21 Feb 2023 / Product Knowledge

Genio Scappa GX 2023: Sepeda Gravel Terbaru!

Genio Scappa yang sudah lama banget goib kini hadir kembali dengan wujud dan spesifikasi yang ga main-main! Langsung kita bahas kedua seri Scappa yaitu Scappa S2 dan Scappa GX 2023! Namun supaya pembahasan kita bisa lebih fokus, kita bahas dulu untuk seri tertinggi yang keberadaannya waktu itu goib banget ya!

Di sini, sudah terlihat jelas desain dan warna dari Genio Scappa GX 2023 ini ya. Secara keseluruhan, frame ini terlihat lebih elegant dari seri sebelumnya. Terlihat juga di sini, perbedaan yang paling signifikan adalah bagian jalur kabelnya, jika pada Scappa GX seri lama letak jalur kabel shifter berada di bagian bawah downtube, pada Scappa GX versi terbaru jalur internal cable route masuk melalui samping downtube. Sama seperti seri sebelumnya, seri terbaru masih menggunakan frame berbahan alloy. Tidak lupa, pada bagian forknya juga sudah tapered dan berbahan alloy.

Genio Scappa GX

Genio Scappa GX 2023: Pilihan Size Frame & Geometri

Genio Scappa GX hadir dengan 3 pilihan ukuran dan geometri sebagai berikut

Lanjut ke steering, seri terbaru memiliki panjang stang dan bentuk yang sama seperti seri sebelumnya. Dari gripnya pun tidak ada perubahan ya. 

Genio Scappa masuk dalam jenis Sepeda Gravel, sepeda jenis ini dirancang untuk penggunaan di medan jalan raya berkerikil, memiliki profil yang mirip dengan roadbike dan sepeda hybrid. Namun pada stangnya terlihat sedikit keluar atau istilahnya flare out.

Perbedaan Roadbike, Sepeda Hybrid dan Sepeda Gravel 

Stang Flare Out

Stang Flare Out

Genio Scappa GX 2023: Groupset!

Lanjut ke bagian yang paling ditunggu-tunggu nih! Yaitu groupset! Secara keseluruhan, masih sama seperti seri sebelumnya, menggunakan groupset dari Sensah Ignite. Kita lihat detailnya, pada brifter, FD dan RD menggunakan Sensah Ignite. Pada bagian cranknya menggunakan crank square tapered dengan jumlah chainring yaitu 34 dan 50T. 

Pindah ke bagian belakang, dihubungkan oleh sebuah rantai dari YBN ke bagian 9 tumpuk sprocket casette dengan jumlah mata gigi 11 hingga 36T yang mana sebelumnya adalah 11 – 28T, wah untuk nanjak akan lebih ringan dari versi yang lama nih. 

Pindah ke pengereman, Sepeda Gravel ini dibekali dengan rem cakram mekanik yaitu dari Bolids, dengan diameter rotor depan belakang  yaitu 160mm. 

 

Genio Scappa GX 2023

Untuk Ban yaitu dari Compass dengan ukuran 700 x 38C, kemudian untuk hubnya sudah QR dengan jumlah jari-jari yaitu 32H.

Untuk harga, Sepeda Gravel yang pernah goib ini dibanderol dengan harga Rp. 4.600.000, dengan perubahan tampilan hingga spesifikasi, menurut kami sepeda yang satu ini worth to buy ya SobatSS. Untuk kamu yang mau lebih ekonomis, ada pilihan kedua di seri scappa yaitu Scappa S2 nih! 

Genio Scappa S2: Sepeda Gravel Ekonomis!

Dibekali dengan frame berbahan steel yang kuat dan tahan banting dan memiliki tampilan desain yang lebih fresh juga dibanding seri yang lama, dengan 2 pilihan warna yaitu warna biru muda dan warna merah seperti ini, belum menggunakan teknologi internal cable route, dan pada pengeremannya juga memiliki dudukan yang sama seperti seri sebelumnya. Kemudian ada peningkatan untuk groupsetnya yaitu dari Sensah Reflex ke Sensah Ignite. Dan juga pada bagian sprocketnya nambah 1 keping dari 8 menjadi 9 speed. 

dari segi geometri, Genio Scappa S2 memiliki 2 pilihan ukuran dan geometri sebagai berikut 

Genio Scappa S2

Genio Scappa S2 dibanderol dengan harga Rp 3.199.900. Untuk kamu yang mencari sepeda kuat dan tahan banting, serta memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni untuk sebuah sepeda gravel, menurut kami Genio Scappa S2 sudah cukup ya! 

Kesimpulannya, seri scappa terbaru kali ini memiliki peningkatan yang baik dari seri sebelumnya dan pastinya untuk kamu yang mau menjajal sepeda gravel, Genio Scappa Series cocok untuk kamu!