23 Dec 2020 / Tips & Trick

Inilah Cara Kerja RD Shimano Shadow Plus

RD Shimano Shadow Plus merupakan fitur pada seri RD seri RD Deore keatas yaitu Deore SLX, XT dan XTR.

RD atau Rear Derailleur adalah komponen sepeda yang terletak di belakang yang berfungsi untuk mengubah atau mengganti gear/speed/gigi dengan memindahkan rantai sepeda dari satu cog ke cog yang lainnya. 

RD memiliki dua tugas utama yakni menjaga tegangan rantai dan mengganti gear/gigi.

Kali ini kita akan membahas fitur RD dari Shimano yang biasa disebut Shadow Plus.

RD Shadow Plus adalah fitur pada RD Shimano khususnya MTB yang memungkinkan pengendara untuk mengatur tingkat kekerasan pada cage RD tujuannya supaya waktu melalui medan tidak rata RD tetap “stiff’ atau kaku sehingga menimimalisir terjadinya “chain leap” atau rantai membentur ke chainstay.

Nah itu tadi kegunaan atau manfaat dari Shadow Plus lantas bagaimana sih sistem kerjanya.

Seperti yang bisa kamu lihat di gambar di bawah ketika tuas posisi OFF pergerakan cage RD sangat bebas jadi tidak terganggu atau tidak tertahan oleh apapun

rd shimano plus

Pada saat lever kita pindahkan ke posisi ON plat berwarna abu-abu menjadi lebih rapat sehingga menjepit clutch yang nantinya akan memperkeras atau membuat RD menjadi stiff

Dengan bertambahnya fitur mengharuskan kita untuk melakukan perawatan ekstra karena biasanya seiring berjalannya waktu muncul 2 masalah umum yang sering terjadi pada RD Shadow Plus yakni:

1. Saat tuas posisi ON, RD dapat saja tetap bergerak dengan leluasa seolah-olah fitur Shadow Plus tersebut sudah tidak berfungsi atau rusak solusinya cukup mudah dengan mengatur baut tension clutch, tinggal diputar sedikit ke kanan disesuaikan, setelah itu kita rasakan apakah sudah stiff.

rd shimano plus

2. RD menjadi semakin kaku bahkan macet pada posisi tertentu misalkan pada posisi gigi besar, posisi cage seperti gambar di bawah.

rd shimano plus

Namun pada saat kita pindah ke posisi gigi kecil posisi cage tetap seperti itu terus sampai posisi kebawah menjadikan rantai kendor nah cage ini mengalami kemacetan karena clutch sama sekali tidak bergerak baik untuk kedepan maupun ke belakang.

Solusinya adalah pemberian grease atau gemuk pada sekeliling mekanisme clutch RD SHimano Plus. Pemberian gemuk membuat pergerakan dari clutch jadi lancar kembali. Biasanya masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah dengan cara seperti ini, setelah itu kita pasang kembali.

Khusus untuk RD Shimano XTR dan XT jika kita ingin mengencangkan komponennya kita tidak perlu repot-repot membuka semua cover cukup buka tutup bolongan plastik yang ada di samping kemudian masukan kunci L atau kunci X 2mm.

Untuk harga RD Shimano Deore SLX, XT dan XTR biasanya berkisar di harga ratusan ribu hingga jutaan untuk seri XT dan XTR.

Nah itu dia penjelasan mengenai fungsi RD Shimano Plus. Lebih lengkapnya kamu bisa simak video penjelasannya dari channel youtube SerbaSepeda di bawah ini.

SerbaSepeda juga menjual beragam RD untuk bersepeda kamu, kalau berminat bisa cek halaman ini atau langsung berkunjung ke toko sepeda SerbaSepeda di Jabodetabek.