16 Aug 2017 / Inspiration

Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Bersepeda

Kram adalah kejang otot mendadak yang menimbulkan rasa nyeri. Kejang otot seperti ini sering terjadi ketika kita sedang tidur, tetapi juga bisa karena aktivitas fisik yang berat, misalnya lari, berenang, termasuk saat bersepeda.

Apa sebenarnya penyebab Kram ini? Ada beberapa faktor yang membuat seseorang terkena kram.  Beberapa faktor penyebab Kram otot kaki saat bersepeda yaitu :

  • Aliran darah yang menuju otot berkurang karena adanya tumpukan asam laktat pada aliran darah dan mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi kurang sempurna.
  • Bersepeda saat kondisi dingin yang akan menyebabkan mekanisme pemanasan tubuh menjadi terganggu sehingga aliran darah tak lancar.
  • Kram kaki saat bersepeda biasanya berhubungan dengan lamanya mengayuh tanpa beristirahat dan juga dehidrasi.
  • Penyakit diabetes dan hiperkolesterol juga bisa menjadi pemicu kram pada kaki. Hal ini membuat sirkulasi darah pada otot menjadi kurang maksimal sehingga pembuluh darah mudah rusak.
  • Kram dapat berhubungan dengan berat badan yang berlebihan sehingga serabut syaraf pada kaki mengalami tekanan.

Kram otot kaki selama bersepeda sebenarnya juga bisa dicegah, caranya:

  • Sebelum bersepeda jarak jauh atau dijalan yang menanjak, lakukanlah pemanasan serta peregangan. Anda dapat berjalan atau bersepeda dengan kayuhan ringan selama lima hingga sepuluh menit.
  • Kram kaki saat bersepeda jarak jauh dapat cegah dengan tidak memaksaan diri untuk mengayuh tanpa beristirahat. Apabila nyeri otot terjadi, segeralah berhenti dan beristirahat untuk memijat kaki yang kram atau nyeri.
  • Jangan makan terlalu berat sebelum berolahraga, karena makanan tinggi kalori akan membuat tubuh mengalirkan darah ke sistem pencernaan terlebih dahulu untuk membantu proses pencernaan makanan. Sementara itu, saat mulai berolahraga, darah akan ditarik dari perut dan dialirkan menuju otot, sehingga proses pencernaan akan terganggu dan menimbulkan perasaan mual, sakit perut, bahkan muntah.

Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah wawasan Anda. Mulailah bersepeda secara bertahap, dalam arti jangan langsung mengayuh sepeda dalam jangka waktu atau durasi yang lama. Cukup bersepeda dengan santai, hal ini untuk menghindari kelelahan pada otot.

Sumber :

Sepedapancal.com
Thingsbike.com