07 Jan 2021 / Tips & Trick

Inilah 4 Cara Terbaik Merawat Sepeda Di Musim Hujan

cara terbaik merawat sepeda

Musim hujan sudah melanda kawasan Indonesia dari bulan November dan menurut BMKG pusat musim hujan akan terjadi pada bulan Januari dan Februari nah bagi pesepeda atau goweser hal ini tentunya akan menimbulkan masalah yakni visibilitas dan permukaan jalan yang licin.

Agar sepeda kamu tetap awet SerbaSepeda akan membagikan 4 cara terbaik merawat sepeda di musim hujan

1. Gunakan pelumas basah pada rantai sepeda

Agar lancar bersepeda jangan lupa melumasi rantai sepeda dengan pelumas basah. Jenis pelumas ini cocok untuk bersepeda dalam kondisi basah, karena sifatnya yang bisa menahan air.

Contohnya dengan pelumas basah Finish Line. Namun tidak perlu dilumasi berulang kali setiap sebelum gowes, membersihkan rantainya setelah digowes saja.

Selain rantai sepeda, braket bawah, bearing pada headsetpulley, dan hub juga perlu diberi pelumas.

2. Menurunkan tekanan udara pada ban

Dikarenakan permukaan jalan yang basah maka ketika bersepeda kamu harus menjaga traksi ban dengan permukaan jalan. Karena itu, kamu harus menurunkan tekanan udara ban. Memilih ban tubeless bisa mencegah ban dalam terjepit ke pelek apabila tekanan diturunkan, dan ban mengalami benturan.

Selain itu menukar ban ke ukuran lebih lebar juga bisa memberikan kontak lebih baik antara ban dan permukaan jalan.

Jika kondisi jalan menjadi lebih buruk saat hujan akibat terbawanya puing-puing atau partikel tajam lain yang bisa membuat masalah pada ban. Jangan lupa menyiapkan perlengkapan darurat untuk memperbaiki ban.

3. Selalu cek sistem pengeremannya

Bagi kamu yang masih menggunakan rem jenis rim brake harus memastikan bahwa bantalan rem hingga kabel pengereman dalam kondisi baik.

Untuk menghilangkan kelembapan akibat air hujan pada bantalan rem, pesepeda bisa menarik tuas rem bebeberapa kali. Sepeda dengan rem cakram mungkin tidak terlalu memusingkan. Karena sifat remnya lebih tahan terhadap kondisi basah.

4. Gunakan fender

Jika musim hujan jangan lupa menggunakan Fender atau spatbor sepeda karena bisa menjaga pesepeda, sepeda, dan pengguna jalan di belakang tidak terciprat air.

Itulah 4 cara terbaik merawat sepeda saat musim hujan.

Semua perlengkapan spare parts yang ada di artikel ini tersedia di SerbaSepeda bagi yang ingin membeli bisa mengunjungi toko sepeda kami atau toko sepeda online kami di SerbaSepeda.com.