27 Jan 2021 / Tips & Trick

Ini Dia Beragam Tipe Roadbike Yang Ada Di Dunia

Roadbike atau dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan sebagai sepeda balap tentu tidak semua roadbike dipakai untuk tujuan balapan ya. Namun yang pasti roadbike cocok untuk Anda yang suka dengan kecepatan dan kelincahan dalam berkendara gowes.

Secara garis besar roadbike dibagi menjadi 3 kategori :

  1. Aero
  2. Endurance
  3. Lightweight

Apa saja beda dari ketiga tipe roadbike ini? Berikut ini pembahsan lengkapnya.

1.Aero

tipe roadbike

Aero adalah kependekan dari kata Aerodynamic yaitu kondisi dimana sebuah objek yang sedang bergerak mendapat seminimal mungkin hambatan dari angin. Dari definisi ini bisa ditebak bahwa roadbike Aero adalah sepeda yang penampakan tubing-tubing frame-nya paling terlihat tipis bahkan seatpost-nya pun demikian tidak hanya framenya bahkan pengendara sepedanya pun “dipaksa” berposisi aerodinamis karena secara geometri frame sudut seattube dan downtube lebih kecil dan reach yang diwakili oleh panjang toptube lebih panjang dari sepeda lainnya serta tinggi headtube pun relatif lebih pendek.

Roadbike Aero adalah sepeda yang fanatik dengan kecepatan, segala hal yang bisa dipangkas untuk menambah aerodinamis akan dipangkas ini juga menjawab kenapa jersey dan celana untuk pesepeda balap semua dibuat fitting ketat menempel badan. Untuk SobatSS yang masih kelebihan berat badan dan baru mulai sepedaan sebagai pelengkap program diet sepeda ini tidak cocok untuk Anda ya. Kategori berikutnya mungkin lebih cocok.

2. Endurance

tipe roadbike

Endurance sendiri artinya adalah ketahanan kadang dipakai juga istilah sportive bike. Roadbike endurance dirancang untuk dipakai perjalanan jarak jauh. Kecepatan bukanlah hal yang utama di roadbike tipe ini. Hal ini terlihat pada geometri frame dimana reach lebih pendek dan headtube lebih tinggi maka postur pengendara juga menjadi lebih tegak sehingga lebih nyaman dalam berkendara durasi panjang.

Wheelbase roadbike ini lebih panjang untuk mengakomodasi kestabilan lebih untuk kondisi jalan yang kurang mulus atau banyak polisi tidur. Pada roadbike endurance kekinian sudah banyak yang menggunakan rem cakram dan ban yang relatif lebih lebar sampai 28c atau bahkan lebih.

Baca Juga — Cara Memilih Grip Tape terbaik Untuk Roadbike

3. Lightweight

tipe roadbike
Courtesy of bikeexchange.com

Lightweight atau yang biasa disingkat Light artinya adalah ringan. Kategori ini adalah standar industri roadbike di dunia. Kebanyakan roadbike di jalanan Indonesia masuk dalam kategori ini sesuai namanya light roadbike dirancang dengan mengutamakan bobot ringan dan frame yang sekaku atau sestiff mungkin agar dapat dikendarai dengan lincah. Untuk jalan tanjakan light roadbike jadi pilihan yang terbaik.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil dari ketiga roadbike adalah yang pertama yaitu :

  1. Roadbike Aero cocok untuk Anda yang suka kecepatan dalam jarak pendek dan medan jalan yang cenderung rata cocok dipakai di velodrome Jakarta
  2. Roadbike Endurance cocok untuk Anda yang suka bertualang jarak jauh dengan postur berkendara nyaman dan medan jalan raya yang sedikit lebih menantang
  3. Roadbike lightweight cocok untuk Anda yang butuh kelincahan dan sepeda yang enak untuk diajak nanjak

Pengkategorian roadbike sebenarnya tidak pernah dibuatkan standar internasional atau sejenis ISO-nya jadi siapapun bebas membuat pengkategorian sendiri. Ini dimanfaatkan oleh produsen sepeda untuk membuat dan mengklaim kategori baru untuk menarik minat konsumen membeli sepeda baru padahal perbedaanya sangat sedikit.

Ada beberapa kategori lain yang juga dimasukan dalam keluarga Roadbike namun seringnya dianggap sepeda jenis tersendiri mereka adalah

  • Sepeda khusus touring
  • Sepeda Time Trial atau TT (pada dasarnya roadbike Aero versi extreme)
  • Sepeda gravel atau adventure yang mirip dengan Endurance namun memiliki clearance ban lebih besar untuk jalan kasar berkerikil
  • Cyclocross bike yang merupakan sepeda dengan anatomi ala roadbike namun dipakai di jalur offroad seperti jalan tanah dan berlumpur. Sesuai namanya sepeda ini dipakai untuk balapan cyclocross yang beken di Amerika saat musim gugur

Itulah tipe-tipe roadbike yang ada di dunia untuk lebih lengkapnya bisa cek video dari channel youtube Serba Sepeda di bawah ini.

Baca Juga — Daftar Road Bike Murah Terbaik 2021