walaupun tak terlalu signifikan dibanding pada saat masih muda. Berolahraga yang rutin juga dapat melawan efek penuaan pada tubuh manusia.

Berolahraga secara rutin, berarti membantu tubuh untuk meningkatkan sintesis protein dan membantu pemecahan protein dalam tubuh. Hal tersebutlah yang dapat membantu meningkatkan massa otot. Selain itu, manusia berusia 60 tahun ke atas yang rajin berolahraga dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung atau kardiovaskular hingga 11%. Dan berlaku sebaliknya, untuk manusia yang jarang berolahraga meningkatkan resiko tersebut sampai 27%.

Akan tetapi, biasanya para lansia belum mengetahui porsi dan olahraga yang baik untuk di usia mereka saat ini. Umur yang sudah tua dengan kondisi fisik yang mulai menurun membuat mereka harus ekstra hati2 memilih olahraga yang cocok.

5 Rekomendasi Olahraga Lansia di Era Pandemi

bersepeda untuk lansia

Para lansia cukup berolahraga ringan secara rutin dengan durasi 30 menit setiap harinya. Adapun jenis olahraga yang dapat di coba oleh para lansia seperti melatih fleksibilitas, keseimbangan, kardio, dan kekuatan otot. Berikut adalah olahraga yang tim serbasepeda sarankan untuk para lansia :

  1. Kardio

Kardio atau yang lebih dikenal dengan jogging atau jalan sehat ini merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan. Biasanya, cukup dengan mengelilingi taman dengan berjalan kaki atau jogging ringan atau bisa juga dilakukan diatas treadmill mempunyai alat tersebut. Semisal tidak bisa keluar rumah bisa dengan an berjalan di tempat dalam rumah atau di kamar untuk menggerakkan otot2 agar tidak kaku.

  1. Berenang

Berenang memang olahraga yang banyak disukai orang, karena selain seru juga menyehatkan. Lansia pun juga bisa melakukan olahraga ini untuk menjaga daya tahan tubuh mereka dan memperlambat penuaan. Karena pada dasarnya berenang ini bisa mengencangkan dan membentuk otot-otot yang mulai melemah. Akan tetapi, berenang tidak disarankan untuk lansia yang sudah sangat menurun kondisi fisiknya karena bisa membahayakan nyawa.

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh para lansia, karena dengan bersepeda otot para lansia akan terus dilatih terutama ketahanan tubuh. Selain menyehatkan, bersepeda juga mampu mempererat silahturahmi dengan keluarga karena bisa dilakukan Bersama-sama atau konvoi untuk menghindari resiko terburuk.

  1. Senam

Senam bisa dijadikan salah satu olahraga yang rutin dilakukan, hal itu karena senam bisa dilakukan dimana saja meski di Kasur sekalipun dibantu dengan video-video senam yang tersebar di jejaring sosial. Selain kemudahannya, senam juga mampu menjaga metabolism tubuh dengan Gerakan-gerakan dasar sekalipun.

  1. Yoga & Stretching

Olahraga yoga memang sangat baik dan bagus dalam mengencangkan otot-otot para lansia dan mencegah penuaan. Selain itu, stretching adalah Gerakan peregangan yang biasanya dilakukan untuk meregangkan sendi dan juga otot sebelum berolahraga berat.

Baca Juga : Polygon Bend R5 Sepeda Gravel Tangguh Di Segala Medan

Sudah tahu kan olahraga apa saja untuk kalian yang sudah lansia? Selain berolahraga yang cukup, asupan nutrisi juga harus dijaga agar tetap sehat dan bugar. Nutrisi tersebut tidak lain adalah 4 sehat 5 sempurna ya!

Untuk bersepeda, kami serba sepeda menyediakan berbagai macam sepeda dan aksesorisnya. Jadi kalian tidak perlu ribet mencari sepeda apa yang cocok untuk lansia, cukup dengan menghubungi customer service kami maka kami akan menyarankan beberapa produk terbaik kami untuk lansia.