03 Feb 2019 / Inspiration

Info dan Lokasi Car Free Day Jabodetabek (Bagian ke-2)

Car Free Day Adalah salah satu campaign untuk mencegah global warming atau polusi udara yang berlebihan sehingga melampaui batas aman. Mungkin di kota-kota metropolitan lainnya sudah berlomba-lomba untuk mengadakan kegiatan Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor, tanpa terkecuali di Indonesia. Berikut Serba Sepeda rangkum lokasi Car Free Day di Jabodetabek (bagian ke 2).

Jakarta

Selain di Jl. Sudirman, ada beberapa tempat yang di jadikan tempat Car Free Day, yaitu :

  • Wilayah Jakarta Selatan: Jl. Dr. Saharjo & Jl. Minangkabau Manggarai, setiap hari Minggu pertama, pukul 06.00 – 09.00 Wib
  • Wilayah Jakarta Selatan: Jl. Mampang – Pejaten, setiap hari Minggu pertama, pukul 06.00 – 11.00 Wib
  • Wilayah Jakarta Selatan: Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, setiap hari Minggu kedua, pukul 06.00 – 10.00 Wib
  • Wilayah Jakarta Barat: Kawasan Kota Tua Tamansari, setiap hari Minggu kedua, pukul 06.00 – 11.00 Wib
  • Wilayah Jakarta Pusat: Jl. Suryopranoto, setiap hari Minggu ketiga, pukul 06.00 – 11.00 Wib
  • Wilayah Jakarta Utara: Jl. Danau Sunter, setiap hari Minggu ketiga, pukul 06.00 – 11.00 Wib
  • Wilayah Jakarta Timur: Jl. Pemuda Rawamangun, setiap hari Minggu kedua & keempat, pukul 06.00 – 11.00 Wib
  • Wilayah Jakarta Timur: Jl. RA Fadillah Cijantung, setiap hari Minggu, pukul 06.00 – 10.00

Tangerang

Car Free Day di Tangerang berada di Jalan M. Yamin, setiap hari Minggu, pukul 06.00 – 10.00. Pemerintah kota Tangerang memfasilitasi taman Motorik untuk masyarakat. Meski penggunaannya belum di resmikan oleh Pemerintah Kota Tangerang, namun keberadaan Taman Motorik, yang berada di Jalan Muhamad Yamin, mendapatkan respon yang baik oleh masyarakat yang berolahraga di Car Free Day Kota Tangerang.

Taman Motorik ini berkonsepkan olahraga panjat dinding, didesain khusus untuk usia anak. Spesifikasinya memiliki tinggi 3 meter, dengan tingkat kesulitan pendakian tidak terlalu ekstrem. Pijakan pun berbentuk bantalan yang aman saat digunakan. Dengan dipandu oleh petugas dari Dinas Pertamanan Kota Tangerang, diharapkan para orang tua merasa nyaman melihat anak-anak memanjat dengan aman.

Bekasi

Di Kota Bekasi kegiatan hari bebas kendaraan bermotor dipusatkan di Jalan Ahmad Yani sampai Summarecon, setiap hari Minggu, pukul 06.00 – 10.00. Untuk saat ini CFD di kawasan Taman Galaxi dan Harapan Indah ditiadakan.

Anda bisa memanfaatkan CFD untuk berolahraga loh. Anda bisa mengajak keluarga, teman, atau pacar. Dijamin hari libur tambah menyenangkan!

Sumber :