17 Nov 2020 / Product Knowledge

FoldX X9 Z11 Limited Edition Salah Satu Sepeda Lipat Terbaik Tahun 2020

FoldX X9 Z11 Limited Edition merupakan sepeda lipat keluaran terbaru dari FoldX. FoldX sendiri nama yang tidak asing untuk para pecinta sepeda lipat terutama jika berbicara segmen premium dengan spesifikasi tinggi. Untuk yang belum tahu, FoldX merupakan brand premium dengan spesifikasi tinggi dari pabrikan Element jadi masih satu pabrikan dengan Troy, Pikes dan Ecosmo. Ciri khas dari FoldX adalah material frame yang lebih ringan dari seri-seri Element bike lainnya.

FoldX x9 z11 limited edition

Sepeda lipat FoldX X9 Z11 Limited Edition (X9 Z11 LE) hanya diproduksi dalam jumlah dan kurun waktu yang terbatas. Sepeda ini tersedia dalam dua pilihan warna yaitu abu-abu hitam dan hitam hijau.

Dilihat secara keseluruhan tampilan frame ini terlihat simple tapi tetap elegan ya. Tidak terlalu banyak warna dan terdapat tulisan "X-NINE" yang tegas di bagian maintube frame. Dari segi material FoldX X9 menggunakan frame berbahan alloy yang ringan. Pada bagian headtube sudah disematkan front block yang dapat dijadikan pengait tas kargo depan.

Untuk bagian fork, sepeda ini menggunakan fork rigid dengan model ramping dan menggunakan material yang sama seperti framenya yaitu alloy.

Melipat sepeda ini cukup mudah dimana fold dan unfoldnya cukup mudah karena setelah kami coba beberapa kali pun proses fold unfoldnya lancar dengan lipatan frame yang kokoh dan tidak goyang.

Kita ke bagian kokpit, sepeda ini memiliki handlebar berbahan alloy dengan panjang 580mm dan handlepost teleskopik dari ION berbahan alloy dengan kuncian handlebar yang besar sehingga memudahkan dalam proses membuka atau menutup. Sepeda ini memakai handle grip ekonomis tanpa lock yang cukup memberikan sensasi nyaman saat berkendara.

Sistem pengereman FoldX Xnine Z11 menggunakan sistem hidrolik dari Tektro yang dilengkapi dengan rotor Sixbolt model 2-piece atau floating dengan diameter 160mm depan dan belakang.

Pada sepeda Element, seri Z menandakan sepeda menggunakan crankset double atau dual chainring sedangkan untuk angka dibelakangnya menggambarkan jumlah speed-nya. Jadi FoldX X9 Z11 berarti dilengkapi dengan 2x11 pilihan kecepatan dan secara keseluruhan sepeda ini menggunakan groupset dari Sensah Empire 11 Speed.

Kita mulai dari Shifter menggunakan shifter dari Sensah 2 Speed untuk shifter kiri dan 11 speed untuk shifter kanan. Turun ke bagian crank terdapat crank dual chainring bermerek prowheel yang sudah mengadopsi sistem hollowtech 2 dengan panjang arm 170mm dan jumlah mata gigi 39-53T. Pada bagian pedal juga sudah menggunakan pedal bearing dari ION dengan model quick release yang bisa di lepas pasang dengan mudah.

Beralih ke rantai, sepeda ini menggunakan rantai KMC X11 11 speed. Dari segi RD menggunakan RD Sensah Empire 11 Speed sedangkan untuk gir belakang menggunakan sprocket dari Sunshine dengan ukuran 11-28T. Secara keseluruhan kombinasi jumlah mata gigi sepeda ini menghasilkan rasio gear yang cukup kuat dan nyaman untuk diajak ngebut melibas berbagai medan jalanan.

Seatpost yang digunakan berbahan alloy dengan seatclamp quick release dengan panjang seatpost 540mm dan diameter seatpost 33.9mm juga disematkan saddle gel yang empuk dengan logo FoldX lebar 140mm dan dibawah saddle juga disematkan mounting untuk pedal QR.

Pada wheelset, hub depan dan belakang menggunakan hub quick release dari Novatec dengan seri D042SB dengan jumlah jari-jari sebanyak 24 hole. Hub set yang digunakan ini sudah menggunakan poros putar sealed bearing, suaranya juga jangkrik banget lho SobatSS dijamin bakal jadi pusat perhatian saat gowes di jalan. Pada bagian rims tampak tinggi / Deep V dengan bahan alloy warna hitam dari Luce. Ban luar yang diapakai adalah Deli bermotif Slick dengan ukuran 20 x 1.3/8 dan untuk ban dalam dilengkapi dengan pentil Schrader sehingga tidak memerlukan adaptor untuk memompa.

Berat dari FoldX X9 Z11 Limited Edition adalah 11.98 Kg.

Beratnya cukup ringan mengingat crank yang digunakan adalah double chainring sebab chainring dual, FD dan shifter kiri cukup menambah beban sepeda.

FoldX X9 sudah dilengkapi magnet lipatan yang kuat, mounting bottle cage pada frame bagian maintube, front block pada bagian head tube dan standar samping

Harga FoldX X9 Z11 Limited Edition : Rp. 9.000.000 (Per 17 November 2020)

Harga yang di tawarkan cukup menarik mengingat sepeda ini adalah limited edition atau edisi terbatas juga spesifikasi dan bobot yang ditawarkan sepeda ini dapat dikatakan terbaik di kelasnya dan dengan harga Rp 9juta kamu juga sudah mendapatkan bonus helm RMB dengan model yang tidak kalah keren dengan sepedanya lho.

Jadi kesimpulannya sepeda ini cocok buat SobatSS yang menginginkan sepeda lipat dengan performa tinggi tentunya dengan harga, spesifikasi dan bobot yang bersaing di kelasnya dan hal inilah yang membuat sepeda ini kami nobatkan jadi salah satu sepeda lipat terbaik di tahun 2020. Tidak ketinggalan karena sepeda ini Limited Edition pastinya SobatSS tidak akan sering menjumpai sepeda yang sama alias bukan sepeda sejuta umat.

Karena persediaan yang terbatas dan permintaan yang sangat tinggi kemungkinan masih ada kesulitan dalam mencari sepeda ini.

Cek status stok dan bisa pesan langsung sepeda lipat ini di halaman berikut ini.

Bagi yang ingin melihat review-nya bisa menonton di channel youtube Serbasepeda di bawah ini.

https://www.youtube.com/embed/nkvpiJQ70Sc