20 Oct 2022 / Product Knowledge

Perbedaan Sepeda Balap, Hybrid dan Gravel

Sepeda Balap

Sepeda balap atau bahasa bekennya adalah Road Bike merupakan sepeda yang diperuntukan di medan jalan raya ber-aspal. Road Bike sangat cocok untuk kamu yang lebih suka dengan kecepatan dan kelincahan saat berkendara gowes. Secara garis besar, Road Bike sendiri dibagi menjadi 3 kategori yakni aero, endurance dan lightweight. Sudah pernah kami bahas di akun youtube SerbaSepeda ya!

https://www.youtube.com/watch?v=Ql9w4v7Eh4k&t=60s

Jenis-jenis Road Bike 

Road Bike memiliki sudut dan bentuk tube yang berbeda dengan sepeda gunung, posisi yang lebih menunduk dan memaksimalkan otot kaki. 

Berikut ini merupakan ciri-ciri dari Road Bike, yaitu : 

Fork 

Sepeda ini disematkan sebuah fork rigid. Fork rigid sendiri adalah fork sepeda yang tidak mempunyai pegas atau suspensi. Fork Rigid sangat cocok digunakan pada Road Bike, karena tidak akan merasakan bobing saat melewati jalan aspal mulus. 

Stang 

Tidak hanya dari sisi geometri, hal signifikan yang membedakan Road Bike dengan jenis sepeda yang lain adalah bagian handlebarnya. Pada Road Bike mayoritas sudah menggunakan stang model dropbar untuk meningkatkan aerodynamic yang bertujuan dengan kecepatan dan akselerasi. 

Ban 

Perbedaan selanjutnya yaitu pada bagian ban. Road Bike memang digunakan untuk medan jalan beraspal yang cenderung mulus, maka penggunaan ban kecil yang tidak berulir tentu menjadi pasangan yang cocok bagi sepeda balap.

Namun jika medan jalan yang kamu lalui mayoritas berkrikil, tidak rata, hingga offroad ringan maka jenis sepeda selanjutnya bisa jadi cocok untuk kamu ya. 

Sepeda Hybrid

Sepeda Hybrid sering sekali disebut sebagai sepeda dua alam. Istilah hybrid sendiri digunakan untuk menyebut kombinasi antara dua jenis konsep yang berbeda, dimana sepeda ini merupakan gabungan antara Road Bike dan juga MTB. Memiliki feel berkendara seperti MTB namun memiliki kelincahan seperti Road Bike. Namun jika dilihat sekilas, walaupun penampakan Sepeda Hybrid terlihat seperti MTB, namun memiliki perbedaan yaitu : 

Fork 

MTB dibekali dengan travel fork yang tinggi untuk menerjang jalanan offroad sedang cenderung tinggi. Fork Sepeda Hybrid dibuat lebih pendek karena peruntukan Sepeda Hybrid adalah berkendara di medan aspal mulus, sedikit berbatu, hingga offroad yang cenderung ringan. Pada Sepeda Hybrid biasanya dibekali dengan travel yang tidak sampai 100mm nih SobatSS. 

Stang 

Pada hybrid memiliki stang yang sama seperti MTB, yaitu handlebar yang berbentuk lurus. Stang model lurus memberikan feel berkendara yang lebih rileks namun tetap stabil saat sepeda melewati jalanan yang sedikit rusak. 

Ban 

Berikut alasan kenapa jenis sepeda ini memiliki tagline melesat lebih cepat di medan jalan rata. Itu Karena Sepeda Hybrid memiliki ban yang lebih ramping daripada MTB. Jika biasanya ban MTB memiliki ban model knobby yang tinggi, pada Sepeda Hybrid hadir dengan ban semi slick hingga knobby yang rendah supaya tidak berat saat melaju di jalan beraspal yang mulus.

Bikin MTB Nyaman di Aspal!

Sepeda Gravel

Jika Sepeda Hybrid memiliki geometri yang “mirip” dengan MTB, kali ini ada Sepeda Gravel hadir dengan geometri yang “mirip” dengan Road Bike. Kata gravel sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia memiliki arti “kerikil” sehingga sepeda ini cocok digunakan di medan jalan raya berkerikil yang sering sekali kita temui di Indonesia. Mau punya sepeda yang bisa dipakai di 2 alam namun mempunyai profil seperti Road Bike? mungkin jenis Sepeda Gravel cocok untuk kamu nih! Berikut merupakan ciri-ciri sepeda gravel yang 

 

Perbedaan Sepeda Gravel dan Sepeda Gunung

Perbedaan Sepeda Gravel dan Sepeda Gunung

Fork 

Berbeda dengan Sepeda Hybrid yang memiliki suspensi di bagian forknya, pada fork Sepeda Gravel memiliki fork rigid seperti Road Bike. 

Stang 

Umumnya stang Sepeda Gravel hadir dengan stang dropbar model flare out. flare out artinya stang yang posisi dropnya lebih melebar keluar. Stang flare out membuat pegangan yang sedikit lebih lebar. Stang model itu berguna untuk membantu meningkatkan keseimbangan, tumpuan, dan kontrol pada jalan tidak rata dan banyak menanjak.

Seperti sepeda gunung dengan pegangan stang yang datar, flared out membuat kita bisa lebih kuat bertumpu pada stang, karena pegangan lebih susah untuk lepas karena guncangan jalan. 

Ban 

Nah ini juga yang menjadi pembeda antara Road Bike dengan gravel. jika pada Road Bike memiliki ban dengan ukuran yang kecil dan tidak berulir, pada Sepeda Gravel memiliki lebar ban yang cukup besar dan memiliki knob.

Itu dia tadi perbedaan antara Road Bike, Sepeda Hybrid dan Sepeda Gravel beserta produk rekomendasinya, jadi bagaimana ? sudah menentukan jenis sepeda yang tepat sesuai kebutuhan kamu belum ? komen di bawah yuk, kita diskusi bareng!