16 Aug 2020 / Product Knowledge

Ini Dia Beragam Jenis Ukuran Hub Sepeda Buat Yang Ingin Upgrade

Ukuran hub sepeda cukup beragam dan dibedakan dari ukurannya. Komponen yang satu ini memang seringkali menjadi perhatian para pecinta sepeda saat memutuskan untuk upgrade dalam rangka peningkatan performa. Karena biasanya hubset bawaan pabrik belum memiliki peforma yang tinggi. Hal ini tidak lepas dari peran hub yang berfungsi sebagai poros putar utama pada roda sepeda. Semakin ringan roda berputar, maka semakin sedikit tenaga yang diperlukan untuk sebuah sepeda melaju.

O.L.D

Pada sepeda modern saat ini, kerap dijumpai berbagai macam ukuran hub sepeda yang terkadang membuat bingung dan salah dalam memilih ukuran. Pengukuran sebuah hub biasanya diukur dari Over Locknut Dimension atau yang disingkat O.L.D.

OLD diukur dari ujung locknut(Mur as Hub sebagai titik bertemu dengan dropout) kiri ke ujung locknut kanan sebuah hub. Sedangkan untuk frame dan fork diukur dari sisi terdalam dropout depan/belakang biasa juga disebut frame/fork Spacing.

Berikut gambaran ilustrasi pengukuran OLD.

Cara pengukuran OLD Hub
sumber : Moruya Bicycles
Pengukuran OLD pada Freehub 130mm dan 135mm
sumber : AliExpress

Dari pengukuran tersebut kita sudah dapat mengetahui ukuran lebar atau spacing sebuah hub.

Hub Depan (Front Hub)

ukuran hub sepeda
Contoh Spacing Fork 100mm (+- 1mm)
Sumber : Leeds Bikes

Ukuran hub depan sangat bergantung pada spacing dari sebuah fork. Pastikan OLD hub depan yang dipilih cocok dengan spacing fork yang digunakan.Ada beberapa jenis spacing hub yang biasa digunakan, berikut kami berikan tabel Spacing Fork / Hub OLD pada umumnya.

Hub Belakang (Freehub)

ukuran hub sepeda
Contoh Pengukuran Spacing Frame 130mm
sumber : Halo Wheels

Ukuran OLD hub belakang juga sangat bergantung pada spacing frame yang digunakan, ketidak sesuaian ukuran akan membuat hub/roda tidak dapat dipasang pada frame. Berikut ini tabel jenis ukuran spacing frame/OLD Freehub pada umumnya.

Nah itu dia penjelasan singkat dan ukuran-ukuran yang dapat menjadi acuan bagi SobatSS sebelum memutuskan untuk membeli sebuah hubset atau wheelset. Pastikan lagi OLD hub atau wheelset yang kamu pilih cocok dengan spacing frame yang kamu gunakan.

Ingat Sepeda? Ya SerbaSepeda.com