12 Jan 2019 / Tips & Trick

Cara Merakit Sepeda Gunung

Anda ingin merangkai sepeda gunung sendiri tapi tidak tau langkah-langkahnya? Atau Anda kesusahan dalam merakit sepeda? Tak usah khawatir, kami akan menjelaskan tentang proses perakitan sepeda secara sederhana dan mudah. Berikut cara merakit sepeda gunung.

Sepeda yang kami rangkai ini hanya untuk sepeda gunung dimana sudah terakit sebagian besar oleh pabriknya. Bagian yang belum terakit yaitu stang, roda depan, saddle dan pedal. Perakitan sepeda sangat penting terutama untuk customer luar kota yang kirim barangnya masih dalam kondisi belum terakit 100%, untuk menghindari lecet dalam pengiriman, dan patah atau kerusakan pada bagian sepeda.

Sebelum mulai merakit, alangkah baiknya terlebih dulu mengetahui alat-alat untuk perakitan:

  1. Kunci L / Toolset
  2. Kater(cutter) / Gunting.

Sebelum memulai langkah pertama, Anda harus memastikan kelengkapan yang ada di dalam dus. Seperti kartu garansi, buku petunjuk dan kelengkapan aksesoris sepeda seperti sadel, lampu, pedal, baut kaliper dan kelengkapan lainnya. (lihat gambar no 1)

                                                          (1)

Nah setelah semuanya siap, mari kita mulai merangkai sepeda. Berikut langkah-langkahnya :

1. Siapkan sepeda yang akan Anda rakit, dan keluarkan dari dalam dus. (lihat gambar no 2 dan 3)

                                                          (2)

                                                       (3)

Memasang stang sepeda, pertama buka bautan yang terdapat pada stem (leher penghubung sepeda) dengan menggunakan kunci L ukuran L5 atau L6, sesuaikan dengan baut stem. (lihat gambar 4, 5 dan 6)

                                                         (4)

                                                         (5)

                                                        (6)

Setelah bagian depan stem terbuka, Anda bisa langsung memasang stang. Anda harus benar-benar meluruskan stang di bagian stem, agar tidak panjang sebelah.(lihat gambar 7, 8, 9 dan 10)

(7)

(8)

(9)

(10)

Pasang ban sepeda depan, karena ban MTB yang kami pasang sudah Quick Release maka ban dipasang tanpa menggunakan alat. Anda hanya perlu pasang ban ke bagian bawah fork, dan pasang Quick Release di tengah untuk mengaitkan Ban. (lihat gambar 11, 12 dan 13)

(11)

(12)

(13)

Setelah Anda memasang Quick Release, jangan lupa untuk mengencangkan Quick Release-nya, agar tidak mudah lepas.(lihat gambar di bawah)

(14)

(15)

(16)

Setelah roda terpasang dengan benar dan kencang, jangan lupa untuk memasang kaliper rem sepeda Anda. Pastikan kaliper berada di tengah cakram, lalu pasangkan baut kaliper yang ada di dalam dus kelengkapan, dan kencangkan menggunakan toolset. (lihat gambar di bawah)

Pasang tempat duduk/saddle. Sepeda masih dalam posisi tegak, pasanglah sadle pada lubang tengah atas, sadle telah ada pipa besi sebagai penghubung antara sadle dan badan sepeda.Pasang sesuaikan dengan ketinggian yang diinginkan, pasang dan kencangkan, agar sadle terpasang kencang tidak goyang (lihat gambar 17,18 dan 19).

(17)

(18)

(19)

Pasang Pedal pada Crank sepeda. Untuk memasang pedal Anda hanya harus memutar pedal di lubang crank yang terdapat pada kanan dan kiri sepeda. Perhatikan tanda R dan L pada bagian pedal sepeda. Huruf R untuk bagian pedal sebelah kanan, dan huruf L untuk bagian pedal sebelah kiri. Kencangkan agar tidak mudah lepas.(lihat gambar 20, 21 dan 22)

(20)

(21)

(22)

Langkah selanjutnya dalam cara merakit sepeda gunung adalah, memasang pelengkap keamanan sepeda yang meliputi rem dan Shifter. Dan pasang Mata kucing (Cat eye) pada bagian depan sepeda dan belakang sepeda. Pertama pasanglah pegangan/handle rem yang ada di bagian setang, sisi kanan dan kiri. Handle sisi kanan untuk rem roda depan dan handle sisi kiri untuk rem roda belakang.  Lalu pasang Mata kucing pada bagian tang sepeda, dan di bawah Jok (saddle). Lalu pasang kabel tis untuk merekatkan kabel rem ke bagian sepeda, agar rapih. (lihat gambar 23, 24 dan 25)

(23)

(24)

(25)

Nah dengan selesainya memasang aksesoris sepeda, maka selesai sudah cara merakit sepeda gunung, jangan lupa untuk mengecek ulang semua kekencangan baut-baut nya ya! Selamat mencoba.

Sekian tutorial cara merakit sepeda gunung dari kami. Bagi Anda yang tidak mau repot merakit sepeda sendiri, Toko Serba Sepeda melayani Service sepeda, bahkan sepeda yang dibeli di sini Gratis Jasa Service SELAMANYA! Jadi jangan ragu untuk datang ke Toko Serba Sepeda.