09 Feb 2021 / Tips & Trick

9 Cara Mudah Merawat Sepeda Lipat Agar Awet

Sepeda lipat saat ini banyak digandrungi orang bagi pesepeda pemula pastinya kamu ingin sepeda lipat kamu awet dan tahan lama kan?… oleh karena itu penting bagi kamu untuk melakukan perawatan sepeda lipat secara berkala.

9 cara mudah merawat sepeda lipat
Sumber : Youtube.com

Semua jenis sepeda cenderung akan menururn kualitasnya setelah digunakan dalam waktu lama. Getaran, benturan tinggi, dan kotoran yang menumpuk dapat memengaruhi beberapa bagian penting sepeda. Jika kamu tidak mengambil tindakan korektif, cepat atau lambat sepeda lipat kamu akan menjadi tidak berguna sama sekali.

Jika sudah lebih dari tiga bulan sejak rutinitas perawatan terakhir yang Anda lakukan, maka coba baca artikel ini dan kamu bisa mempelajari beberapa tips perawatan sepeda lipat untuk mencegah kerusakan mekanis yang paling umum terjadi.

Berikut ini 9 cara mudah merawat sepeda lipat kamu.

1. Pembersihan & pelumasan

Banyak orang yang percaya bahwa mencuci sepeda lipat dengan pressure washer atau semprotan air bertekanan tinggi cukup untuk menjaganya tetap dalam kondisi yang optimal. Namun, air bertekanan tinggi dapat menghilangkan lapisan luar frame, sehingga permukaan logam dapat terkena karat.

Pembersihan manual yang mendalam jauh lebih efektif dibandingkan dengan semprotan air bertekanan tinggi. Oleskan produk pembersih khusus pada frame untuk melindungi cat. Kemudian, keringkan permukaannya dan oleskan semir sepeda untuk hasil akhir yang berkilau dan bebas goresan.

Semir sepeda juga berfungsi sebagai lapisan tahan air untuk mencegah karat. Setelah kamu selesai dengan frame, kamu dapat fokus pada rantai.

Lumpur dan kontaminan lainnya dapat terakumulasi di dalam tautan rantai. Seiring waktu, rantai dapat tergelincir saat timbunan limbah mengeras. Selain itu, partikel abrasif dapat merusak gigi cincin rantai.

Dalam kasus ini, akan lebih mudah untuk membiarkan air mengalir melalui tautan sampai kontaminan menjadi terlalu lunak dan jatuh. Kemudian, gunakan sikat kawat dan pembersih rantai khusus untuk menghilangkan kotoran yang tersisa.

Setelah itu, gunakan kain untuk mengeringkan rantai dan menghilangkan residu pelumas. Terakhir, oleskan semprotan pelumas sepeda pada rantai. Pastikan untuk mengikuti instruksi produk untuk aplikasi yang benar.

Serbasepeda.com menjual beragam pembersih dan pelumas untuk sepeda kamu, cek saja di halaman ini.

2. Periksa tekanan ban

Anda harus menjaga tekanan ban sepeda Anda agar dapat bergerak dengan mulus di segala jenis medan. Jadi, sebelum melakukan perjalanan, Anda perlu memeriksa apakah tekanan udaranya baik-baik saja. Untuk melakukan ini, lebih baik menggunakan pengukur panggilan yang andal. Alat pengukur ban pensil yang biasa digunakan di mobil tidak seakurat alat pengukur roda gigi.

Sebelum mengembang, periksa tingkat tekanan maksimum yang ditunjukkan di dinding samping ban. Tidak disarankan untuk mengembang pada tekanan maksimum atau memberikan tekanan lebih dari yang disarankan. Ban yang terlalu kempes dapat dengan mudah meledak dan mentransfer benturan tinggi ke rangka sepeda.

Ban harus mampu sedikit menekan untuk meredam benturan. Di medan yang tidak beraturan, disarankan untuk mengurangi tekanan udara agar pola ban dapat lebih menempel ke permukaan.

Selain itu, Anda harus memberikan tekanan udara yang cukup sesuai dengan berat badan Anda. Secara umum, semakin berat Anda, semakin banyak tekanan udara yang harus Anda berikan.

