03 Nov 2017 / Tips & Trick

Mencegah Nyeri Punggung Saat Bersepeda

Bersepeda adalah kegiatan jantung yang sangat baik dan biasanya cukup aman untuk sendi karena bersepeda tidak memaksa sendi untuk menahan beban. Namun, nyeri punggung sepertinya bukan hal baru di kalangan pesepeda. Menurut penelitian, sekitar 68% dari orang-orang yang sering mengendarai sepeda mengalami nyeri punggung yang memprihatinkan.

Nyeri punggung akibat bersepeda di sebabkan oleh beberapa hal, terutama dimensi sepeda yang tidak sesuai, postur yang buruk, otot punggung (dan otot inti lainnya) yang lemah dan tidak fleksibel. Berikut beberapa tips mencegah nyeri punggung saat bersepeda:

1. Belilah sepeda dengan ukuran yang benar

Seharusnya semua orang tahu bahwa sepeda dengan ukuran yang tidak tepat dapat menyebabkan nyeri punggung dan masalah fisik lainnya, tetapi banyak orang memilih sepeda baru berdasarkan harga dan cenderung menyepelekan pentingnya dimensi dan ergonomi. Pilihlah sepeda yang ukurannya pas untuk Anda, agar menunjang kenyamanan saat berkendara. Pilihan sepeda yang teralu besar, akan menyebabkan Anda membungkuk terlalu jauh saat menjangkau setang, hal ini nantinya akan menyebabkan nyeri punggung. Berikut tabel ukuran frame sepeda berdasarkan tinggi badan.

2. Pastikan sadel diatur pada ketinggian yang tepat

Walaupun ketinggian rangka sepeda merupakan faktor penting, terutama agar Anda dapat turun dari sepeda dengan aman, namun ketinggian sadle juga sangat penting. Ketinggian sadel ditentukan oleh panjang tungkai Anda, dan harus diposisikan sedemikian rupa sehingga ketika pedal berada di dasar kayuhan (posisi paling dekat dengan tanah), lutut Anda akan sedikit menekuk. Idealnya membentuk sudut antara 15-20 derajat.

3. Aturlah ketinggian dan sudut kemiringan setang

Setang sepeda harus diatur sesuai ketinggian yang dapat Anda jangkau dengan nyaman dari posisi tegak, sementara siku Anda sedikit menekuk. Ketinggian setang sering kali disetel sejajar atau hingga 10 cm di bawah ketinggian sadel, tergantung kelenturan otot punggung.

4. Jagalah agar posisi bahu tidak melorot atau membungkuk saat bersepeda

Usahakan agar punggung Anda lurus saat bersepeda. Tidak tegak lurus seperti jika Anda duduk di kursi, tetapi agak datar, stabil dan ditunjang dengan baik oleh bahu yang tegap. Distribusikan sebagian bobot Anda ke lengan/tangan. Sementara itu usahakan dada dan kepala Anda tegak lurus. Gantilah posisi dan ubahlah kemiringan tubuh bagian atas secara berkala untuk mencegah kelelahan otot.

Dikutip ; https://id.wikihow.com