02 Dec 2020 / Tips & Trick

Cara Mudah Tambal Ban Sepeda Dengan Repair Tool Set

Pernah nggak SobatSS saat asik-asik gowes terus ban sepeda malah bocor bisa karena batu atau paku. Yang pernah bagi pengalamannya dong di kolom komentar.

Tapi SobatSS ga perlu khawatir lagi nih kalian bisa tambal sendiri walaupun lagi asik gowes di luar dan jauh sama tempat tambal ban. Karena Serbasepeda punya cara mudah tambal ban sepeda yakni dengan Repair Tool Set.

cara mudah tambal ban sepeda

Peralatan ini wajib dibawa saat gowes dimana pada Repair Tool Set, dalam satu tas ini kamu sudah mendapatkan toolset, pembuka as, pompa tangan dan satu paket alat untuk menambal ban. Nah apa aja sih isi paketan untuk tambal ban ini. Mari kita bedah satu persatu.

cara mudah tambal ban sepeda

Pastinya ada amplas atau patch untuk permukaan ban dalam yang bocor lalu berikutnya ada lem perekat khusus yang akan berguna untuk merekatkan patch atau tambalan pada titik yang berlubang dan yang terakhir ada pembuka ban yang berfungsi untuk memudahkan kamu untuk membuka ban luar dari velg-nya.

Berikut ini kami jabarkan cara mudah tambal ban sepeda.

Yang pertama harus dilakukan adalah membuka roda bagian depan jika sepeda kamu menggunakan kuncian tipe quick release maka langsung saja dibuka tapi jika sepedamu masih menggunakan kuncian as, sobat bisa menggunakan pembuka as dari repair tool ini.

Alat yang kedua adalah mengeluarkan ban dalam dan jika anginnya masih banyak sobat bisa membuang anginnya lebih dahulu supaya mudah dibuka

Jika sudah pompa kembali band dalam dengan menngunakan hand pump atau pompa tangan, nah dari sini sobat bisa mencari “lubang yang bocor” cara mencarinya bisa dirasakan saja atau dengan menyiram air di sekitaran ban dalamnya. Lebih mudah dengan menyiram air.

Jika sudah ketemu titiknya ingat-ingat ya letaknya dimana biar ga hilang nah misalnya ada paku atau semacamnya bisa dicabut terlebih dahulu setelah itu gores permukaannya dengan menggunakan amplas, bentuk amplasnya lebih seperti parutan.

Jika sudah, olesi permukaan yang sudah di amplas tadi dengan lemnya sampai rata lebarnya kira-kira mengikuti patch yang akan di tempel nanti kemudian buka patch pada bagian hologramnya lalu diolesi juga dengan lem sampai rata biarkan sampai agak mengering.

Jika sudah sedikit mengering tempelkan patch pada permukaan ban yang sudah diolesi lem tadi kemudian rekat-rekatkan sampai keduanya menempel dengan sempurna.

Jika sudah menempel itu artinya proses tambal ban-nya sudah selesai. Sekarang tinggal masukan kembali seperti ini dan di pompa seperti biasa.

Setelah selesai digunakan Repair Toolkit ini pun cukup mudah disimpan.

cara mudah tambal ban sepeda

Bagaimana nih SobatSS, mudah kan jadi ngga perlu takut lagi kalau misalnya kebocoran ban waktu gowes semua teratasi dengan repair tool ini.

Dapatkan repair tool ini hanya di Serbasepeda.com. Serbasepeda juga menyediakan beragam repair tool atau perangkat perbaikan sepeda yang bisa kalian beli dengan cara mengunjungi toko offline kami atau toko online kami di 4 lokasi di Jabodetabek.

Lengkapnya cek saja video review repair tool sepeda di bawah ini.