08 Sep 2017 / Inspiration

Mengatasi Dehidrasi Setelah Bersepeda

Menjaga kadar cairan di dalam tubuh sangat penting agar fungsi-fungsi organ pada tubuh bekerja dengan baik, terutama selama berolahraga. Mengalami dehidrasi saat fisik sedang aktif bisa menyebabkan hyponatremia yang ditandai dengan gejala sakit kepala, kelelahan, kram otot, sakit perut dan yang lebih ekstrim lagi, kematian.

Jika Anda mengalami dehidrasi setelah bersepeda, sangat penting untuk megembalikan keseimbangan kadar air secepatnya. Mengatasi dehidrasi tak cukup hanya dengan air putih karena cairan dalam tubuh juga mengandung elektrolit. Mineral ini sangat penting untuk menjaga tubuh dari reaksi-reaksi kimia yang mungkin berbahaya. Ketika mengalami dehidrasi saat bersepeda cobalah lakukan empat point dibawah ini.

  • Minum air putih setelah bersepeda

Cara tercepat yang bisa dilakukan saat dehidrasi dengan cara meminum air putih, walau sebenarnya cara ini tak cukup untuk mengatasi dehidrasi. Untuk menghindari gangguan sakit perut lebih baik teguklah air secara perlahan. Minum air putih secara terburu-buru dengan porsi yang banyak dapat meningkatkan pengeluaran urin dan justru akan memperlambat proses rehidrasi.

  • Jangan meminum minuman yang mengandung alkohol dan kefein

Saat dehidrasi jangan pernah minum minuman berakohol atau berkafein tinggi. Dua minuman ini dapat membuat tubuh menjadi kesulitan untuk mempertahankan kadar cairan dan akhirnya badan lebih cepat lelah.

  • Minumlah air melebihi cairan tubuh yang hilang

Saat bersepeda satu jam dan kehilangan setengah liter cairan melalui keringat, tubuh tak dapat terhidrasi dengan keadaan normal sampai Anda meminum 1,5 lebih banyak dari cairan yang hilang. Karena cairan yang Anda minum sebagian akan berkurang melalui urin. Apabila hanya meminum setengah liter sama dengan cairan yang dikeluarkan, maka cairan elektrolit yang terserap tubuh tak akan cukup untuk merehidrasi.

  • Ganti cairan tubuh dengan minuman berenergi

Apabila tak ada makanan yang dapat dikonsumsi, maka pilihan satu-satunya meminum sport drink atau minuman yang mengandung elektrolit. Minuman energi mengandung elektrolit dapat membantu tubuh menahan air dan menyimpan keseimbangan cairan dengan cepat. Namun tak disarankan meminum minuman berenergi ini setiap hari dan jangka waktu yang panjang karena efeknya tidak baik untuk tubuh Anda.

Semoga tips mengatasi dehidrasi setelah bersepeda yang teleh dibahas dapat membantu masalah Anda saat melakukan aktivitas bersepeda maupun olahraga apapun. Usahakan juga memakan makanan yang mengandung sodium dan potassium untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Selamat bersepeda!

Sumber : guidanceandtips.blogspot.co.id