Berikut daftar kisaran tekanan udara yang dibutuhkan untuk setiap jenis ban:

Tipe BanTekanan Udara Yang Dianjurkan (psi)
Road80-130
Hybrid50-70
Mountain25-35

Semakin tinggi tekanan udara di dalam ban, semakin rendah permukaan yang bersentuhan dengan tanah. Ini memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi dan gerakan yang lebih halus. Ini adalah aturan praktis untuk sepeda biasa atau sepeda lipat. Itulah mengapa ban sepeda jalan raya membutuhkan lebih banyak tekanan udara dibandingkan dengan ban lainnya.

3. Ganti bantalan rem

Rem adalah salah satu elemen terpenting pada sepeda apa pun. Seiring waktu, bantalan rem cenderung aus, kehilangan kemampuannya untuk mengunci roda. Suara yang dihasilkan rem memberi Anda gambaran tentang bagaimana rem itu.

Jika kamu mendengar suara yang menyerupai peluit panjang dan roda kamu tidak langsung berhenti setelah rem diaktifkan, itulah saatnya mengganti bantalan rem. Jika kamu ingin menghemat uang tambahan, Anda dapat melakukan penggantian sendiri. Yang kamu butuhkan hanyalah gantungan sepeda dan peralatan yang dibutuhkan.

Namun, jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk melakukannya, kamu dapat membawa sepeda lipat ke bengkel Serbasepeda.com. Setiap kamu membeli sepeda di Serbasepeda maka kamu bisa mendapatkan gratis servis selamanya lho.

Sepasang rem yang bagus dapat menyelamatkan hidup Anda saat turunan. Jadi, jangan berharap mengalami kecelakaan untuk mengganti rem Anda.

4. Perhatikan baut dan ulir yang aus

Baut dan ulir bisa aus karena berbagai alasan – gesekan dan karat adalah yang paling umum. Sebelum Anda mulai bersepeda, lakukan inspeksi visual untuk menemukan pengencang yang berkarat dan aus pada sepeda lipat Anda.

Pengetatan dan pengetatan yang terlalu ketat selalu memiliki efek negatif. Dalam kasus pertama, tekanan berlebihan yang diterapkan oleh cetakan tebal akan merusak benang. Biasanya, elemen terlemah adalah yang pertama aus.

Pada kasus kedua, baut yang longgar cenderung terlalu banyak bergerak dengan getaran. Gerakan yang berlebihan ini menimbulkan gesekan pada benang, menyebabkan keausan. Terakhir, saat benang menjadi benar-benar rata, sepeda akan pecah dengan gerakan sekecil apa pun.

5. Pasang suspensi terbaik

Suspensi membantu meredam benturan tinggi, melindungi beberapa bagian penting sepeda Anda dan membuat pengalaman berkendara lebih menyenangkan. Jika Anda berpikir untuk membeli sepeda listrik lipat baru, Anda harus mempertimbangkan untuk membeli model dengan suspensi depan dan belakang.

Biasanya, sepeda jalan raya tidak memiliki suspensi karena dirancang untuk bergerak di permukaan datar. Namun, pengalaman berkendara bisa menyiksa jika terlalu banyak gundukan di jalan.

Memasang suspensi pada tiang pengaman adalah cara terbaik untuk menjamin kenyamanan Anda sendiri meskipun dalam kondisi medan yang berat. Jika Anda tidak punya uang untuk memasang suspensi baru, Anda dapat menggunakan ban yang lebih lebar untuk mengurangi transfer benturan.

Namun, memasang suspensi baru pada sepeda Anda juga memiliki sisi negatifnya. Berikut daftar kontra:

  • Meningkatkan berat sepeda Anda
  • Membuat sepeda Anda lebih lambat
  • Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk perbaikan di masa mendatang

6. Bersihkan dan poles lampu sepeda

Jika Anda biasanya berkendara pada malam hari, penting untuk memiliki lampu fungsional untuk melihat ke mana Anda pergi dan terlihat oleh orang lain. Untuk memastikan semuanya baik-baik saja, nyalakan lampu depan dan belakang dan biarkan selama beberapa menit. Jika tidak terjadi apa-apa, Anda dapat melanjutkan perjalanan.

Namun, jika lampu berkedip atau tidak secerah biasanya, mungkin inilah saatnya mengganti bohlamnya. Melakukan ini sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Pertama-tama, pastikan Anda dapat membongkar lampu. Jika Anda bisa, cari alat yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Biasanya, Anda hanya membutuhkan obeng dan pinset.

