06 Jan 2021 / Tips & Trick

Ini Dia 4 Tips Bersepeda Dijamin Menurunkan Berat Badan

4 tips bersepeda turun berat badan

Pada awal tahun 2021 tentunya SobatSS punya resolusi tahun baru yang berfungsi untuk perbaikan diri sendiri nah tak banyak dari kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Tentunya bisa memilih bersepeda karena faktanya bersepeda itu lebih menyenangkan daripada ke gym karena bisa menghirup udara segar dan melihat pemandangan sekitar.

Menurut situs kesehatan Healthline, bersepeda merupakan latihan kardio yang sangat baik.

Manfaat bersepeda bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan aliran darah, membangun kekuatan otot, dan menurunkan tingkat stres. 

Selain itu, bersepeda juga dapat membakar lemak dan kalori, sehingga membantu menurunkan berat badan.

Perlu diperhatikan untuk bisa turun berat badan dengan efektif dan optimal ada 4 hal yang perlu diperhatikan.

Agar lebih optimal gunakan jam tangan dengan fitur stopwatch agar bisa menghitung intensitas latihan.

Berikut ini 4 tips bersepeda dijamin menurunkan berat badan.

1. Intensitas Harus Ditingkatkan

Ketika kamu mengayuh pedal sepeda harus secara intens dalam artian mengayuh dengan cepat dan bertenaga maka akan lebih banyak kalori yang terbakar.

Bersepeda secara stabil selama 60 menit, bisa membakar sekitar 300 kalori. Namun Anda dapat membakar lebih banyak kalori jika mengayuh lebih cepat lagi. 

Healthline menyebutkan, seseorang dengan berat badan 70kg, dapat membakar 298 kalori dalam 30 menit bersepeda dengan kecepatan 12 hingga 13 km per jam.

2. Gunakan HIIT

Apa sih HIIT? HIIT (High Intensity Interval Training) adalah latihan berintensitas tinggi dengan interval tinggi. Metode ini populer sebagai metode yang efektif menurunkan berat badan dan cepat membakar lemak tubuh.

HIIT dalam bersepeda dapat dilakukan dengan cara: 

  • Bersepeda secepat mungkin dan bebas hambatan selama 30 hingga 60 detik. 
  • Setelah itu selama 2 atau 3 menit, Anda bersepeda santai. 
  • Ulangi pola tersebut selama 20 atau 30 menit. 

Berdasarkan penelitian dalam British Journal of Sports Medicine, dibandingkan dengan olahraga dengan tingkat intensitas stabil dan sedang, HIIT membantu mengurangi massa lemak 28,5 persen lebih banyak. 

3. Bersepeda Jarak Jauh

Untuk metode yang satu ini lebih melibatkan endurance atau ketahanan. Misalnya, saat Anda sudah terbiasa bersepeda 10 km dalam sehari, tambahkan lagi pencapaian menjadi 10,5 km. Lakukan secara bertahap. 

Beberapa penelitian menunjukkan, endurance training atau latihan ketahanan dapat membantu membakar lemak sehingga turun berat badan. 

4. Olahraga Silang

Maksudnya disini adalah berganti-ganti jenis latihan. Cara ini cocok untuk Anda yang mudah bosan dengan aktivitas tertentu. 

Contohnya hari ini Anda bersepeda selama satu jam. Keesokan harinya, Anda angkat beban di pusat kebugaran atau di rumah. 

Untuk menurunkan berat badan, American Council on Exercise (ACE) mengatakan bahwa Anda perlu bersepeda secara intens setidaknya 30 menit setiap sesi. 

ACE juga menyarankan, kamu bersepeda selama 30 menit, kemudian coba aktivitas lain selama 20 menit setelahnya. 

Nah itulah 4 tips bersepeda dari situs SerbaSepeda, bagi kamu yang berminat membeli sepeda dapat mengunjungi toko sepeda SerbaSepeda di Jabodetabek atau lewat SerbaSepeda.com.