Jika lampu disertakan dengan sepeda, ikuti prosedur di manual instruksi. Biasanya, bohlam dan sekring adalah yang paling rentan rusak. Jadi, Anda hanya perlu mengganti bagian yang rusak di casing Anda dan itu saja.

Namun, jika rumah tertutup rapat, lebih baik bawa lampu ke bengkel dan biarkan tenaga profesional yang mengerjakannya untuk Anda.

Namun, jika Anda menggunakan salah satu lampu LED murah, membeli yang baru mungkin merupakan ide yang lebih baik daripada membayar orang lain untuk memperbaiki lampu yang Anda miliki. Periksa harga lampu Anda saat ini dan pertimbangkan opsi mana yang lebih baik.

Penting juga untuk membersihkan lampu sepeda dari waktu ke waktu untuk penerangan yang optimal. Untuk melakukannya, celupkan kain kering ke dalam sabun dan air. Bersihkan kotoran yang menempel di permukaan lensa.

Kemudian, bersihkan kain dengan banyak air lalu gosok lampu sepeda dari kiri ke kanan. Setelah itu, gunakan kain mikrofiber untuk menghilangkan partikel yang tersisa.

Terakhir, tutup permukaan dengan lilin, gosok dari kiri ke kanan. Lakukan ini sampai lampu terlihat cerah.

7. Periksa bel sepeda

Bel sepeda sama pentingnya dengan lampu atau lampu sepeda. Mereka membantu Anda terlihat oleh pejalan kaki atau pengemudi yang terganggu. Sebagian besar bel sepeda mudah diperbaiki, jadi ini adalah pekerjaan yang dapat Anda lakukan sendiri. Pastikan Anda memiliki alat yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Seperti yang terjadi pada beberapa lampu, beberapa bel sepeda tertutup rapat. Dalam kasus ini, lebih baik pergi ke bengkel. Sebelum membuat keputusan apa pun, pastikan kabelnya baik-baik saja. Terkadang kabel mungkin terlepas karena bergetar, jadi Anda hanya perlu menghubungkannya lagi agar bel Anda berfungsi kembali.

Setelah setiap perjalanan, disarankan untuk menghilangkan debu yang terkumpul di bel untuk memperpanjang umurnya.

8. Periksa roda dan bantalan kemudi

Cepat atau lambat, bearing cenderung aus dengan penggunaan. Jika itu terjadi, Anda harus menggantinya. Pastikan untuk menggunakan model bantalan yang sama dengan yang dibawa sepeda Anda dari pabrik. Pilih bantalan dari merek terkenal dan jauhi produk generik.

Selain itu, sesuaikan tegangan jeruji secara berkala, agar roda selalu bergerak lurus. Jari-jari yang disesuaikan dengan baik membuat sepeda lipat Anda tetap seimbang. Jika roda bergoyang, roda akan terus bergesekan dengan rem sehingga mencegah gerakan mulus.

9. Periksa rantai secara berkala

Seiring waktu, rantai sepeda lipat Anda bisa lepas, membuat mengayuh lebih sulit. Jika itu terjadi, mungkin inilah waktunya untuk mengubahnya. Jika Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan, Anda juga dapat mengganti beberapa tautan untuk tidak membeli rantai baru.

Mengganti tautan sangat mudah. Anda hanya perlu pemeriksa rantai, pemisah rantai, tang, dan jeruji sepeda yang rusak.

Rantai harus selalu dalam kondisi optimal. Jadi, jika Anda mendengar suara aneh saat mengayuh, kemungkinan rantai itu memakai gigi cincin rantai. Jika demikian, segera lakukan koreksi yang diperlukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Serbasepeda.com menjual paket perawatan rantai sepeda yang bisa kamu beli di halaman ini.

Tentunya, menjaga sepeda lipat dalam kondisi prima bukanlah tugas yang mudah. Butuh waktu, kerja keras, dan pengalaman sebelumnya untuk mempertahankan siklus dengan baik dan menikmati manfaat bersepeda sepenuhnya.

Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman yang dibutuhkan, Anda dapat mulai hari ini untuk melakukan tugas perawatan sederhana seperti membersihkan dan mengilapkan rangka dan mengisi ban dengan udara.

Jika Anda mengikuti 9 cara mudah merawat sepeda lipat ini maka kamu dapat memperpanjang umur sepeda lipat lama Anda untuk beberapa tahun lagi.